Keladi Tikus Mampu Mengobati Kanker



DARI NETIZEN - Keladi tikus sudah bisa dibuktikan sanggup menyembuhkan kanker. Berdasar berulangkaliberulangkali dilakukan riset, sama hal yang dikerjakan oleh Huang di tahun 2004, kandung phenylpropanoid glikosida, sterol, dan cerebrosida yang ada dalam umbi keladi tikus bisa dipakai menjadi antihepatotoksik untuk menghalangi kerusakan sel hati. Sedang menurut riset Choon (2008), konsentrat keladi tikus sanggup menahan berlangsungnya kanker hati karena terdapatnya karsinogen. Begitupun hasil dari riset Mohan, S et al, (2010), kandung asam linoleatnya bisa menghalangi perubahan sel kanker secara selective.

Keladi tikus mempunyai nama lain pada daerah tertentu, seperti bira kecil, ileus gofu sepa, dan trenggiling mentik. Tanaman ini asli Indonesia yang banyak dijumpai di pulau Jawa. Sipat tumbuhnya ada di tanah lembab dan sedikit pancaran cahaya matahari. Sebab bunganya yang serupa ekor tikus, tanaman ini diberi nama keladi tikus. Dalam penyembuhan tradisionil, tidak hanya bermanfaat menyembuhkan kanker, keladi tikus sering dipakai selaku obat borok, koreng, dan cedera. Bagian yang dipakai umumnya bagian umbi dan daunnya.

$ads={1}

Manfaat daun dan umbi keladi tikus sejauh ini sudah digunakan menjadi penyembuhan kanker darah (leukemia). Dibanding dengan daunnya, kekuatan umbi keladi tikus dalam menghalangi sel kanker termasuk lebih tinggi. Makin tinggi fokus atau jumlah umbi yang diberikan, makin tinggi juga kekuatan untuk menghalangi perkembangan sel kanker. Sementara itu, kekuatan daun keladi tikus untuk menghalangi perkembangan sel kanker tidak demikian jelas. Bahkan juga, umumnya pada jumlah tertentu kekuatan menghalangi sel kanker pada daun malah turun.

Kandungan yang diperhitungkan sanggup menghalangi perkembangan sel kanker pada umbi atau daun keladi tikus ialah senyawa triterpenoid. Senyawa ini bekerja dengan menghalangi kerja enzim DNA (deoksiribo nukleodasid) yang berperanan dalam proses simulasi dan proliferasi sel kanker. Dengan terhentinya enzim itu, perkembangan sel kanker akan ikut berhenti. Keladi tikus makin lebih efisien bila dikonsumsi berbentuk fresh dengan dibikin juice. Bila direbus, efektifitasnya akan menyusut, bahkan juga bisa raib sama sekalipun. Pengerjaan juice seharusnya dengan ditumbuk, bukan diblender, lalu langsung diminum supaya manfaatnya tidak berkurang.




Di periode wabah sekarang ini, beberapa orang tertarik berkebun tanaman hias di dalam rumah. Bermacam tipe tanaman hias banyak mulai dicari warga, diantaranya ialah tanaman keladi tikus.

Kenapa disebutkan keladi tikus itu karena tanaman ini mempunyai daun berupa hati dengan ujung yang runcing, di bagian bunganya yang tampil pada roset akar berupa seperti ekor tikus. Batangnya mempunyai panjang lebih kurang 16 sampai 17 cm dengan panjang bunga capai 4,8 cm. Tanaman ini mempunyai kelopak berupa lonjong dengan warna kekuningan.

Banyak beberapa pecinta tanaman hias saat ini mengetahui jika keladi tikus tidak sekedar hanya tanaman hias saja, tetapi mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Tanaman kerabat araceae memang lama jadi obat herbal di sejumlah negara seperti China, Bangladesh, Bhutan dan beberapa negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia.



Merilis dari dari situs Ringtimes, berikut deretan kegunaan tanaman keladi tikus untuk kesehatan badan.

Melawan Kanker

Tanaman keladi tikus mempunyai kandungan Riboseme Inactiviting Protein yakni satu zat kimia yang dipercayai sanggup melawan sel kanker.

Satu riset dari jurnal klinis Universa Medicina, keladi tikus memiliki kandungan anti-oksidan tinggi dan zat kurkumin yang mempunyai peranan menjadi antiperadangan. Ke-2 tipe zat itu penting dalam therapy kanker dan untuk penjagaan terhadap penyakit membahayakan itu.

Menangkal Radikal Bebas

Tanpa disadari disekitar lingkungan kita bisa saja sumber toksintoksin itu datang untuk badan. Toksin-racun ini dapat berawal dari mana saja seperti dari pencemaran, makanan, sampai pola hidup yang kurang sehat dalam bekerja setiap hari. Toksin atau radikal bebas dari lingkungan ini harus dihindari dengan anti-oksidan.

Kladi tikus rupanya memiliki kandungan zat-zat bioaktif yang dapat berguna dalam mencegah radikal bebas. Itu kenapa tanaman ini benar-benar disarankan sebab baik mencegah radikal bebas.

Menjadi Antibakteri

Tidak cuman mempunyai banyak anti-oksidan, keladi tikus mempunyai zat antibiotik alami yang dapat menahan dan mengobati bermacam penyakit seperti flu dan batuk.

Ada dua tipe zat aktif yang berperan selaku antibakteri pada keladi tikus yaitu asam laurat yang berperan untuk menepis bakteri masuk di pada tubuh dan asam kaprat yang berperan untuk membunuh bakteri yang sudah masuk di pada tubuh.

Mengobati Iritasi Dinding Lambung

Menurut riset dari Universita Malaya, Kuala Lumpur, dan Cyberjaya University College of Medical Science, Selangor, menunjukkan jika konsentrat daun keladi tikus dapat membuat perlindungan mukosa dalam lambung dari pemicu iritasi pada dinding lambung yang dipacu oleh zat ethanol.

Untuk mendapatkan faedah ini, Sahabat Dari Netizen dapat mengonsumsinya langsung atau digabung dengan bermacam bahan kombinasi alami yang mempunyai faedah selaku antikanker seperti kunyit putih dan daun sirsak.

Menyembuhkan Bisul dan Jerawat

Keladi tikus terdapat zat kimia namanya zat hepatoprotector dan immunomodulator yang sanggup ngatasi lebam pada bisul atau jerawat yang dibarengi nanah dan berguna untuk menurunkan rasa ngilu.


Sekian informasi dari kami semoga bermanfaat. 


(Mega/DariNetizen)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama