Mengenal Lebih Dekat Palem Kuning

DARI NETIZEN - Yuk, mengenal lebih dekat palem kuning, waktu kita berkunjung ke taman-taman kota, tanaman apa yang umum kita lihat? Ya, pohon palem umumnya ditanamkan di area taman kota. Tanaman hias ini sanggup menambahkan kesan-kesan rileks di tempat sekelilingnya. Dengan perawatan yang simpel, menjatuhkan opsi pada pohon palem menjadi tanaman hias ialah hal yang wajar dilakukan. Hal tersebut karena pohon palem adalah tanaman tropis yang dengan begitu gampang dapat tumbuh di semua wilayah Indonesia. Asalkan mendapatkan penerangan dan air yang cukup, tanaman palem dapat tumbuh secara baik. Ada banyak tipe palem yang dapat digunakan di taman kota diantaranya palem kuning.

Dengar namanya, kira-kira seperti apa tanaman palem kuning itu? Dari sisi warna, sudah tentu pohon ini mempunyai warna kuning. Ada juga tipe palem yang lain memiliki warna merah dan dinamakan palem merah. Palem kuning umum diketahui dengan panggilan palem gading. Berwarna yang kuning jelas seperti terlihat gading. Dari sisi fisik, pohon palem kuning hidup secara merumpun. Ukuran pohon cenderung relatif kecil bila dibanding dengan tipe palem yang lain. Memiliki bentuk pun lebih ramping. Tangkai pohon yang beruas-ruas tidak nampak sebab tertutup oleh pelepah daunnya. Bila disaksikan sepintas, tanaman ini cuma terlihat seperti daun-daun saja. Dengan penampilan yang demikian rupa, tanaman ini pas ditempatkan di pot dengan ukuran besar. Di tempat taman, pohon ini bahkan juga dapat tumbuh sampai mencapai 3 mtr.. Tipe palem kuning dapat dengan gampang kita temui dimana saja. Kecuali ditanamkan di taman, ada yang menanamnya di halaman rumah. Ada juga kita temui di pinggir-pinggir jalan. Tanaman palem kuning dapat ditanamkan langsung di tanah atau dalam pot. Sekarang pohon palem mulai digunakan oleh golongan elit menjadi penghias dalam ruang.

$ads={1}

Umumnya beberapa kolektor tanaman hias pilih palem kuning dibanding tipe palem yang lain. Dengan perawatan yang demikian gampang, harga palem kuning rupanya murah. Untuk memperolehnya juga tidak susah sebab tersedia banyak di lapak penjual tanaman hias. Beberapa pebisnis penyewaan tanaman pasti juga selalu menyiapkan tanaman palem kuning sebab umumnya tanaman berikut yang terbanyak dicari. Pohon palem kuning benar-benar pas jadi unggulan oleh beberapa pebisnis layanan persewaan sebab pohon palem sanggup bertahan hidup meskipun di taruh pada keadaan ruang yang dingin bahkan juga ruang ber-AC. Walau bagaimanapun, sesungguhnya tanaman palem kuning tidak mencintai udara dingin yang di munculkan oleh AC, sama seperti dengan bermacam tipe tanaman yang lain. Karena itu, pohon palem kuning perlu dibawa keluar ruang kadang-kadang untuk kembalikan kesehatan tanaman itu. Umumnya palem kuning dapat bertahan sampai 14 hari bila di taruh dalam ruang dingin ber AC. Supaya mempunyai periode hidup semakin lama, tanaman perlu di tempatkan di luar ruang. Saat palem kuning ditempatkan di luar ruang, anda dapat memakai tanaman cadangan menjadi substitusinya dalam ruang.

Merawat tanaman ialah hoby yang membahagiakan dan sedang digemari oleh khalayak ramai. Palem kuning adalah tanaman yang saat ini banyak orang-orang buru sebab bisa memberi kesan-kesan tropis pada exterior rumah. Kita cari info langkah menanam dan menjaga palem kuning pada artikel ini!

Palem kuning adalah satu diantara tipe tanaman yang banyak dipiara di pekarangan rumah.

Biasanya, tanaman yang mempunyai nama latin Dypsis lutescens ini dipakai menjadi komponen hidup yang dapat percantik sisi exterior tempat tinggal. Keunikan yang berbentuk daun hijau berupa menyirip ini jadi argumen kenapa beberapa orang menyukai tanaman ini. Tidak bimbang lagi, palem kuning memang pas bila tumbuh di lingkungan beriklim tropis seperti Indonesia.

Kegunaan Palem Kuning

1. Dapat Meredam Erosi
Seperti tanaman palem yang lain, tanaman ini mempunyai type perakaran berserabut. Dengan type itu, palem ini bisa membuat partikel tanah di sekitar tercipta secara baik. Kemudian, tanaman itu bisa juga munculkan tunas-tunas dan anakan yang dapat membuat diameter rumpun tanaman menjadi lebih cepat jadi membesar.Pertumbuhan itu membuat palem kuning cukup efisien dalam meredam erosi permukaan tanah.

2. Bisa Menahan Getaran
Memiliki bentuk yang seperti tiang membuat tanaman ini bisa menerima getaran dengan lebih bagus. Dengan demikian, untuk kamu yang mempunyai rumah di jalan raya atau di teritori rel kereta api, kamu dapat menanam tanaman ini supaya getaran yang dibuat dari kendaraan dapat diminimalisir.

3. Sanggup Mereduksi Gas Polutan
Sekarang, gas polutan benar-benar rawan menebar ke semua permukaan bumi dan membuat pencemaran udara makin menyebar. Untuk menanganinya, kamu dapat menanam pohon palem yang kabarnya sanggup kurangi konsentrasi dari gas polutan, hingga udara di seputar rumah jadi lebih bersih.

BACA JUGA : 
15 Jenis Tumbuhan Pembersih Udara, Semuanya Tanaman Hias

Langkah Menanam Palem Kuning

1. Mempersiapkan Bibit
Ada dua tipe bibit palem kuning yang dapat dipakai dalam proses penanaman, yakni biji dan anakan. Umumnya, proses pembibitan memakai biji cenderung makin tinggi tingkat kesuksesannya dibanding dengan anakan. Karena itu, pakailah biji yang dari indukan bermutu terpilih.

2. Lakukan Penyemaian
Sesudah biji siap, kamu dapat lakukan proses penyemaian. Selanjutnya, kamu dapat menanti sekian hari sampai tunas ada ke atas permukaan tanah.

3. Mengalihkan Tunas ke Media Tanam
Bila tunas telah tampak, kamu dapat mengalihkannya ke tempat tanam. Adapun tempat tanam terbaik yang dapat digunakan ialah kombinasi pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Disamping itu, lihat kandungan pH tempat tanam supaya bisa ada pada kandungan 6,5.

Langkah Menjaga Palem Kuning

1. Beri Air dan Pupuk secara Periodik
Sama dengan tanaman yang lain, proses perawatan palem kuning bisa juga dilaksanakan secara periodik. Langkah menjaganya sendiri adalah dengan melakukan penyiraman secara periodik. Tanaman yang memperoleh air yang cukup akan tumbuh dengan maksimal.

Tetapi, meskipun penting dirawat secara periodik, janganlah sampai kamu menyirami pohon palem kuning sering waktu musim penghujan ya. Masalahnya dicemaskan akar pohon jadi busuk dan berakhir mati. Minimal, kamu dapat menyiraminya tiap 2 hari sekali.

2. Tukar Media Tanam
Kecuali menyirami sama air, janganlah lupa untuk menukar tempat tanam dan pupuk secara periodik, ya! Hal itu penting supaya kesetimbangan elemen hara pada pohon palem dapat terbangun dengan maksimal. Kamu dapat memberi pupuk organik, seperti pupuk NPK dengan kandungan 1/2 sendok teh per 1x gunakan.

Demikian informasi Mengenal Lebih Dekat Palem Kuning dari kami, semoga bermanfaat.

(Mega/DariNetizen)

7 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama