Cara Mengobati Flu Secara Alami

 

DARI NETIZEN - Flu atau influenza ialah infeksi virus yang menyerbu hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Pasien flu akan merasakan demam, sakit di kepala, pilek, hidung mampet, dan batuk.

Beberapa orang menyangka bahwa flu sama dengan batuk pilek biasa (common cold). Meskipun gejalanya serupa, ke-2 keadaan ini berasal dari tipe virus yang lain. Gejala flu lebih kronis dan menyerbu secara tiba-tiba, sedang gejala batuk pilek biasa terlihat lebih enteng dan tampil secara kontinyu.

Flu adalah penyakit yang gampang menyebar ke seseorang, khususnya pada 3-4 hari awal sesudah pasien terkena. Bahkan juga pada sejumlah kejadian, pasien flu bisa menyebarkan penyakitnya saat sebelum gejala ada.



Gejala Flu

Gejala flu diantaranya demam, pilek, hidung mampet, dan sakit di kepala. Walau sama dengan gejala batuk pilek biasa, gejala flu berasa lebih kronis dan kerap kali menyerbu secara mendadak.

Cepatlah pergi ke dokter bila gejala di atas tidak juga membaik sesudah dua minggu, atau merasa lebih baik tetapi selanjutnya lebih buruk. Perlakuan genting perlu dikerjakan jika gejala flu dibarengi napas sesak atau mengalami pengurangan kesadaran.

Langkah mencegah flu yang paling efisien ialah menjalani vaksinasi influenza. Disamping itu, Anda pun diajurkan untuk rajin membasuh tangan dan menghindar berdekatan dengan pasien yang terkena flu.

Komplikasi Flu
Flu yang pulih selanjutnya kumat dan lebih buruk menjadi sinyal komplikasi yang serius, seperti paru-paru basah, masalah jantung, meningitis, atau infeksi virus pada otak.

Pengobatan dan Pencegahan Flu
Flu entng bisa ditangani dengan sejumlah istirahat yang cukup, konsumsi makanan sehat yang memiliki kandungan vitamin C dan minum banyak cairan. Tetapi jika gejalanya berat, seharusnya Anda segera memeriksa diri ke dokter agar diberi obat untuk memercepat kesembuhan dan menahan komplikasi.


Beberapa saat lalu, Indonesia baru-baru ini masuk kepada musim hujan. Penggantian musim dari kemarau ke penghujan akan berasa demikian ekstrem dengan peralihan temperatur yang signifikan. Dengan peralihan temperatur yang ekstrem tersebut, cukup banyak beberapa orang yang terkena penyakit musiman, seperti pilek. Keadaan ini berasal dari berkurangnya mekanisme kekebalan tubuh saat sedang menyesuaikan dengan peralihan temperatur yang termasuk ekstrem. Bila telah diserang pilek, Anda dapat mengakalinya dengan obat pilek alami yang dapat Anda dapatkan di dalam rumah. Berikut jalan keluar obat pilek alami yang dapat Anda buat sendiri di dalam rumah!

Pilek adalah penyakit musiman waktu peralihan musim kemarau ke penghujan terjadi. Saat menderita pilek, seorang akan mengeluarkan lendir dari hidungnya. Keadaan ini dapat berlangsung kadangkala atau secara terus-terusan. Lendir dari hidung ini dapat nampak bening, kekuningan, atau kehijauan. Lendir ini bisa juga memiliki struktur yang kental atau encer, bergantung dari pemicu yang memicunya.

Lendir ini dibuat oleh aliran udara yang memiliki nama sinus dan ada dalam hidung. Lendir ini berperan untuk melindungi kelembapan aliran napas, dan menahan masuknya kotoran atau kuman ke dalam paru-paru. Pilek benar-benar gejala dari satu penyakit. Dalam beberapa keadaan, pilek dapat dibarengi dengan gejala yang lain seperti bersin, batuk, hidung mampet, sakit tenggorokan, demam, dan badan berasa lemas.

Pilek biasanya dapat pulih sendirinya. Tetapi, bila Anda alami banyak hal ini, inilah saatnya Anda untuk bahas permasalahan kesehatan kamu sama dokter. Pilek bakal menjadi indikasi beresiko bila keluar lendir kehijauan dengan berbau tidak lezat dibarengi dengan darah pada satu diantara lubang saja, dan pilek berjalan lebih dari 10 hari.

Anda dapat menurunkan gejala itu dengan obat flu alami di bawah ini.

Sup Ayam
Merilis dari Healthline (healthline.com), konsumsi satu mangkuk sup ayam dengan sayur dapat meperlambat gerakan neutrofil. Neutrofil ialah sisi dari sel darah putih yang melindungi badan dari gempuran infeksi. Gerakan neutrofil yang melamban akan membuatnya bergabung dibagian badan yang paling memerlukan bantuan untuk menantang penyakit. Disamping itu, sup ayam berperan untuk menghidrasi badan dan mengurangi gejala infeksi saluran pernafasan atas.

BACA JUGA :
Manfaat Sup Ayam Untuk Kesehatan

Jahe
Jahe bisa juga Anda gunakan menjadi obat flu alami. Triknya, rebus sejumlah irisan jahe selanjutnya minum air rebusan itu untuk menangani gejala flu, seperti sakit tenggorokan dan batuk. Tidak itu saja, jahe bisa juga digunakan untuk menurunkan mual karena flu.

BACA JUGA :
Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Madu
Healthline menjelaskan jika madu memiliki kandungan antibakteri dan antimikroba. Anda dapat konsumsi madu yang digabung sama air lemon supaya tenggorokan Anda tidak sakit kembali. Bahan alami ini bisa juga menurunkan batuk yang Anda alami. Hasil satu riset memperlihatkan, batuk beberapa anak berkurang ketia mereka mengkonsumsi 1- g madu saat sebelum tidur. Dengan demikian, tidur atau waktu istirahat yang dimiliki bertambah lebih optimal sebab tidak terusik oleh gejala flu. Tetapi, pastikanlah untuk tidak memberi madu pada anak yang berumur di bawah setahun, ya. Mekanisme imun tubuh anak umumnya belum sanggup menantang botulinum spores yang bisa mengakibatkan keracunan.

BACA JUGA :
Madu Adalah Obat Segala Macam Penyakit

Vitamin C
Ketika Anda sedang diserang flu, mekanisme imun tubuh membutuhkan suport dari gizi lain supaya selalu kuat. Hal tersebut dapat dikerjakan oleh vitamin C tersebut. Tidak hanya memperkuat mekanisme imun tubuh, vitamin C juga  sanggup menangani permasalahan pernafasan atas. Ada beberapa sumber vitamin C yang dapat Anda konsumsi. Misalkan, jeruk, lemon, anggur, dan buah atau sayur yang lain. Anda bisa juga menambahkan lemon dengan teh dan meminum pada kondisi hangat atau dingin untuk menurunkan gejala flu.

Obat flu alami yang lain yang dapat Anda coba ialah bawang putih. Bahan alami ini memiliki kandungan allicin yang berperan selaku antimikroba hingga tingkat keparahan flu dapat turun. Tetapi, masih diperlukan lebih banyak riset untuk menunjukkan hasil itu. Semoga bermanfaat ya,

(Rey/DariNetizen)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama