Manfaat Juice lemon Untuk Kesehatan

DARI NETIZEN - Kopi dan teh merupakan minuman yang biasa dikonsumsi orang pada pagi hari. Akan tetapi ada sebagian orang yang setiap paginya mengkonsumsi air lemon yang dicampurkan dengan air hangat.

Lemon merupakan salah satu jenis buah yang cukup populer di Indonesia. Buah Lemon sangat mudah untuk didapatkan.

Buah yang memiliki rasa masam ini banyak diolah menjadi berbagai macam minuman. Selain memiliki rasa yang segar, buah lemon memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kulit dan lapisan putih yang terdapat didalam buah lemon memiliki antioksidan yang tinggi apalagi daging buahnya. Sementara bagian kulit luar yang berwarna kuning mengandung minyak lemon yang sangat menyegarkan.

Jeruk lemon mempunyai kandungan vitamin C tinggi dimana kandungan ini berfungsi untuk meningkatkan sistem pencernaan sekaligus membantu fungsi hati. Selain itu lemon juga efektif membakar lemak dalam tubuh sehingga dapat membantu program diet.

Seiring dengan perkembangan gaya hidup manusia masa kini, lemon banyak dikonsumsi dengan cara dicampurkan dengan air hangat atau air dingin.

Hal ini karena jeruk lemon lebih kaya nutrisi dibandingkan dengan jenis jeruk lain. Selain tinggi vitamin C, 53 mg per 100 gram. Lemon juga mengandung beragam vitamin B, E dan sejumlah mineral penting. Seperti kalsium, magnesium, car besi, mangan dan fosfor dan potassium.

Buah berwarna kuning cerah ini juga mengandung banyak zat kimia alami, seperti polifenol, flavonoid, terpenoid, dan karotenoid, yang sangat baik untuk kesehatan.

Oleh karena itu banyak ahli gizi memberikan saran untuk mengonsumsi air lemon secara rutin.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beragam manfaat sehat mengonsumsi air lemon setiap hari :

1.Meningkatkan daya tahan tubuh
Seperti jeruk lainnya, jeruk lemon kaya akan vitamin C, antioksidan utama yang melindungi sel dari kerusakan akibat paparan radikal bebas. Vitamin C ini bisa meringankan penyakit flu. Khasiat lainnya yaitu dapat mengurangi risiko timbulnya penyakit kardiovaskular dan stroke serta menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Air jeruk dari sebuah jeruk lemon memberi asupan 18.6 mg vitamin C dari total 65 mg - 90 mg kebutuhan harian tubuh.

2.Menurunkan berat badan
Sebuah penelitian mengatakan bahwa zat polifenol yang terdapat dalam buah lemon dapat membantu menurunkan berat badan. Bagi Anda yang merasa memiliki berat badan berlebih cobalah memasukkan air lemon hangat ke dalam daftar menu program diet Anda.

3.Mencegah sembelit
Minum air lemon hangat di pagi hari segera setelah bangun tidur dapat membantu melancarkan pencernaan, sehingga mengurangi terjadinya sembelit.

4.Mencegah penyakit ginjal
Minum air lemon disebutkan dapat mencegah pembentukan batu ginjal. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan asam sitrat dalam lemon. Memang, kandungan sitrat dalam air lemon tidak seampuh obat potasium sitrat yang diresepkan oleh dokter. Namun bagi Anda yang ingin meminimalkan penggunaan obat untuk mencegah batu ginjal, konsumsi air lemon secara rutin dapat menjadi cara alternatif yang bisa dicoba. Perlu diingat, pastikan dulu untuk berkonsultasi ke dokter apakah langkah ini cocok untuk Anda.

5.Menyegarkan nafas
Mengoleskan lemon pada tangan yang berbau bawang ataupun bau menyengat lainnya dapat membantu menghilangkan bau tersebut. Hal ini juga berlaku pada bau mulut, lemon dianggap merangsang air liur dan juga membantu mencegah mulut kering, yang menyebabkan bau mulut yang disebabkan oleh bakteri.

Di balik beragam manfaat air lemon hangat untuk kesehatan, ada beberapa efek samping yang patut diperhatikam. Lemon mengandung asam sitrat yang dapat mengikis enamel gigi, sehingga disarankan untuk menggunakan sedotan saat minum air lemon dan berkumur dengan air putih setelahnya untuk membilas asam yang menempel pada permukaan gigi.

Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter mengenai cara mengonsumsi air lemon yang dianjurkan.

(Rey/DariNetizen)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama