Mengenal Lebih Dekat Pakis Boston

Pakis boston adalah tanaman hias terkenal yang umum diketemukan dalam atau di luar rumah. Tanaman pakis boston mempunyai bentuk daun seperti tulang ikan atau sering juga disebut fishbone fern yang hidup pada cuaca tropis di dunia. Tanaman yang sudah ada semenjak jaman prasejarah ini mempunyai penampilan yang bermacam, dimulai dari yang tinggi dan tipis sampai yang padat dan bersemak.

Pakis Boston sanggup membersihkan udara dari polutan atau toksin yang berasal dari lingkungannya, hingga hasil respirasinya ialah oksigen yang paling bersih. Kandungan minyak esensial, flavonoid, dan zat yang lain yang dilepaskan ke udara menjadi regulator yang paling bagus untuk mekanisme saraf hingga dapat membantu menangani depresi untuk yang tinggal di rumah.

$ads={1}

Sebagai centerpiece, pakis boston tidak baik digabung dengan tanaman lain. Penampilannya benar-benar memesona bila di tanam seragam dengan semacamnya lewat cara digantung atau ditanamkan. Agar tanaman pakis boston semakin tampil cantik, buang dan gunting ental yang daunnya sudah mengering.

Pada umumnya, tanaman pakis boston minim akan perawatan dan sebagai tanaman yang sangat kuat. Namun, pakis boston membutuhkan sedikit perawatan untuk tumbuh bagus dan besar. Perawatan nya pilih posisi bagus untuk pakis boston dan menjaga temperatur kelembapan sebab tanaman ini benar-benar mencintai kelembapan yang tinggi sekali.

Tanaman Pakis Pedang, Pakis Boston atau Nephrolepsis exaltata bostoniensis ialah tanaman yang berasal dari benua Amerika, persisnya Meksiko.

Tetapi, sekarang ini pakis boston banyak tumbuh di Indonesia.

Tanaman ini dikenali sebagai satu diantara tanaman hias yang paling kuat dan gampang menyesuaikan di lingkungan epifit, litofit atau terrestrial.

Bahkan juga tanaman ini masih bertahan jika ada di bawah panas matahari dalam kurun waktu tertentu.

Ciri-ciri :

Rimpangnya tipis, seperti akar.

Dari rimpangnya tumbuh ental yang memanjang, bisa capai 1,5m panjang, dengan beberapa anak daun tersusun menyirip tunggal, serupa pedang atau mata tombak.

Panjang daun pakis boston kira-kira 50-250 cm dengan lebar 6-15 cm.

Pada pinggiran daun umumnya mempunyai terkstur bergerigi, dan mempunyai daun tegak.

Tangkai menyebar di permukaan tanah, tetapi terkadang dibawah permukaan tanah.

Berupa panjang, berbentuk rimpang, permukannya kasar dan ada ramenta.

Tinggi tangkai capai 33 cm, warna coklat dan tidak bercabang.

Pakis boston mempunyai akar serabut, menjalar di permukaan tanah seperti rambut.

Akar warna coklat dan ada sisik.

Sorus ada di peruratan daun bagian pinggir dan tengah, berbentuk bulat.

Tiap sporangium memiliki kandungan spora yang memiliki warna kuning dan jarang-jarang memiliki warna kahijauan, permukaanya halus, spora bertangkai 2 sampai 3 sel baris.

Gametofit ada di bawah tanah berupa elipps, arkegonia dan anteridia ada di atas bagian bawah daun.

Dan indusiumnya seperti ginjal.

Manfaat :

Tidak hanya mempunyai fungsi estetika, pakis boston mempunyai keunikan lain yakni sanggup membersihkan udara dari polutan atau toksin yang berasal dari sekitar lingkungan.

Karena itu hasil respirasi tanaman ini adalah oksigen yang paling bersih.

Tanaman ini memiliki kandungan minyak fundamental, flavonoid, dan zat yang lain yang dilepaskan ke udara hingga jadikan tanaman pakis boston ini sebagai regulator yang bagus untuk mekanisme saraf hingga menolong menangani depresi.

Pakis boston adalah tanaman paling tua di dunia, bahkan juga lebih tua dari tanaman bunga yang lain.

Tanaman yang mempunyai nama latin Nephrolepis Exaltata ini adalah tipe tumbuhan paku yang umum hidup pada tempat lembab.

Diambil dari situs My Garden Florest, tanaman yang dikenal juga sebagai pakis pedang ini mempunyai nilai keindahan tertentu dibanding dengan tanaman hias yang lain.

Disamping itu, pakis boston dapat berguna untuk membantu menghilangkan polutan berbahaya yang berada di lingkungan.

Akhir-akhir ini, tanaman pakis boston jadi trend sebab mempunyai nilai estetika yang tinggi dan sekaligus jadi tanaman yang kaya manfaatnya untuk lingkungan.

Kekuatan pakis boston yang bisa menjernihkan udara dalam ruang jadi satu diantara keunggulan dari tanaman ini.

Bukan hanya itu, kehadiran pakis boston dapat memberi dampak menentramkan dalam ruang.

Berikut perincian keunggulan tanaman pakis boston.

1. Menyerap formaldehida
Formaldehida adalah satu diantara polutan dari beberapa polutan pada udara. Formaldehida umumnya muncul lewat pencemaran udara yang diakibatkan dari udara saat memasak, merokok, kosmetik, dan lain-lain. Bahkan juga, menurut WHO, formaldehida dapat bersumber dari furniture rumah yang bercat resin formaldehida. Furniture itu menjadi sumber khusus pencemaran udara formaldehida.

2. Menghapus xylene
Sejumlah besar orang memposisikan tanaman pakis boston dalam ruang, seperti di rumah atau dalam kantor. Tanpa diakui, dalam ruangan menjadi sumber khusus terdapatnya polutan xylene ini. Menurut, Departemen Kesehatan dan Layanan Manusia AS, sumber utama polutan xylene dapat berawal dari beberapa produk yang memiliki bahan minyak bumi. Pada udara umumnya memiliki kandungan polutan xylene sebanyak satu sampai sepuluh parts per billion atau ppb. Bukan hanya itu, lukisan dan furniture kayu bisa juga jadi sumber pokok terdapatnya polutan xylene pada udara. Apa lagi bila rumah mempunyai sirkulasi udara yang jelek, karena itu bisa beresiko ada tingkat polutan xylene dalam ruang yang semakin tinggi dan tidak bagus untuk kesehatan.

3. Meresap toluena
Tidak hanya formaldehida dan xylene, toluena adalah polutan yang berbahaya. Polutan toluena bisa beresiko untuk kesehatan, bahkan juga dapat mengusik mekanisme saraf pusat. Bukan hanya itu, polutan toluena dapat mengakibatkan nekrosis, iritasi pada aliran pernafasan bagian atas, dan iritasi mata. Ini akan beresiko bila beberapa anak yang mengalami pengaruh dari polutan toluena ini. Sumber khusus pencemaran toluena ialah bensin, pelarut dalam cat, plastik, dan bahan kimia organik yang lain.

Karena itu, pakis boston jadi opsi terhebat untuk memberantas polutan-polutan beresiko di rumah. Demikianlah artikel mengenal lebih dekat pakis boston ini kami buat, semoga bermanfaat.

BACA JUGA :
15 Jenis Tumbuhan Pembersih Udara, Semuanya Tanaman Hias

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama