Manfaat Humidifier Untuk Kesehatan

 

DARI NETIZEN - Kenali Manfaat Humidifier untuk Kesehatan. Pemakaian humidifier dapat mengontrol kelembaban udara. Meskipun begitu, Anda harus mencermati peraturan pemakaian humidifier supaya fungsinya untuk kesehatan bisa didapat.

Humidifier adalah alat pelembap udara yang bekerja dengan menyemprotkan uap air ke udara. Pemakaian humidifier bukan hanya membuat kelembapan udara terjaga, tetapi dapat membantu menangani iritasi yang dipacu oleh udara kering, seperti kulit kering, bibir pecah-pecah, pilek, sampai sakit tenggorokan.

Tetapi, harus diingat jika penggunaan humidifier yang terlalu berlebih malah bisa jadi memperburuk masalah pernafasan.

Pahami Manfaat Humidifier. Pemakaian humidifier bisa menjaga kelembapan udara hingga membawa variasi manfaat untuk kesehatan, misalnya:

1. Menahan sakit tenggorokan
Sakit kerongkongan dapat berlangsung saat kandungan kelembapan udara di ruang benar-benar rendah. Humidifier bisa memudahkan keadaan ini dengan tingkatkan kelembapan udara dalam ruang hingga percepat pengobatan sakit kerongkongan dan menghindarinya terulang lagi.

2. Melembapkan kulit dan bibir pecah-pecah
Pemakaian humidifier bisa menolong menahan kulit kering dan bibir pecah-pecah, terlebih bila Anda kerap habiskan waktu di ruang ber-AC. Masalahnya pemakaian AC dalam waktu lama bisa membuat udara jadi kering hingga turunkan kelembapan kulit dan bibir.

3. Menahan atau kurangi resiko iritasi mata
Debu dan partikel asing bisa bersebaran dengan cepat sekali waktu udara kering hingga gampang membuat iritasi permukaan mata. Dengan memakai humidifier, kelembapan udara bisa lebih terbangun hingga sanggup kurangi penebaran partikel debu pada udara yang memacu iritasi mata.

4. Menghilangkan flu dan batuk
Flu dan batuk bisa makin kronis bila Anda ada di lingkungan udara yang kering, hingga pemakaian humidifier bisa menolong menghilangkan flu dan batuk yang dialami. Bahkan juga tidak itu saja saja, humidifier berguna juga hilangkan ketidaknyamanan karena tanda-tanda alergi yang kerap menyerbu aliran pernafasan.

5. Menahan mimisan dan radang kerongkongan
Udara yang begitu kering dapat memacu mimisan, hingga pemakaian humidifier bisa menolong menahan sekalian menangani keadaan ini. Disamping itu, pemakaian pelembap udara ini bisa juga menahan Anda dari penyakit radang kerongkongan yang berasal dari infeksi bakteri serta virus.

6. Menahan penyebaran COVID-19
Pemakaian humidifier dipercaya bisa membantu menahan penyebaran virus Corana sebab penyebaran COVID-19 makin lebih gampang berlangsung pada cuaca yang dingin dan kering. Tetapi, efektifitas humidifier terkail ini masih perlu ditelaah selanjutnya.

Baiknya, kelembapan udara dalam ruang sekitar di antara 30 sampai 50 %. Kelembapan udara yang begitu rendah dapat mengakibatkan kulit jadi kering dan membuat iritasi aliran pernafasan.

Tetapi, kelembapan yang begitu tinggi tidak bagus, sebab bisa mengakibatkan udara ruang jadi sesak dan memacu perkembangan jamur, bakteri, dan tungau. 



Kekurangan Humidifier

Beberapa type humidifier tidak diperlengkapi dengan alat pengukuran kelembapan, seperti humidistat atau hygrometer. Ini membuat Anda perlu untuk memeriksa kelembapan udara di ruang secara manual supaya kelembapan udara masih terlindungi. 

Bila udara di ruang begitu lembap, perkembangan bakteri dan jamur yang dapat bertambah dan menghancurkan susunan bangunan.

Disamping itu, beberapa type humidifier hasilkan suara yang berisik saat mulai bekerja. Tetapi, Anda dapat mengubahnya dengan mode ultrasonik yang semakin tenang.

Dibalik kelebihan yang dipunyai humidifier, ada juga imbas negatif yang penting Anda cermati bila alat ini tidak dijaga kebersihannya, yakni:

 -Memacu perkembangan bakteri dan jamur

Humidifier harus dibersihkan secara teratur. Bila Anda malas membersihkannya, Anda beresiko terserang infeksi aliran pernafasan yang berasal dari bakteri dan jamur.

 -Memacu kambuhnya alergi

Humidifier yang kotor malah bisa mengotori udara dalam ruang, hingga bisa mengakibatkan kambuhnya tanda-tanda alergi dan asma. Oleh karenanya, bersihkanlah humidifier secara teratur secara betul.

Panduan Bersihkan Humidifier

Dalam bersihkan humidifier, di bawah ini ialah beberapa hal yang penting diingat:

1. Membersihkan humidifier tiap tiga hari sekali
Membersihkan sisi bak humidifier dari pengendapan mineral dengan memakai larutan hidrogen peroksida. Anda dianjurkan teratur bersihkan tangki humidifier tiap tiga hari sekali supaya perkembangan jamur dan bakteri terhalang.

2. Terus basuh tangki sesudah dibikin bersih
Lakukan untuk mencuci tangki dengan air bersih sesudah dibersihkan. Ini dikerjakan supaya tidak ada bahan kimia beresiko yang masuk di dalam tangki.

3. Ganti air humidifier secara teratur
Saat sebelum Anda menukar air humidifier, sebaiknya kosongkan tangki humidifier lebih dulu. Selanjutnya keringkan sisi dalam tangki dan isi kembali lagi sama air bersih. Sebaiknya ganti air humidifier tiap hari.

4. Pakai air sulingan atau demineralisasi
Anda dianjurkan untuk menukar air humidifier dengan air sulingan (demineralisasi). Ini mempunyai tujuan untuk kurangi debu mineral yang turut dilepaskan ke udara. Disamping itu, bersihkan bak memakai air sulingan berguna juga kurangi pengendapan mineral yang memacu perkembangan bakteri.

Banyak sekali jenis humidifier yang dijual dipasaran, tentunya dari harga yang paling murah sampai mahal pun banyak dijual belikan. Harga humidifier tersebut tergantung jenis dan kualitas humidifier itu sendiri. Berikut beberapa tips cara memilih humidifier yang dapat kamu pertimbangkan sebelum memutuskan membeli barang tersebut .

Humidifier berdasarkan cara kerjanya

Berdasarkan cara kerjanya ada beberapa tipe humidifier. Berikut akan kami jelaskan satu persatu

  • -         Steam humidifier

Steam humidifier bekerja dengan cara memanaskan air di dalam tangki untuk menghasilkan uap. Berhubung uap yang dikeluarkan panas, humidifier ini akan mampu membuat ruangan terasa lebih hangat. Kelebihan lainnya yaitu air yang dipanaskan di dalam tangki akan terbebas dari bakteri. Uap yang dihasilkannya pun akan menjadi lebih bersih dan nyaman untuk dihirup.

Kekurangan dari humidifier tipe ini yaitu mempunyai  konsumsi daya listrik yang agak besar. Meski begitu, humidifier tipe ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang tinggal di daerah dataran tinggi, yang udaranya cenderung kering. Berhubung humidifier ini menghasilkan kelembapan yang tinggi, Anda perlu memperhatikan apakah tingkat kelembapannya berlebihan atau tidak.

Saat menggunakan humidifier ini Anda perlu hati-hati sebab saat dinyalakan unit menjadi panas. Jauhkan alat ini dari jangkauan anak-anak.

  •  Evaporative humidifier

Evaporative humidifier bekerja dengan cara menyerap air menggunakan filter dan meniupkan udaranya ke atas menggunakan kipas. Cara kerjanya yang tidak memanaskan air menjadikan konsumsi daya listriknya menjadi lebih hemat. Meski begitu, humidifier ini tidak cocok digunakan di kamar atau ruangan bayi. Hal ini dikarenakan tidak adanya efek sterilisasi dari proses pemanasan. Selain itu, kipas pada beberapa produk bisa menimbulkan suara berisik. Produk ini lebih baik diletakkan di ruang keluarga, di mana Anda tidak perlu khawatir dengan suara berisik.

Cara pemeliharaan produk ini adalah dengan mengganti dan membersihkan filternya. Namun, akhir-akhir ini terdapat produk dengan filter yang tahan lama dan mudah dibersihkan. Jadi, saat memilih produk tipe ini jangan lupa untuk memperhatikan cara perawatannya.

  •   Ultrasonic humidifier  

Tipe ini menggunakan gelombang ultrasonic untuk mengubah air menjadi uap air. Kelebihannya adalah ia tidak mengeluarkan suara dan tidak menghasilkan panas. Konsumsi dayanya cenderung rendah dan harganya juga terjangkau. Ultrasonic humidifier mempunyai desain yang beragam sehingga direkomendasikan untuk Anda yang peduli pada desain interior.

Di sisi lain, karena produk ini tidak menghasilkan uap panas, air di dalam tangki kurang steril sehingga bakteri bisa berkembang. Beberapa merek mengklaim produknya dapat membunuh bakteri dan mengontrol jamur. Namun, kami tidak menyarankan untuk menyimpan air di dalam tangki dalam jangka waktu lama. Kosongkan tangki secara rutin sembari dibersihkan.  

  • -          Hybrid humidifier

Humidifier tipe hybrid memiliki performa tinggi yang dapat menutupi kekurangan dari tipe humidifier lainnya. Karena teknologinya lebih bagus, harga yang ditawarkan pun lebih mahal. Meski begitu, Anda dapat menggunakan humidifier ini dengan berbagai cara tergantung pada tipe dan mereknya. 
Jika Anda memiliki dana berlebih, kami merekomendasikan Anda untuk membeli humidifier tipe ini. Sayangnya, humidifier tipe hybrid ini jarang ditemukan di online shop Indonesia.

 Penggunaan humidifier di ruangan yang memiliki tingkat kelembapan rendah memang sangat bermanfaat. Namun, jika Anda memiliki riwayat penyakit pernapasan tertentu, seperti asma disarankan untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum memasang humidifier di ruangan rumah Anda.

(Rey/DariNetizen)

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama