Masyarakat Talagasari Ciamis Diminta Waspada Longsor Susulan

 


DARI NETIZEN - Masyarakat di daerah Dusun Sukamaju, Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, diminta untuk waspada pada potensi longsor susulan. Hal tersebut terjadi sesudah terjadinya hujan dengan intensitas yang tinggi pada Selasa, (05/01/2021) lalu mengakibatkan musibah longsor.

Walau tidak menyebabkan korban jiwa, musibah tanah longsor menyebabkan beberapa rumah masyarakat dan jalan desa alami hancur parah. Tidak cuma itu, potensi longsor susulan di posisi yang juga sama lumayan tinggi.

Maman Tedi, masyarakat setempat, menjelaskan, hujan lebat yang mengguyur Dusun Sukamaju, jadi musibah. Hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan musibah longsor.

$ads={1}

"Akses jalan desa ambles, rumah masyarakat dan sarana umum seperti mushola alami rusak parah," ucapnya, Kamis (7/1/2021).

Pjs, kepala Desa Talagasari, Hodijah. S.IP., benarkan hal itu, karena berlangsungnya musibah longsor, jalan desa mengalami ambles kurang lebih 60 Cm. Bahkan juga mushola dan rumah masyarakat alami rusak dan terancam terbawa longsor.

"Karena musibah longsor itu, 30 Kepala Keluarga harus menyelamatkan diri," ucapnya.

Hodijah, menambah, mengingat potensi terjadinya longsor susulan besar sekali, karena itu, tidak hanya ada penyelamatan masyarakat terimbas musibah longsor, Pemerintahan Desa Talagasari, terus menyarankan supaya warga terus hati-hati.

"Ada peluang terjadinya longsor susulan di Talagasari Ciamis dapat berlangsung kapan pun. Karenanya seluruh masyarakat diharapkan berhati-hati," ujarnya.

(Mega/DariNetizen)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama