15 Jenis Tumbuhan Pembersih Udara, Semuanya Tanaman Hias

DARI NETIZEN - Tumbuhan hias atau tanaman hias bukan hanya bermanfaat untuk percantik rumah. Tipe tanaman tertentu, baik itu tanaman hias outdoor atau tanaman hias indoor dapat membuat perlindungan terhadap Anda dan keluarga dari bahaya polutan rumah untuk kesehatan, berikut ini kami berikan penjelasan tentang 15 Jenis Tumbuhan Pembersih Udara, Semuanya Tanaman Hias.

Polusi udara bukan hanya memberikan ancaman untuk kesehatan saat kita di luar, tetapi juga di rumah. Ada beberapa macam gas udara beresiko (polutan) yang senang bersarang dalam ruang dan mempunyai potensi memunculkan masalah pada kesehatan.

Formaldehyde, volatile organis compunds, karbon monoksida, nitrogen oksida, pestisida dan desinfektan ialah polutan yang terdapat banyak di rumah. Polutan ini dapat memunculkan 'sindrom bangunan sakit', yang mengakibatkan bermacam penyakit seperti alergi, sakit di kepala, gampang capek bahkan juga kanker dan kematian.

$ads={1}

Beberapa periset NASA sudah mendapatkan beberapa tumbuhan hias atau tanaman hias yang dapat jadi senjata baik untuk menantang pencemaran udara, membuat udara di ruang lebih bersih. Bukan hanya di rumah, tetapi juga gedung dan perkantoran. Inilah tipe tanaman hias atau tumbuhan hias 'penyedot' toksin yang dapat Anda taruh di dalam rumah.

1. Palem Kuning

Palem Kuning, atau Areca Palm adalah tipe tanaman hias atau tumbuhan hias indoor dengan pelepah daun lumayan panjang dan menutupi tangkai yang beruas-ruas. Umumnya tinggi pohon ini dapat capai 1-6 mtr.. Pohon ini harus ditempatkan di lokasi yang lembab supaya tidak hancur, tetapi pada intinya palem kuning dapat tersimpan dimanapun, khususnya di samping furniture yang baru dipernis. Tipe palem ini sanggup mengisap polutan yang dari senyawa formaldehyde.

BACA JUGA :
Mengenal Lebih Dekat Palem Kuning

2. Palem Bambu

Tanaman hias yang dijadikan sebagai tumbuhan pembersih udara berikutnya adalah palem bambu, tumbuhan atau tanaman  ini membutuhkan sinar yang terang untuk tumbuh subur. Pohon ini tumbuh subur di tempat lembab, tetapi jaga supaya tidak banyak disirami air. Walau berperan mengisap polutan, palem bambu kemungkinan mengundang laba-laba atau serangga. Untuk memperhitungkannya, semprotkan cairan pestisida.

BACA JUGA :
Mengenal Lebih Dekat Palem Bambu

3. Karet Hias

Tumbuhan dalam ruangan berikutnya adalah Karet Hias, atau Ficus Robusta (nama latin) adalah tanaman hias atau tumbuhan hias yang manfaatnya meresap formaldehid dan hasilkan oksigen. Daunnya warna hijau muda, dan waktu digenggam teksturnya kenyal. Karena itu, pohon yang ini dikenal juga dengan panggilan Rubber Plant. Karet Hias seharusnya tidak ditempatkan pada tempat begitu terang, terlebih di bawah cahaya matahari. Taruhlah dalam ruang dengan sedikit pancaran sinar.

BACA JUGA :
Mengenal Lebih Dekat Karet Hias

4. Rhapis Excelsa

Rhapis Excelsa adalah tipe palem yang tidak gampang hancur dan dapat menyesuaikan nyaris di tiap keadaan temperatur atau cahaya. Rhapis termasuk juga tanaman hias yang gampang dipiara, tetapi perkembangannya lamban.

BACA JUGA
Mengenal Lebih Dekat Rhapis Excela atau Palem Waregu

5. Dracaena Deremensis



Tanaman hias daun ini gampang dirawat dan membutuhkan sinar jelas untuk tumbuh subur. Dracaena dapat menyesuaikan hidup di tempat dengan sinar rendah bila penyiraman airnya dikurangi. Menjaga tanah dalam pot supaya selalu lembap dan sering-sering menyemprotnya dengan air hangat. Potong jika ada daun-daun yang mati untuk memberikan ruangan tumbuhnya daun baru.

BACA JUGA :
Mengenal Lebih Dekat Dracaena

6. Peace Lily

Peace Lily benar-benar baik untuk membersihkan udara. Perawatannya pun tidak begitu susah, perlu lihat penempatannya. Tanaman hias bunga yang populer ini sanggup hilangkan toksin benzena dan formaldehida ini perlu sinar dan kelembapan tinggi untuk tumbuh subur. Daunnya perlu kerap disemprotkan dengan air hangat.

BACA JUGA :
Mengenal Lebih Dekat Peace Lily atau Bunga Lili

7. Pakis Boston

Pakis Boston punyai ciri-ciri yang detil, hingga Anda gampang mengenalnya. Setiap lembar daunnya mempunyai beberapa lembaran kembali yang terlihat seperti jumbai-jumbai. Tanaman hias daun yang satu keluarga dengan pohon suplir ini dapat ditaruh di lantai atau pot menggantung dan menjadi tumbuhan gantung di dalam rumah. Pakis Boston memakai stomata selaku penghisap toksin formaldehid dan xylene, menggantinya jadi zat berguna.

BACA JUGA :
Mengenal Lebih Dekat Pakis Boston

8. Chinese Evergreens

Tanaman hias Chinese Evergreens ini pas ditaruh di kamar mandi untuk hilangkan formaldehyde pada udara, zat kimia penyebab kanker. Terbaik ditempatkan di dekat shower atau pancuran mandi

9. European Ivy

Tanaman hias European Ivy ini pas ditaruh di kamar mandi. Tanaman ini dapat meresap karbon dioksida hingga udara menjadi lebih bersih dari toksin, metal dan formaldehyde.

10. Lidah Mertua

Untuk memperoleh kualitas tidur yang lebih bagus, coba simpan tanaman hias Lidah Mertua di kamar. Tanaman hias daun ini keluarkan oksigen pada malam hari sekalian bersihkan udara dari toksin.

11. Anggrek Bulan

Anggrek Bulan tidak hanya percantik kamar, Tumbuhan hias ini juga berperan bersihkan udara dengan keluarkan oksigen pada malam hari. Tanaman hias bunga ini termasuk juga tumbuhan hias modern sebab memiliki bentuk yang cantik.

12. Kembang Sepatu

Tanaman hias bunga ini bagus ditaruh di ruang tidur anak atau bayi. Tanaman ini keluarkan phytoncide, senyawa antimikroba yang membuat udara disekelilingnya lebih bersih dan sehat.

13. Spider Plant


Tanaman hias ini pas ditempatkan di ruangan tamu atau keluarga. Tanaman ini dapat menolong untuk bersihkan udara dari formaldehyde yang karena asap knalpot dan tembakau. Disamping itu tanaman ini membuat udara lebih lembap.

14. Benjamin Fig

Tanaman hias daun kecil ini akan bersihkan udara dari beberapa zat yang dikeluarkan dari produk lem dan deterjen.

15. Lidah Buaya

Ingin dapur lebih bersih dan sehat? Taruh Lidah Buaya di dekat wastafel. Tanaman ini bermanfaat bersihkan udara dari formaldehyde dan benzol.

Beberapa orang berpikiran jika udara di rumah semakin lebih bersih dibanding di luar rumah yang sarat dengan pencemaran udara, seperti debu sampai asap knalpot kendaraan. Faktanya, yang berlangsung malah kebalikannya. Udara di rumah semakin lebih kotor dari yang kita pikirkan, lho. Berikut kenapa kita perlu mempunyai tanaman penyerap debu di dalam rumah. Hasil studi yang dilaksanakan oleh NASA menyampaikan jika udara dalam ruang, termasuk dalam kabin roket, rupanya mempunyai tingkat polutan yang lebih buruk dibanding udara di luaran sana. Beberapa sumber polutan, seperti debu dan udara toksin-racun, berawal dari beberapa alat dan benda rumah tangga, seperti perlengkapan rumah tangga, lem, plastik, serat sintetik, karet, sampai cairan pencuci.

Mengidamkan rumah atau kamar yang nyaman sekalian bisa juga menolong kamu tidur lebih santai dan pulas? Sesungguhnya ada beberapa langkah yang dapat kamu kerjakan, misalkan nih dengan membenahi ruangan sesuai personalitas kamu, membenahi ruang sampai teratur rapi, menempatkan lilin wewangian terapi saat rileks dan beberapa hal yang lain. Tidak hanya lakukan beberapa hal itu, kamu juga bisa coba menambah beberapa tanaman dan menanam tumbuhan pembersih udara yang dipercayai mempunyai kegunaan bagus yang diantaranya berguna untuk bersihkan udara lebih efisien dan memberi dampak rileksasi.

Kemungkinan ini bukanlah jawaban yang ingin Anda dengar, tetapi faktanya pencemaran dalam ruang menempati rangking 5 paling atas factor resiko lingkungan yang mempengaruhi kesehatan warga. Ruang sempit dan nyaris selalu tertutup memungkinkannya zat polutan untuk bergabung sampai makin lama menimbun dalam skala besar, di luar tingkat batasan toleransi manusia.

Polutan apa yang ada pada ruang?

  • Formalin, diketemukan di karpet, taplak dan alas meja, lem, cat tembok/kayu, dan ada banyak kembali
  • Benzena, diketemukan di plastik, serat sintetik, pelumas (pencair cat), karet, pestisida, dan sebagainya
  • Trichloroethylene, diketemukan di paint remover, pencuci karpet, adesif, dan sebagainya
  • Amonia, diketemukan di pencuci jendela, pelicin lantai kayu, pupuk kompos, zat tersisa pembuangan, dan lain-lain

Menghabiskan hampir semua hidup kita pada tempat tertutup sarat dengan pencemaran udara dan sirkulasi yang seadanya bisa mengakibatkan sick building syndrome: kepala, pusing, mual, dan iritasi pada mata, telinga dan hidung.Oleh karena itu tidak ada kelirunya untuk coba menanam tumbuhan ini.

Demikianlah artikel 15 Jenis Tumbuhan Pembersih Udara, Semuanya Tanaman Hias ini kami buat semoga memberi manfaat bagi semua.

(Mega/DariNetizen)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama