Mengenal Lebih Dekat Karet Hias

 

Karet hias menjadi opsi tumbuhan yang menjadi tanaman hias di dalam rumah. Tanaman ini dapat ditaruh di pot kecil untuk percantik rumah Anda.

Tak perlu bingung jika karet hias ini disebut juga karet kebo, nama ini dikenali oleh warga Jawa.

Sesungguhnya, tanaman ini mempunyai nama karet merah bernama latin ficus elastica, tetapi banyak daerah mengenali tanaman ini bernama lain seperti karet hias atau karet kebo.

Tanaman ini mendapatkan nama karet hias karena mempunyai kandungan dalam getahnya yakni senyawa karet.

Dulu, tanaman ini diambil untuk memperoleh getahnya hingga memperoleh nama karet kebo.

Karet kebo bukan hanya jadi tanaman hias tapi juga tanaman obat tradisionil, ada beberapa kegunaan.

$ads={1}

Tanaman ini mempunyai kegunaan untuk memperlancar peredaran darah dan hilangkan rasa sakit dan menyerap udara berpolusi di dalam rumah.

BACA JUGA :
15 Jenis Tumbuhan Pembersih Udara, Semuanya Tanaman Hias

Pohon ini memiliki daun yang cenderung besar dengan warna hijau keunguan, batangnya tegak lempeng, dan tidak mempunyai cabang.

Karet hias dapat tumbuh sampai ketinggian tiga mtr. di alam liar, tetapi jika ditanamkan di dalam rumah cuman sanggup setinggi satu mtr. saja.

Pohon ini dapat ditanamkan di taman atau di pot, Anda dapat menjadikannya sebagai tanaman hias di rumah.

Situs darinetizen.com akan menerangkan berkenaan langkah menanam karet hias ini dan langkah merawat karet hias ini.

Langkah Menanam Karet Hias 

1. Pilih Bibit Tanaman
Anda dapat pilih bibit tanaman karet hias dengan kualitas yang bagus dan pantas untuk ditanamkan. Triknya dapat melakukan stek pada tangkai karet hias, cari bagian tangkai tanaman yang dapat distek.

2. Pilih Media Tanam
Anda dapat pilih tempat tanam berbentuk tanah kombinasi yang berisi gambut atau pasir untuk karet kebo. Perbedaan semua tempat tanam itu ialah 1 banding 1, setelah itu mempersiapkan tempat.

3. Pilih Tempat Menanam
Bila ingin membuat tanaman karet hias ini menjadi hiasan rumah, Anda dapat cari pot cantik yang memiliki ukuran sedang. Sementara jika kamu ingin meletakkannya di luar, kamu dapat meletakkannya di polybag atau pot. Opsi yang lain ialah meletakkannya di tanah baik di taman depan, taman samping, taman belakang, atau di taman atap.

4. Mengendalikan Keasaman Tanah
Kamu harus menghitung keasaman atau pH tanah supaya tanaman karet hias ini dapat tumbuh secara baik. Ukuran pH tanah untuk tanaman ini ialah di antara 5 sampai 8, bila begitu asam, kamu dapat menambah kapur dolomit.

Langkah Menjaga Tanaman Karet Hias

Tanaman harus memperoleh perawatan yang bagus supaya bisa tumbuh subur, begitupun dengan karet hias ini.

Ada beberapa langkah yang perlu dilaksanakan supaya tanaman ini dapat berkembang hingga percantik rumah.

1. Menjaga Kelembapan Tanah
Janganlah lupa untuk menjaga kelembapan tanah, tetapi jangan menyirami tanaman secara sering. Atau menyirami tanaman dalam jumlah air yang banyak hingga akar tanaman jadi busuk. Air yang menggenang dapat membuat akar tanaman jadi busuk, jadi buat drainase yang bagus.

2. Memberi Pupuk
Tanaman memerlukan gizi untuk tumbuh berkembang secara baik, jadi berilah pupuk untuk karet hias. Terdapat beberapa pilihan pupuk untuk tanaman dimulai dari kompos, pupuk organik, pupuk kimia, dan yang lain.

3. Bersihkan Tanaman
Tanaman karet hias atau tumbuhan yang lain dapat tumbuh dengan perawatan teratur terhitung pembersihan tanaman. Umumnya ada beberapa hama yang dapat membuat tanaman jadi sakit, mati, atau terusik perkembangannya. Karena itu, lakukan untuk membersihkan tanaman secara teratur dengan menggunting daun mati, bersihkan hama, dan lainnya.

Nah, rupanya langkah menanam karet hias dan langkah menjaga karet hias ini tidak begitu susah bukan, berminat untuk menanamnya di dalam rumah ?.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama