Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

 

DARI NETIZEN - Manfaat jahe bukan sekedar menjadi tumbuhan yang dapat menghangatkan badan saja. Jahe adalah tanaman yang datang dari Asia Tenggara. Tanaman jahe ini selanjutnya menebar ke bermacam negara. Populer sebab aromanya yang unik, jahe juga jadi bahan masakan sekaligus menjadi penyembuhan pilihan di Cina, India, sampai Timur tengah. Ketika menentukan jahe terlebih bila ingin Anda pakai untuk penyembuhan, Anda bisa pilih jahe yang fresh, susunannya kuat, lembut, dan tidak berjamur.

Jahe fresh mempunyai rasa yang lebih kuat bila dibanding dengan jahe bubuk, kandung gingerol yang bagus untuk kesehatan masihlah banyak ada pada manfaat jahe fresh. Untuk manfaatkan jahe fresh, Anda bisa menambah jahe dengan masakan seperti masakan olahan seafood, topping salad, dan kombinasi smoothies atau juice Anda.

Tetapi bila memilih jahe yang sudah berbentuk bubuk, pastikan Anda pilih bubuk jahe yang murni. Minuman bubuk jahe yang dipasarkan di pasar umumnya telah memiliki kandungan tambahan gula. Taruhlah bubuk jahe dalam tempat tertutup rapat dan tersimpan di lokasi yang kering, gelap, dan tidak sesak atau panas.

Jahe tenar menjadi rempah-rempah yang kaya vitamin dan anti-oksidan. Ini manfaat jahe yang perlu Anda kenali.

Jahe, satu diantara rempah-rempah yang tak pernah mangkir di kotak bumbu dapur beberapa orang. Maklum, jahe kerab dipakai selaku bumbu masakan.

Bukan hanya itu, cukup banyak orang yang menyengaja menyeduh jahe bersama air hangat untuk menghangatkan badan.

Tidak hanya menjadi bumbu masak, jahe masuk ke barisan tanaman herbal. Jahe dipercayai sanggup mengobati beberapa penyakit.

Sebatas informasi, tanaman jahe lumayan banyak dijumpai di pekarangan atau kebun. Jahe adalah tanaman yang berbuah selama setahun. Sedang, jahe tersedia banyak di pasar tradisionil sampai toko kekinian.

Kandungan jahe

Siapa sich yang tidak mengenal dengan jahe. Ya, jahe benar-benar salah satunya rempah-rempah yang terkenal di tanah air.

Mencuplik dari buku dengan judul Temu-Temuan, Apotek Hidup di Pekarangan kreasi Ir. H Karunia Rukmana, MBA.,M.Sc. jahe kaya minyak asiri.

Merilis dari buku dengan judul Jahe kreasi Hesti Dwi Setyaningrum, Cahyo Saparinto, jahe memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, lemak, protein, pati, asam organik, dammar, zingeron, sineol, dan oleoresin.

Kandung mineral dan vitamin itu membuat jahe dipercayai sanggup menahan dan mengobati beberapa penyakit.

Manfaat jahe untuk kesehatan

Dari tanaman jahe sisi yang dipakai selaku obat ialah rimpang alias akarnya.

Selaku obat herbal, jahe tidak selalu dimakan dan juga dipakai selaku obat luar (sesuai model penyakit). Berikut manfaat jahe untuk kesehatan badan Anda.

1. Obat rematik
Anda pasien ngilu persendian alias rematik? Bukannya lagi mengkonsumsi obat dokter Anda dapat memakai jahe selaku obat herbal. Asal tahu saja, jahe kaya minyak asiri yang dipercayai sanggup menurunkan ngilu persendian. Langkah penyembuhan rematik dengan jahe lumayan gampang. Anda bakar jahe selanjutnya tumbuk. Anda lekatkan tumbukan jahe yang panas di tempat badan merasa ngilu.

2. Tingkatkan ketahanan badan
Mencuplik dari Kompas.com, jahe sanggup tingkatkan ketahanan badan. Ini sudah ditunjukkan dalam satu riset. Berdasar riset, konsentrat jahe dapat menghambat perkembangan beberapa strain bakteri pada aliran pernapasan.

3. Kurangi muntah dan mual
Tidak hanya menambah kekebalan tubuh, jahe juga sanggup kurangi rasa muntah dan mual. Satu riset memperlihatkan konsumsi seputar 1 gr jahe setiap hari dapat menolong kurangi muntah dan mual saat operasi. Bukan hanya itu, jahe sanggup kurangi rasa muntah dan mual yang karena mabok perjalanan, kemoterapi, dan masalah pencernaan.

4. Batuk kering
Jahe memiliki kandungan senyawa aktif dan memiliki sifat antiradang. Berarti, jahe bisa saja obat batuk kering herbal. Langkahnya yaitu mengkonsumsi jahe selaku obat batuk tersebut lumayan gampang. Anda rebus jahe 20-40 gr ke dalam empat gelas air. Anda rebus jahe hingga mendidih selanjutnya minum pada saat hangat.

5. Turunkan cholesterol
Dalam satu riset memperlihatkan jahe sanggup turunkan kandungan cholesterol dan trigliserida pada tubuh. Untuk rasakan manfaat itu, pasien cholesterol dapat konsumsi wedang jahe tanpa gula.



Berhati-hati efek minum air jahe

Minum air jahe untuk memperoleh manfaat jahe biasanya aman-aman saja. Tetapi saat dimakan terlalu berlebih, jahe bisa membuat sakit di perut, perut kembung berasa panas, sampai mulas dan diare. Anda tidak disarankan konsumsi lebih dari 4 gr jahe setiap hari.

Konsumsi jahe berbentuk apa saja dicemaskan memunculkan hubungan beresiko bila Anda sedang minum obat pencair darah. Karena itu bila Anda merupakan diantaranya, diskusi dahulu dengan dokter saat sebelum minum air jahe.

Begitupun untuk ibu hamil. Walau minum air jahe tidak mencelakakan apa lagi tingkatkan resiko kompleksitas kehamilan, Sebaiknya anda masih tanyakan dahulu sama dokter kandungan Anda saat sebelum minum air jahe waktu hamil.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama