Benarkah Vaksin Sinovac Hanya Efektif 50% Untuk Cegah Covid-19?

 

DARI NETIZEN - Keefektifan vaksin sinovac tidak tinggi. Di Brazil, vaksin yang ditujukan untuk memperkuat pertahanan tubuh pada corona itu rupanya cuma efisien 50%.

Tingkat kemanjuran vaksin corona yang punya perusahaan China Sinovac Biontech, Coronavac itu diberitakan, pada Selasa (12/1), waktu setempat.

Uji coba sudah dilakukan ke 12.500 relawan. Dan disebut tidak ada efek atau reaksi alergi yang berarti.

Yang dipersoalkan ialah tingkat kemanjurannya. Dalam ketentuan WHO, efikasi vaksin minimum adalah 50%. Tetapi vaksin ini jauh ketinggalan dari vaksin yang lain, seperti Moderna (94%) dan Pfizer/BioNTech (95%).

$ads={1}

Merilis dari AFP, Institut Butantan yang masih mengakui jika vaksin efektif 78% menahan kasus ringan yang memerlukan penyembuhan.

Itu sekaligus memperlihatkan kemanjuran 100% dalam menahan kasus yang sedang hingga serius. Lalu bagaimanakah dengan efektivitas vaksin 50%?

Angka kemanjuran 50% diangggap kurang pantas. Itu cuma efektif untuk menahan pasien terjangkit penyakit, terhitung kasus yang paling ringan, walau tidak asimtomatik.

"Ini ialah vaksin yang aman dan efisien. Seluruh persyaratan benarkan pemakaiannya pada kondisi darurat," kata Direktur Butantan Dimas Covas.

Vaksinasi di Brasil secara nasional belum dikeluarkan tetapi negara bagian Sao Paulo akan mulai pada 25 Januari. Sementara di Indonesia mulai program vaksinasi ini hari dengan Vaksin Sinovac.

(Fadly/DariNetizen)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama