BMKG: Waspadai Gelombang Tinggi Akibat Siklon Tropis Odette

Tubuh Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) minta warga siaga imbas Siklon Tropis Odette yang bermula dari bibit siklon 90s di Samudra Hindia.


Sekarang ini status Siklon Tropis Odette, diawasi pada jam 07.00 WIB ada dalam 14 derajat Lintang Selatan (LS) dan 107 derajat bujur Timur (BT), atau seputar 780 km selatan barat daya dari Cilacap.


"Kami berikan ke warga Indonesia untuk memperhitungkan imbas tidak langsung, karena tempatnya telah lumayan jauh seputar 780 km, namun tetap bisa memberi imbas tidak langsung ke daerah Indonesia. Khususnya berbentuk gelombang tinggi sekali bisa capai ketinggian 4-6 mtr. di daerah perairan Samudera Hindia," tutur Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam tayangan jurnalis di Jakarta, Jumat (9/4/2021).


Imbas Siklon Tropis Odette menyebabkan gelombang perairan di barat Bengkulu sampai barat Lampung, selanjutnya samping selatan Jawa dimulai dari Jawa Barat sampai Jawa Timur, samping selatan Bali, dan samping Selatan Nusa Tenggara Barat.


"Mengapa kami tidak sampaikan awalnya, karena hak untuk umumkan lahirnya bibit siklon itu ada pada Tropical Cyclone Warning Center di Perth. Kami barusan memperoleh info itu," tutur Rita.


Seterusnya, warga Indonesia disuruh siaga imbas tidak langsung yang lain dari Siklon Tropis Odette berbentuk curahan hujan intensif sedang sampai lebat, yang bisa dibarengi angin ribut dan kilat petir. Khususnya pada 24 jam kedepan, diawali siang atau sore hari.


Daerah yang diprediksi terimbas salah satunya Lampung, Jawa Barat, Jawa tengah, DIY, Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Barat.


"Disuruh kesiagaan warga di daerah-daerah propinsi itu untuk 24 jam dari sekarang ini, kekuatan hujan sedang sampai lebat angin ribut dan kilat petir yang bisa memacu longsor atau banjir besar, selanjutnya di perairan ialah gelombang tinggi sekali 4-6 mtr.," tutur ia.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama