Jalan Angsana Gunung Kelir Pamarican Ciamis Retak, Amblas Hingga Longsor

 

Jalan Angsana Yang Mengalami Amblas

DARINETIZEN - Begitu cepat dan hanya dalam hitungan beberapa menit saja, pergerakan tanah yang membelah jalan Angsana, Gunung Kelir di Dusun Girimulya, Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, membuat jalan amblas. 

Ruas jalan tersebut mengalami amblas dengan kedalaman mencapai lebih dari 50 cm. Akibatnya jalan pun kini terputus dan tidak bisa dilalui oleh kendaraan.

Perangkat Desa Neglasari, Taopik kepada media, Senin (14/12/2020) mengatakan, saat ini pergerakan tanah di wilayahnya terus mengalami peningkatan yang signifikan, bahkan pergerakannya terhitung sangat cepat sekali 

Atas terjadinya retakan tanah ini, warga setempat bersiaga di lokasi untuk memantau keadaan. Ternyata pergerakan tanahnya sangat cepat sekali. Dalam hitungan sekitar 15 menit, jalan yang tadinya hanya terbelah kini malahan sudah amblas dan tidak bisa dilalui kendaraan, terangnya kepada media.

Dengan adanya kejadian ini, kata Topik, pihaknya menghimbau kepada warga sekitar lokasi agar meningkatkan kewaspadaan, mengingat pergerakan tanah masih terjadi hingga saat ini dan intensitas hujan masih sangat tinggi. 

Topik juga telah memberikan himbauan terhadap warganya agar waspada, karena pergerakan tanah saat ini masih berlangsung dan jangan sampai peristiwa ini menimbulkan korban jiwa.

Sementara Topik menyarankan bagi pengguna jalan yang akan menuju wilayah Desa Sidamulih atau Langkaplancar Pangandaran agar memilih menggunakan jalan lain.

“Kami sarankan agar menggunakan jalan Pamarican Cikupa saja, karena untuk jalan Angsana ini kini bahaya untuk dilalui,” jelasnya.

Sebelumnya telah diberitakan bahwa Jalan Angsana Gunung Kelir, Kecamatan Pamarican, tepatnya di wilayah Dusun Girimulya, Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengalami keretakan hingga menyebabkan tanah longsor. Hal itu akibat intensitas curah hujan yang tinggi yang mengguyur wilayah Pamarican dan sekitarnya pada Senin (14/12/2020) malam.

Jalan Angsana sendiri merupakan jalan utama yang menghubungkan antar kecamatan di Kabupaten Ciamis, serta jalan antar Kabupaten Ciamis dan Pangandaran.


(Andy/DariNetizen)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama