Akun Facebook Bupati Ciamis di Palsukan Orang Untuk Menipu

 

Akun Facebook Bupati Ciamis di Duplikat Orang Tidak Bertanggung Jawab

DARINETIZEN - Pemalsuan Akun Facebook (FB) dengan nama akun Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya yang digunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan. Oleh pelaku, akun palsu FB Herdiat Sunarya digunakan untuk menipu korban dengan modus akan diberikan pulsa atau ditransfer uang.

Pelaku meminta kontak whatsapp korban lalu mengaktifkan WA dihandphone-nya. Selanjutnya ia meminta kembali kode One Time Password (OTP) yang diterima melalui sms di handphone korban. Proses tersebut dilakukan melalui chat facebook secara personal.

Kepala Bagian Humas dan Protokol, Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Ciamis, Ani Supiani membenarkan hal tersebut. Diungkapkannya pula, kabar tersebut baru diterimanya hari ini, Sabtu (19/12/2020), Malam

"Saya tadi dapat WA dari ajudannya (Bupati Ciamis), dia menyampaikan kalau ada akun FB palsu mengatasnamakan nama Bupati (Herdiat Sunarya) yang melakukan penipuan ke berbagai akun medsos masyarakat Ciamis," katanya saat dihubungi media, Minggu (20/12/2020).

Selain pemalsuan akun, dan menipu korban untuk mencuri akses whatsappnya, pelaku juga meminta tebusan uang kepada korban yang telah tertipu.

"Setelah whatsapp korban diambil alih pelaku, ia (pelaku) minta tebusan untuk mengembalikan akunnya," ujarnya.

Berkenaan dengan hal tersebut, Ani mengimbau kepada masyarakat agar tidak menanggapi pesan yang dikirimkan oleh akun palsu FB dengan nama Bupati Ciamis (Herdiat Sunarya). Mengingat akun tersebut tengah merupakan akun palsu yang dibuat oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Bagi birokrat yang murni di birokrasi kan nggak ada kamusnya pejabat minta kode OTP atau uang seperti itu (dengan modus kirim pesan FB ke orang lain)," pungkasnya.

Selain itu, imbauan juga telah dikeluarkan melalui akun FB dan Instagram resmi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis. Dalam postingan akun tersebut, menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati atas penipuan yang mengatasnamakan akun palsu Bupati Ciamis (Herdiat Sunarya) dan agar tidak menanggapi pesan yang dikirimkan melalui akun FB milik Herdiat Sunarya. 

Mengingat akun FB tersebut merupakan palsu dan digunakan untuk menipu orang-orang. saat ini pelaku sedang dilakukan penarikan oleh pihak yang berwenang.

Sementara itu,  Kepala Bidang Persandian dan Telematika Dinas Kominfo Ciamis, Hendri, menjelaskan, penipuan yang dilakukan pelaku pemalsuan akun Bupati Ciamis (herdiat Sunarya) menggunakan SIM SWAP dengan teknik Social Engineering.

“Pelaku menggunakan akun palsu public figure, korban merasa tersanjung dan hormat dengan pesan yang masuk ke mereka, dan secara tidak sadar menginfokan (OTP) ke penipu,” jelasnya.

“Kita dari Dinas Kominfo Ciamis telah melaporkan ke Kemenkominfo melalui aduankonten.id pada tanggal 18 Desember kemarin, saat ini akun FB palsu tersebut sudah di takedown,” ungkapnya.

(Mega/DariNetizen)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama