DETIK DETIK PENGANGKATAN JASAD FIRAUN DI DASAR LAUT MERAH


Waktu kecil, sebagian dari kita mungkin pernah mendapat cerita tentang Nabi Musa Alaihi Salam dan Firaun. Kisah tentang Raja Mesir yang kejam, sombong dan mengaku sebagai tuhan sampai akhirnya tenggelam di laut merah ketika mengejar Nabi Musa dan Bani Israil.

Kisah ini begitu banyak menyimpan hikmah bagi setiap muslim dan umat manusia secara umum. Terutama karena jasad Firaun yang Allah SWT selamatkan dan telah diawetkan hingga saat ini. Semua orang bisa melihat mumi Firaun ini di museum Mesir.

Sejumlah keterangan menyebutkan setelah Firaun tenggelam, mayatnya terdampar di pantai dan ditemukan oleh orang-orang Mesir untuk diawetkan (dibalsem) hingga utuh. Tradisi mengawetkan orang yang sudah meninggal sendiri memang sudah dilakukan bangsa Mesir kuno sejak 3000 tahun sebelum masehi (SM).

Menurut cerita yang ada, bangsa Mesir kuno percaya bahwa jiwa atau roh orang yang sudah meninggal suatu hari akan kembali lagi ke dunia. Karena itu, tubuh mereka diawetkan agar jiwa yang akan kembali itu dapat menempati tubuhnya yang telah ditinggalkan dulu.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama