Pemerintah Perpanjang PPKM Hingga 8 Februari

DARI NETIZEN - Pemerintah secara resmi perpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari 26 Januari sampai dua minggu ke depan yaitu 8 Febuari 2021.

"Bapak Presiden minta supaya pembatasan kegiatan masyarakat ini diteruskan dari tanggal 26 sampai tanggal 8 Februari dan kelak pak Mendagri akan keluarkan instruksi Mendagri dan diharapkan setiap gubernur dapat menilai berdasar patokan tingkat kesembuhan di bawah nasional, kematian di atas nasional, dan positivity rate di atas nasional, dan BOR di atas nasional," kata Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Airlangga Hartarto, Kamis (21/1/2021).

$ads={1}

PPKM itu awalannya diterapkan mulai 11-25 Januari 2021. Tetapi, masih ada daerah yang beresiko tinggi Covid-19.

"Sudah diterapkan PPKM di 7 propinsi, DKI Jakarta, Banten, Jawa barat, Jateng, Yogya, Jawa timur, dan Bali di 77 kabupaten/kota dan ini ditata dengan regulasi persyaratan yang ditetapkan dan hasil monitoringnya menjelaskan jika banyak daerah secara nasional ada 29 kabupaten/kota masih beresiko tinggi di 73 kabupaten/kota, 41 kabupaten/kota resiko sedang, dan 3 kabupaten/kota resiko tinggi," kata Airlangga.

Dari 7 propinsi yang diberlakukan PPKM, cuma Banten dan Wilayah Istimewa Yogyakarta yang alami pengurangan kasus Covid-19.

"Dari 7 propinsi, nampak masihlah ada kenaikan di lima propinsi dan yang mengalami penurunan di Banten dan Yogyakarta. Berdasar patokan itu, yakni kasus mingguan ada 52 kabupaten/kota masih mengalami peningkatan dan 21 turun, kasus aktif 46 kabupaten/kota masihlah ada kenaikan dan 24 turun, dan 3 masih," kata Airlangga, seperti dilasnir Detik.

"Selanjutnya berkaitan kematian, 44 kabupaten/kota alami peningkatan dan 29 kabupaten/kota turun, dan kesembuhan 33 kabupaten/kota penurunan dan 34 bertambah dan 6 masih," sambungnya.

Dari data yang dikatakan ini, terjadi revisi data yang dikatakan, yaitu dari 73 kabupaten/kota yang mengaplikasikan PPKM, 29 kabupaten/kota masih beresiko tinggi, 41 kabupaten/kota resiko sedang dan 3 kabupaten/kota resiko rendah.

(Mega/DariNetizen)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama