Seleksi PPPK 2021: Bobot Kompetensi Bidang 60 Persen, Waktu Tes 170 Menit

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Iwan Syahril menghimbau semua guru honorer untuk konsentrasi mengikut seri belajar berdikari calon guru ASN PPPK atau karyawan pemerintahan dengan kesepakatan kerja.


Masalahnya dalam seri belajar itu, guru honorer dapat memperoleh banyak modul dan training masalah mengenai kapabilitas sektor seperti mata pelajaran (mapel).


"Dalami baik karena dalam test PPPK mulai Agustus kedepan, semakin banyak yang ditestingkan ialah kapabilitas sektor seperti mapel yang diampu masing-masing guru honorer," jelas Dirjen Iwan ke JPNN.com, Kamis (15/4).


Ia memaparkan, dalam test PPPK, berat empat content materi yakni kapabilitas sektor, managerial, sosio-kultural, dan interviu sekitar 100%. Berat paling besar ialah kapabilitas sektor yakni 80%.


Sedang managerial, sosio-kultural, pertanyaan interviu sekitar 40%. "Keseluruhan waktu pembuatan 140-160 butir masalah ialah 170 menit," katanya.


Ia menerangkan, butir masalah kapabilitas sektor sekitar 80-100 sama waktu pembuatan 120 menit. Managerial 30 butir masalah ditangani dalam kurun waktu 25 menit.


Selanjutnya sosio-kultural 20 masalah dalam kurun waktu pembuatan 15 menit dan pertanyaan interviu 10 butir masalah ditangani 10 menit.


Dikontak terpisah, Ketua Komunitas Honorer K2 Kabupaten Blitar Sri Hariyati mengutarakan, seri belajar berdikari calon guru ASN PPPK ini konsentrasi pada kapabilitas sektor. Sedang managerial, sosio-kultural, interviu tidak ada.


"Saya mencarinya materi managerial dan sosio-kultural tidak ada. Saya perlu itu karena test PPPK 2019 saya tidak lulus di materi itu," keluhnya.


Sementara Dudi Abdullah, pengurus Perkumpulan Honorer K2 Indonesia (PHK2I) Kabupaten Garut mengucapkan syukur karena bimbelnya banyak mengulas kapabilitas sektor. Dudi yang turut test PPPK 2019 tidak lulus karena beda dua point untuk test kapabilitas sektor.


"Semoga masalahnya tidak berbeda jauh dengan modul yang kami dalami agar banyak yang lulus penyeleksian PPPK ," pungkasnya.




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama