Mengenal Lebih Dekat Dracaena

Dracaena ialah genus tanaman hias yang banyak ditanam di Indonesia. Dracaena ini mempunyai tipe yang banyak, tetapi ada sembilan tipe yang umum ditemui di Indonesia. Salah satunya yang kerap kita saksikan ialah dracaena dengan wujud serupa bambu anyaman dengan hiasan pita merah.

Sebab keindahan dan fungsi yang dimilikinya, dracaena dipandang seperti tanaman menjanjikan berharga export. Tanaman ini di-export ke sejumlah negara di Asia dan Eropa. Berdasar data Kementerian Pertanian, dracaena adalah satu dari delapan komoditas florikultura sebagai komoditas export unggulan Indonesia. Tanaman hias yang lain ialah bunga krisan, anggrek, melati, raphis, leatherleaf , dan heliconia.

$ads={1}

Mungkin sedikit orang yang mengetahui bunga yang satu ini. Dracaena, memang kedengar asing. Dracaena adalah tanaman hias yang banyak di tanam oleh warga kita. Dracaena ini banyak macamnya dan yang kerap kita saksikan ialah dracaena yang serupa bambu dan disulam lalu dikasih pita merah. Tetapi yang banyak dipasaran ialah Dracaena Marginata, Dracaena Fragrans Massangeana, Dracaena Reflexa, Dracaena Rikki, Dracaena Janet Craig dan Dracaena Warneckii. Satu tipe Dracaena yang berharga ekspor ialah Dracaena fragrans. D. fragrans sesungguhnya adalah tanaman semak asli benua Afrika, dimulai dari Sudan Selatan, Mozambik sampai Angola. Tanaman ini tumbuh subur di ketinggian 600-2250 m di atas pemukaan laut. Di Indonesia, D. fragrans jadi tanaman hias pavorit yang digunakan sebagai tanaman indoor (tanaman hias ruang) yang tahan hidup dengan sinar minim. Menurut riset, tanaman drasena ini berperan meresap pencemaran udara seperti gas NO polusi udara di ganti jadi NO2 (nitrogen dioksida), gas CO2 (karbondioksida), gas CO (karbonmonoksida).


Tipe-Jenis Dracaena

Menurut klasifikasi ilmiah, di bawah ini beberapa spesies dracaena yang dapat diketemukan di Indonesia. Pertama ada Dracaena deremensis yang mempunyai varietas Janet Craig, Bausei, Warnecki, Green Stripe, White Stripe, Yellow Stripe, dan Compacta.

Seterusnya ada Dracaena marginata dengan varietas Tricolor dan Colorama yang cantik. Dracaena draco terhitung barisan dracaena yang dapat tumbuh besar. Lantas masihlah ada Dracaena sanderiana, Dracaena reflexa, Dracaena godseffiana, dan Dracaena fragrans dengan varietas Lindenii dan Victoria.

Tipe dracaena yang dijajakan di pasar diantaranya Dracaena surculosa Gold Dust atau Florida Beauty, Dracaena surculosa varietas Punculata atau bambu jepang, Dracaena deremensis Lemon Lime, dan Dracaena marginata ‘tricolor'.

Disamping itu, masihlah ada Dracaena Janet Craig Compacta, Dracaena reflexa atau Song of India, Dracaena fragrans varietas Masangeana, Dracaena suculosa variasi Milky Way, dan Dracaena sanderiana varietas Moonshine.


Bambu Rezeki, Tanaman Dracaena Pembawa Peruntungan
Salah satunya tipe Dracaena yang lagi terkenal dan banyak mulai dibudidayakan ialah bambu rezeki (Dracaena sanderiana) atau yang populer dengan panggilan tanaman pita (ribbon plant). Tanaman ini berawal dari Kamerun. Walau bagaimanapun, terkenal sebagai tanaman hias di Jepang, China, dan beberapa negara Asia Timur yang lain.

Bambu rezeki dipercaya sanggup menyamakan ke-5 komponen di rumah, hingga jadikan feng shui tempat tinggal lebih bagus. Tanaman bambu sebagai wakil elemen kayu, sementara pot memiliki bahan tanah liat atau tembikar akan sebagai wakil elemen bumi. Air dalam pot atau vas merepresentasikan elemen air, vas bunga yang dibuat dari besi atau kaca sebagai lambang elemen metal, sementara hiasan pita merah pada tangkai bambu ialah lambang elemen api.

Tidak cuma kesetimbangan lima unsurnya yang membuat tanaman bambu rezeki disebutkan bawa peruntungan. Jumlah tangkai bambu pada pot mempunyai arti tertentu. Dua tangkai bambu rejeki disebutkan sebagai penguat cinta dan pernikahan. Bambu rejeki yang sejumlah lima tangkai dipercaya sanggup mempertahankan kesehatan beberapa yang tinggal di rumah. Bambu yang sejumlah delapan tangkai berperan sebagai penguat rezeki. Sesaat bambu rejeki berbatang sembilan dipercaya akan mengundang peruntungan pada umumnya.

Dracaena Pengisap Racun dari Udara
Dracaena mempunyai performa yang cantik. Ada yang bawa peruntungan, ada pula dracaena yang bermanfaat meresap racun beresiko dari udara. Dracaena fragrans misalkan, terkenal sebagai tanaman indoor, sebab tanaman ini sanggup menyerap gas NO dan menggantinya jadi NO2, CO2, dan CO. Tanaman ini lebih terkenal bernama sri gading di pasar.

Lalu ada juga Dracaena marginata (dragon tree) yang sanggup hasilkan oksigen, sekalian mengatur kandungan kelembapan dalam ruang. Menurut hasil riset Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA, tanaman ini sanggup meresap benzena, formaldehida, xylena, dan toluena dari udara. Beberapa riset mengatakan dracaena bisa tingkatkan situasi hati beberapa orang yang ada disekelilingnya.

Lalu berapakah harga yang perlu Anda bayarkan untuk memperoleh tanaman dracaena? Dracaena dipasarkan di pasar berbentuk tanaman dewasa atau tanaman bibit. Bibit dracaena bambu rezeki dijajakan dimulai dari Rp62.000. Dracaena marginata atau dragon tree anakan dapat diperoleh dengan bayar dimulai dari Rp35.000. Sementara Dracaena fragrans dewasa dapat Anda dapatkan pada harga paling rendah Rp100.000.

Demikianlah artikel mengenal lebih dekat Dracaena semoga bermanfaat.

BACA JUGA :
15 Jenis Tumbuhan Pembersih Udara, Semuanya Tanaman Hias


(Mega/DariNetizen)




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama