Tilang Elektronik Di Ciamis Sudah Mulai Akan Berlaku

Tilang electronic di Ciamis akan berlaku di tahun 2021, hingga pelanggar jalan raya akan tertangkap camera. Sekarang ini, menurut Kasat Lantas Polres Ciamis AKP Zanuar Cahyo Wibowo, pihaknya tengah menyiapkan implementasi tilang electronic.

"Kami dari Satlantas Polres Ciamis tengah lakukan penyiapan dimulai dari mempersiapkan personil, dan fasilitas yang lain," terang Zanuar, Kamis (25/3/2021). Zanuar sampaikan, nanti pelanggar lalu lintas tidak bisa menghindari karena akan ketangkap camera yang dipasang pada beberapa titik tertentu.

Tilang electronic atau Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE) sekarang ini mulai berlaku pada banyak daerah di Jawa Barat. Ciamis akan segera menjalankan camera untuk mengaplikasikan tilang electronic itu berdasar tangkapan camera pada pelanggar jalan raya (lalu lintas). Implementasi tilang tanpa petugas itu akan berlaku tahun akhir ini, tetapi Zanuar tidak dapat sampaikan kejelasan waktunya.

"Bisa akhir tahun ini atau awalnya Tahun 2022, kami masih menanti peraturan dari Polda Jawa Barat," terang Zanuar.

Pendukung tilang electronic di Ciamis yakni karena ada camera pengawas pada beberapa titik untuk membidik pelanggar jalan raya. Zanuar sampaikan sekitar lima titik akan dipasang camera pengawas yang membidik pelanggar yang lewat jalan nasional atau lajur Selatan Jawa barat. Lima camera pengawas itu akan dipasang di Sindangkasih, Imbanagara, Alun-alun Ciamis, Simpang Bojong Cijeungjing dan Simpang Cisaga.

Tidak hanya penempatan camera pengawas pada lima titik itu, Satlantas Polres Ciamis sudah menyiapkan hal yang lain. Penyiapan yang lain yakni bekerja bersama dengan PT. Pos Indonesia dan perusahaan ekspedisi untuk mengirim surat tilang sesuai alamat pelanggar lalu lintas. Salah satunya peranan e-TLE menurut Zanuar, untuk menahan praktik-praktik yang tidak terpuji oleh pelaku petugas atau perlakuan negative yang lain.

"e-TLE ini mencegah praktik-praktik yang tidak terpuji. Jadi tak lagi tilang pada tempat, tetapi secara electronic berdasar camera pengawas," terangnya.

Sehingga dengan tilang electronic karena ada camera pengawas, pemakai jalan mematuhi jalan raya bukan hanya ada petugas saja.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama