Cara Mengobati Sakit Tenggorokan

 

DARINETIZEN - Sakit tenggorokan dapat Anda obati dengan beberapa langkah. Maksudnya untuk meredam keluh kesah yang Anda alami, ditambah lagi bila keluh kesah ini telah mengusik rutinitas Anda. Untuk mengenali langkah atau obat apa yang baik untuk menangani radang tenggorokan ini, silahkan baca penjelasan di bawah ini!

Tanda-tanda umum radang tenggorokan ialah kesusahan menelan atau bicara, dan rasa sakit, gatal, dan kering di wilayah tenggorokan. Disamping itu, keadaan ini bisa juga dibarengi dengan demam, batuk, dan flu.

Biasanya, radang tenggorokan berasal dari virus dan akan berkurang sendirinya kurang lebih 5–7 hari. Tetapi, untuk percepat pemulihan dan memudahkan tanda-tandanya, Anda bisa memakai obat sakit tenggorokan, baik yang alami atau yang klinis.

Radang tenggorokan kronis umumnya berlangsung kurang dari 2 minggu yang menyerang secara tiba-tiba dan berhenti sesudah beberapa saat. Ada bermacam langkah menangani radang tenggorokan kronis tanpa mengonsumsi obat spesial, misalkan memenuhi istirahat, dan perbanyak minum air putih.

Radang tenggorokan kronis biasanya diikuti dengan tanda-tanda sakit tenggorokan. Keluh kesah ini seringkali berasal dari infeksi virus, tergolong virus Corona yang lagi menyebar sekarang ini. Tetapi, ada pula radang tenggorokan yang berasal dari infeksi bakteri.

Kecuali infeksi, merokok, vaping atau rokok elektrik dan pencemaran udara dapat memacu iritasi yang mengakibatkan radang tenggorokan. Pemicu yang lain terbentuk dari reaksi alergi, sampai refluks asam lambung.

Radang tenggorokan seringkali berlangsung di bagian belakang tenggorokan atau faring, keadaan ini dikenali sebagai faringitis. Disamping itu dapat berlangsung pada organ disekelilingnya, seperti infeksi pada amandel atau tonsil (tonsilitis), radang atau bengkak kelenjar adenoid di hidung, atau infeksi pada pita suara (laringitis) yang sering diikuti dengan suara yang serak. Beberapa kondisi ini sering berlangsung secara berbarengan.

Biasanya radang tenggorokan kronis dapat membaik dalam waktu 5 sampai 10 hari walau tanpa ada usaha penyembuhan.

Ada gejala-gejala seorang alami radang tenggorokan kronis, salah satunya:

  • Tenggorokan berasa sakit, khususnya waktu menelan.
  • Kesan kering pada tenggorokan.
  • Timbulnya demam yang enteng.
  • Merasakan ketidak nyaman waktu bicara.
  • Timbulnya batuk yang mengusik.
  • Bengkak kelenjar getah bening seputar leher.

Dianjurkan untuk secepatnya memeriksa diri ke dokter, bila keluh kesah radang tenggorokan  berlangsung sampai lebih dari 10 hari dan makin bertambah kronis. Terlebih bila dibarengi keluh kesah seperti kesusahan bernapas, tidak sanggup menelan, amandel bernanah, kesusahan buka mulut, bengkak di wajah atau leher, ngilu telinga, darah pada liur atau dahak, dan demam tinggi.

Bagaimana Langkah Menurunkan Radang Tenggorokan Kronis?

radang tenggorokan kronis umumnya cuma berlangsung dalam beberapa saat saja. Sepanjang merasakan radang tenggorokan, jauhilah banyak hal yang dapat memperburuk keadaan atau yang mengakibatkan iritasi makin bertambah parah seperti merokok atau konsumsi makanan garing dan berminyak.

Disamping itu, langkah-langkah berikut ini dapat menolong atau membantu meredakan radang tenggorokan yang kronis:

Memperbanyak minum air putih.
Kekurangan cairan atau dehidrasi bisa dapat memperburuk keadaan tanda-tanda Anda terserang radang tenggorokan. Anda bisa juga mengkonsumsi minuman hangat seperti teh chrysanthemum atau kombinasi teh lemon dengan madu, supaya tenggorokan berasa semakin nyaman.
BACA JUGA :
Minum Air Hangat Adalah Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan

Konsumsi makanan halus.
Tentukanlah model makanan yang halus dan tidak mengusik atau melukai tenggorokan yang lagi meradang. Misalkan sup, bubur ayam, atau nasi team, yakinkan tidak begitu panas.

Berkumur dengan air garam.
Perlakuan ini dipercayai sanggup menolong atau membantu meringankan keluh kesah infeksi pada tenggorokan. Lakukanlah pada tenggorokan (gargle) 2 sampai 3x satu hari, memakai kombinasi 1/2 cangkir air putih dan seperempat sendok garam. Tetapi jangan melakukan hal ini pada beberapa anak yang masih kecil, atau belum sanggup meludah.

Mengisap udara lembap.
Udara lembap pada aliran napas sisi atas akan menolong Anda untuk membersihkan lendir dan cairan karena infeksi. Jauhi berlama-lama dalam area ber-AC, atau pakailah pelembap udara (humidifier).

Tidak boleh kebanyakan bersuara.
Pemakaian pita suara terlalu berlebih bisa jadi memperburuk kondisi radang tenggorokan. Supaya radang cepat pulih, karena itu minimalkan pemakaian pita suara dengan menguragi bicara, minimal tidak berteriak keras.

Stop merokok.
Bila Anda seorang perokok, dianjurkan untuk secepatnya hentikan rutinitas itu. Ini akan memberi dampak positif terlebih bila radang berasal dari infeksi. Stop merokok akan membuat waktu pengobatan bisa lebih cepat.

Tidak hanya mengaplikasikan cara-cara untuk mepercepat proses pengobatan radang tenggorokan kronis di atas, pasien disarankan untuk memenuhi istirahat yang cukup. Ini diperlukan untuk memberikan dukungan badan menantang pemicu radang sepanjang dalam menghadapi masalah tenggorokan ini.

Opsi obat sakit tenggorokan alami
Ada beberapa jenis obat sakit tenggorokan alami yang dipandang baik untuk menurunkan atau menangani sakit tenggorokan, salah satunya:

Madu.
Riset menunjukkan jika mengkonsumsi madu pada waktu sakit tenggorokan, Anda dapat menghilangkan gejala Radang Tenggorokan dan hal itu bisa lebih cepat tanpa ada menimbulkan efek. Cukup campur 2 sdm madu dengan satu gelas air hangat atau teh dan minumlah sesuai keperluan.

BACA JUGA :
Madu Adalah Obat Segala Macam Penyakit

Air garam.
Berkumur bersama air garam ialah langkah yang efisien untuk membunuh bakteri, membantu meringankan lebam dan rasa sakit, dan mengurangi lendir. Campur 1/2 sdt garam dengan satu gelas air hangat dan berkumurlah tiap tenggorokan berasa tidak nyaman.

BACA JUGA :
Manfaat Air Garam Untuk Kesehatan

Juice lemon.
Lemon bisa menurunkan rasa sakit dan mencairkan lendir yang kental pada saat tenggorokan tidak nyaman. Disamping itu, lemon memiliki kandungan banyak vitamin C yang bisa memberikan dukungan kerja mekanisme imun untuk menantang pemicu sakit tenggorokan. Anda bisa manfaatkan lemon selaku obat sakit tenggorokan dengan minum satu gelas air atau teh hangat dengan 1 sendok teh perasan air lemon.

BACA JUGA :
Manfaat Juice Lemon Untuk Kesehatan

Bubuk cabai.
Cabai memiliki kandungan capsaicin yang mempunyai karakter penurun ngilu. Anda dapat manfaatkan kandungan ini menjadi obat sakit tenggorokan dengan berkumur memakai satu gelas air hangat yang digabung dengan madu dan sedikit taburan cabai.

BACA JUGA:
Manfaat Bubuk Cabai Untuk Kesehatan

Pelembap udara (humidifier).
Keadaan tenggorokan yang kering bisa membuat sakit tenggorokan makin kronis. Anda dapat membenahi keadaan ini dengan memakai pelembap udara saat sakit tenggorokan. Anda bisa juga menambah 1–2 sendok makan balsem gosok ke air yang dipakai dalam humidifier untuk melegakan pernafasan.

Disamping itu, bermacam jenis teh bisa juga Anda pakai selaku obat sakit tenggorokan. Teh herbal, seperti teh peppermint, teh chamomile, teh hijau, atau teh cengkeh, dikenali juga bisa kurangi infeksi, hilangkan rasa sakit, dan menantang bakteri yang dapat jadi parah sakit tenggorokan.

Tetapi bila langkah simpel itu tidak dapat menyembuhkan sakit tenggorokan, Anda dapat memakai beberapa obat klinis yang bisa diperoleh bebas di beberapa apotek.

BACA JUGA :
Manfaat Humidifier Untuk Kesehatan

Obat sakit tenggorokan klinis

Tidak hanya dengan obat alami di atas, obat sakit tenggorokan yang dapat diperoleh bebas di apotek, salah satunya:

Paracetamol
Tidak hanya bisa turunkan demam, paracetamol berguna juga dalam menurunkan ngilu karena infeksi, terhitung infeksi pada sakit tenggorokan.

Aspirin
Obat ini bisa juga menurunkan rasa sakit tenggorokan. Tetapi, aspirin jangan diberikan kepada beberapa anak dan remaja sebab mempunyai potensi mengakibatkan sindrom Reye.

Ibuprofen
Ibuprofen bisa menolong untuk kurangi infeksi dan hilangkan rasa sakit untuk sebentar. Tetapi, jauhi memakai ibuprofen bila sakit tenggorokan dibarengi dengan demam dan batuk kering.

Kecuali obat-obat di atas, Anda bisa juga memakai semprotan tenggorokan yang memiliki kandungan antiseptik atau bahan pendingin seperti mentol. Rasa dingin dari mentol dapat mendesak infeksi dan menyamankan tenggorokan meskipun cuman sebentar.

BACA JUGA :
Perbedaan Sakit Tenggorokan Dan Virus Corona

(Rey/DariNetizen)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama