Foto Macan Tutul

 


Macan tutul (bahasa Latin: Panthera pardus) adalah dari 4 kucing besar. Hewan ini juga dikenal dengan panggilan harimau dahan karena kekuatannya memanjat. Pada awalnya, orang berpikir jika macan tutul ialah hibrida dari singa dan harimau, hingga ada nama "leopard" di kelompok periset Eropa awalnya. Macan tutul jawa (P. p. melas) ialah fauna identitas Jawa Barat dan terhitung hewan yang hampir musnah di Indonesia.

Macan tutul memiliki ukuran besar, dengan panjang badan di antara satu sampai dua mtr.. Spesies ini biasanya mempunyai bulu warna kuning kecoklat-coklatan dengan bercak-bercak warna hitam. Bintik hitam dikepalanya memiliki ukuran lebih kecil. Macan tutul betina sama, dan memiliki ukuran lebih kecil dari jantan.

Wilayah tebaran macan tutul ialah di benua Asia dan Afrika. Spesies ini sempat pernah dipandang mempunyai banyak anakjenis (lebih dari 30 subspesies) yang diketemukan di semua jenis habitat, dimulai dari rimba tropis, gurun, savanah, pegunungan dan wilayah permukiman, tapi saat ini direduksi jadi cuman sembilan sesudah dilaksanakan pengetesan molekuler.

Macan Tutul ialah hewan penyendiri, yang sama-sama menghindar keduanya. Spesies ini lebih aktif pada malam hari. Karena tingkat kematian anak yang tinggi, betina umumnya memiliki satu sampai dua anak, yang tinggal bersama induknya sampai macan muda berusia seputar di antara satu 1/2 sampai 2 tahun.

Macan Tutul sebagai pemburu oportunitis, yang memakai semua peluang untuk memperoleh mangsanya. Mereka mengonsumsi nyaris semua mangsa dari bermacam ukuran. Mangsa intinya terbagi dalam bermacam hewan menyusui, binatang pengerat, ikan, burung, monyet dan binatang-binatang yang lain ada di sekitar habitatnya.

Biasanya, Macan Tutul menghindar manusia. Tetapi macan yang kurang sehat, kelaparan atau cedera hingga tidak bisa memburu mangsa yang umum, bisa memakan manusia. Ada kejadian berkenaan satu ekor Macan Tutul jantan di Rudraprayag memakan lebih dari 125 jiwa, dan satu ekor Macan Tutul betina yang disebutkan "Macan Tutul Panar" memakan lebih dari 400 jiwa di awal era ke-20 di India.

Beberapa subspesies dari Macan Tutul seperti Macan Kumbang dari Indonesia hampir musnah, tapi pada umumnya Macan Tutul dipelajarikan sebagai Berefek Rendah dalam IUCN Red Daftar.

BACA JUGA : Gambar Harimau Putih

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama