Cara Menghasilkan Uang Dari Facebook


Sekarang ini video di Facebook telah digolongkan di dalam tempat tertentu yang disebutkan sebagai Facebook Watch. Ya, Facebook Watch sebagai YouTube-nya Facebook. Apa yang akan diketemukan di YouTube, akan diketemukan juga di sini. Karena kesamaan di antara YouTube dan Facebook Watch ialah sama sebagai basis sosial media yang berbasiskan video.

Bedanya, Facebook Watch masih terpadu dengan program Facebook mobile atau di website Facebook. Pihak Facebook sendiri inginkan jika basis sosial media ini jadi ekosistem Social Media Digital marketing tersendiri.

Maknanya segala hal yang ada didalamnya tidak akan dijauhkan dari situs Facebook. Sementara itu YouTube terpisah semenjak awalnya dari Google. Karena ekosistem Google ialah ekosistem internet, yang melepas tiap aplikasinya untuk berkembang dan tumbuh dengan pasarnya sendiri.

Lalu, dapatkah seorang hasilkan uang dari Facebook Watch seperti beberapa YouTuber hasilkan uang dari Adsense? Jawabnya cukup membahagiakan: dapat. Tetapi saat sebelum anda riang dan segera membuat video pertama kalinya di Facebook Watch, mari baca artikel ini sampai habis.

Apa Itu Facebook Watch?

Facebook Watch di-launching pada 10 Agustus 2017 dan cuman dapat dijangkau oleh beberapa pemakai Facebook di Amerika Serikat saja. Lalu 19 hari kemudian, Facebook Watch di-launching secara global hingga pemakai Facebook di Indonesia dapat mengupdate program Facebook mereka dan merasakan ada tombol Facebook Watch didalamnya.

Satu tahun berakhir, Facebook Watch juga terus berkembang. Berdasar data yang dikatakan Facebook Watch, mereka mempunyai 75 juta pengunjung harian. Jumlah pengunjung itu umumnya habiskan lebih dari 20 menit setiap hari dalam melihat video di Facebook Watch.

Jumlah ini sudah pasti melewati jumlah pengunjung yang berada di YouTube. Karena basis share video punya Google itu cuman mempunyai 1,9 milyar kunjungan bulanan atau 63 juta pengunjung harian. Namun, Facebook kalah pada durasi tonton dibanding YouTube. Saat pemakai Facebook Watch cuman habiskan beberapa waktu saja, pengunjung YouTube umumnya melihat video di platform itu sepanjang 40 menit.

Ini karena YouTube semakin banyak mempunyai kreator ketimbang Facebook Watch. Kreator dalam jumlah pelanggan atau subscriber-nya yang banyak jadi ketertarikan banyak pengguna YouTube untuk selalu berkunjung. Makin banyak subscriber, makin banyak view, pasti makin banyak dollar yang masuk di kreator itu. Hal monetisasi inilah yang membuat YouTube tetap jadi dambaan beberapa orang untuk mendulang uang. Karena itu Facebook Watch juga berusaha melakukan tiruan.

Jika di YouTube ada YouTube Studio karena itu di Facebook Watch ada Creator Content. Peranan dari Creator Content memang sama dengan YouTube Studio, yaitu menyaksikan statistik video yang pernah diupload di Page yang diatur (jika di YouTube sich channel) dan yang terpenting ialah melihat sudahkah dapat dipasang iklan In-Stream yang dahulunya namanya Ad Breaks.

Iklan In-Stream sebagai iklan yang bakal ada di video anda. Iklan ini akan memotong jalannya video pada awal atau tengah, hingga dahulu memang diberi nama ad breaks atau jeda iklan.

Bagaimana Cara Memperoleh Uang dari Facebook Watch?

Untuk dapat dipasang iklan In-Stream agar beberapa video yang diupload di Page dapat hasilkan uang, pasti ada ketentuannya. Ketentuannya rupanya tidak lebih ringan dari yang terpajang di YouTube Partnership Program (YPP). Ada tiga persyaratan khusus yang perlu dipenuhi supaya video di fanpage Facebook dapat dipasang iklan In-Stream.

Untuk memperjelasnya mengenai langkah bagimana agar mendapatkan pendapatan lewat iklan in-stream di video Facebook Anda, silahkan baca beberapa point di bawah ini.

  • Anda harus mempunyai fanpage atau halaman, jadi bukan account Facebook biasa.
  • Fanpage ini telah mempunyai sedikitnya 10.000 pengikut.
  • Dalam 60 hari akhir atau 2 bulan, Anda membutuhkan keseluruhan 600.000 menit ditonton on-demand, tayangan live, dan telah ditayangkan langsung, terhitung menit yang diputar ulang, tapi tidak terhitung waktu saksikan dipromosikan, di-crossposting, atau berbayar.
  • Anda harus mempunyai minimal lima video siaran secara langsung on-demand atau video yang telah ditayangkan langsung yang diedarkan di halaman Anda dengan status aktif dan dibuat original oleh Anda.
  • Page sudah patuhi persyaratan dan ketentuan yang ditata Facebook secara umum.

Jika masalah berapakah dollar yang akan diraup, saya belum tahu. Di Indonesia juga sedikit yang share cerita sukses di basis Facebook Watch.

Bagimana Cara Mendapat Uang Dari Facebook Selain Watch?

Halaman dan account yang membagi content dengan penontonnya di Facebook sebagai bagian yang perlu dari ekosistem Facebook itu sendiri yang menambahkan nilai untuk komunitas dan pengiklan Facebook. Facebook sendiri membuat fitur monetisasi untuk menolong individu dan organisasi ini hasilkan penghasilan berharga yang dapat dihandalkan dan berkepanjangan dari waktu ke waktu.

Langkah memonetisasi di Facebook
Ada cara-cara yang lain yang Anda bisa lakukan untuk memonetisasi content di Facebook:

Memasukkan iklan di video Anda.
Iklan in-stream menolong Anda hasilkan uang dengan memasukkan iklan pendek saat sebelum, di tengah, dan diakhir video Anda. Facebook secara otomatis mengenali jeda alami di content Anda untuk tempatkan iklan, atau Anda bisa pilih peletakan Anda sendiri. Penghasilan Anda ditetapkan oleh beberapa hal seperti jumlah siaran video dan siapa pengiklannya.

Tambah langganan berbayar ke Halaman.
Dengan Langganan Penggemar, penonton yang paling menyenangi Halaman Anda dapat segera mendanainya lewat pembayaran bulanan dan berulang yang Anda tetapkan sendiri berapa biayanya. Ketahui beberapa pendukung dengan lencana khusus yang Facebook siapkan di tanggapan, dan berikan mereka imbalan khusus seperti content khusus dan potongan harga.

Berkolaborasi dengan merek.
Menghasilkan penghasilan dengan mengeluarkan content yang tampilkan atau dikuasai dari mitra usaha. Merk ingin bekerja bersama dengan kreator content dan penontonnya. Supaya lebih gampang, semakin aman, serta lebih berpengaruh untuk ke-2 pihak, facebook membuat fitur yang namanya Pengelola Kolaborasi Merek untuk menolong Anda menemukan dan tersambung dengan satu sama lain.

Tambahkan keanggotaan berbayar ke Group.
Group langganan mendayagunakan admin group untuk memelihara keberlangsungan keberadaan diri lewat berlangganan, yang mempermudah mereka melakukan investasi selanjutnya dalam komunitasnya.

Demikianlah artikel Cara Menghasilkan Uang Dari Facebook kami buat, semoga dapat membantu.

BACA JUGA : Cara Baru Mendapat Uang Dari Facebook

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama