Waspada Tanah Bergerak Terjadi Di Ciakar Cipaku Ciamis

 

DARI NETIZEN - Gerakan tanah kembali lagi berlangsung di Blok Cikeleutik, Dusun Sindangjaya, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Tinjauan media, keadaan tanah telah ambles kurang lebih 30 cm. Hingga, memberikan ancaman sepuluh rumah masyarakat yang ada disekelilingnya.

Holis, masyarakat setempat menjelaskan, penyebab tanah ambles itu yakni dikarenakan turun hujan lebat dan struktur tahanya nya yang memang labil.

"Jadi tiap hujan turun, jadi gerakan tanah terus berlangsung," ucapnya kepada media, Minggu (3/1/2021).

Selanjutnya Holis mengatakan, kejadian yang berlangsung sejak Jumat malam (01/01/2021), mengakibatkan akses jalan mengalami retakan. "Disamping itu, kurang lebih 10 rumah masyarakat disekelilingnya ikut juga terancam," katanya.

Saat itu, Kasi Pelayanan Dusun Ciakar, Yusup Jamaludin, menjelaskan, kejadian itu berlangsung sesudah hujan deras terus - terusan turun sepanjang 2 hari.

"Tanah Blok Cikeleutik sudah berkali-kali mengalami gerakan. Hingga, masyarakat yang berada tinggal sekitarnya harus siaga," ucapnya.

Yusup menyarankan, ke warga yang menetap di posisi rawan, jika terjadi gerakan tanah yang intens, sebaiknya lekas pindah ke lokasi yang lebih aman.

"Warga agar selalu waspada dan siaga, mengingat intensif hujan masih tinggi," imbaunya.

(Mega/DariNetizen)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama