Daun Sirsak Mampu Mengobati Kanker

 

DARI NETIZEN - Mulai sejak 25 tahun lalu, daun pohon Peruvian Graviola atau yang  dikenal sebagai sirsak didapati dapat mencegah perkembangan kanker. Periset mendapati jika daun sirsak mempunyai kandungan cytotoxic yang dapat memusnahkan sel kanker dengan benar-benar efisien tanpa menghancurkan sel yang sehat.

Daun sirsak telah ditelaah di lebih dari 20 laboratorium sejak mulai tahun 1970-an, tetapi rata-rata hasilnya tidak banyak diterbitkan. Sekarang periset dari National Cancer Institute memverifikasi jika daun sirsak dapat memusnahkan sel kanker dengan benar-benar efisien.

Tidak cuman satu tipe sel kanker, riset bahan membeberkan jika daun sirsak dapat membunuh 12 tipe sel kanker terhitung kanker usus besar, payudara, prostat, usus, ovarium, lever, paru-paru, dan kanker pankreas, seperti dikutip oleh Daily Health Post (19/03)

Dibanding dengan obat kanker Adriamycin yang diberikan pada pasien kemoterapi, daun sirsak didapati 10.000 kali lebih kuat dan tidak beresiko untuk sel sehat yang lain. Hasil ini diverifikasi oleh periset di Catholic University of South Korea dan diluncurkan dalam Journal of Natural products.

$ads={1}

Riset di Purdue University mendapati jika daun sirsak memiliki kandungan zat anti-tumor. Zat anti-tumor dalam daun sirsak bahkan juga dapat menghancurkan tumor yang tahan pada perawatan kemoterapi. Tumor yang tahan pada kemoterapi rupanya dapat dihancurkan oleh zat dari daun sirsak.

Tidak cuman daun sirsak, buah sirsak didapati mempunyai banyak kegunaan untuk kesehatan. sirsak dapat menolong mempertahankan kesehatan lever, ginjal, pankreas, usus, kandung kemih, ovarium, dan prostat. Walau demikian, sirsak mempunyai beberapa pantangannya. Ibu hamil dianjurkan untuk tidak banyak mengkonsumsi sirsak atau daun sirsak.

Pohon sirsak yang asli di wilayah tropis ini digunakan banyak orang-orang. Daunnya dibikin minuman yang dipercayai mencegah dan mengobati kanker. Riset sudah menunjukkan jika daun sirsak dapat melawan kanker secara efisien. Riset itu memperlihatkan dampak antiproliferatif dan sitotoksin dari daun sirsak pada bermacam tipe kanker. Misalkan, kanker payudara, usus besar, rahim, ovarium, mulut, darah, hati, sampai darah.

Kandung Acetogenin didalamnya memiliki sifat antikanker yang bisa mengurangi keganasan dengan menginduksi (kematian sel), migrasi sel, penjalaran kanker (metastasis), pemisahan sampai membunuh sel kanker.

Nah, Acetogenin ini adalah kelompok senyawa aktif yang mempunyai karakter membunuh racun pada tubuh dengan menghalangi perkembangan ATP (Adenosina trifosfat) yang disebut sumber energi untuk perkembangan dan penyebaran kanker. Dikutip dari healthline.com beberapa riset memperlihatkan jika konsentrat daun sirsak pada sel leukimia, bisa kurangi perkembangan dan menghancurkan sel kanker.

Sekarang ini banyak obat yang ada di pasar, dapat berbentuk kapsul atau teh yang dibuat dari daun sirsak. Pengguanaan daun sirsak telah dilakukan selama beratus-ratus tahun dan dipakai suku-suku asli hutan hujan Amerika. Mereka sering memakai kombinasi akar, kulit kayu, juice buah, dan minyak dari daun sirsak untuk bikin teh dan larutan. Teh daun sirsak dipakai menjadi penguat jantung, mood booster, sampai mengobati batuk dan radang.

Sedang kombinasi yang dibikin dari daun sirsak diterapkan secara ekternal atau ditempelkan untuk mengobati sakit radang. Nah, walau belum dipatenkan menjadi obat kanker, beberapa pasien dan profesional kesehatan sudah mengikutsertakan daun sirsak menjadi suplemen dalam pengobatan kanker.

Berikut langkah memproses daun sirsak yang dapat kamu coba di dalam rumah:
- Siapakan 10 helai daun sirsak yang telah dicuci.
- Rebus dengan tiga gelas air mineral.
- Tunggu sampai mendidih dan minimal 10 menit.
- Saring saat sebelum dihidangkan.
- Minumlah secara teratur, tiap pagi supaya manfaat daun bisa cepat dirasakan.

Atau ntuk membuat berasa lebih nikmat, tambah 1/2 sendok teh air perasan jeruk nipis, 2-3 daun mint dan sedikit madu bila kamu pengin rasanya manis. Tidak ada jumlah yang ditetapkan seberapa banyak minum teh sirsak. Kamu bisa meminum pada keadaan hangat atau dingin.

(Fadly/DariNetizen)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama