Bendera Palestina Berkibar di Ciamis

Massa di Kabupaten Ciamis lakukan tindakan solidaritas dan penggalangan dana untuk Palestina, Jumat (28/5/2021) di Alun-Alun Ciamis. Tindakan ini sebagai wujud suport pada Palestina supaya merdeka dari penjajahan Israel.

Tindakan yang tergabung dalam forum solidaritas muslim Ciamis untuk Palestina ini masih tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Berdasar pengamatan Media, massa aksi di Ciamis ini berbaris dan jaga jarak satu mtr. dan menggunakan masker. Disamping itu, beberapa peserta menggunakan atribut negara Palestina.

Ketua Pelaksana Aksi Dede Aos Firdaus menjelaskan aktivitas ini sebagai aksi damai, aksi kebersamaan dari organisasi islam, ormas, organisasi mahasiswa dan ponpes Ciamis.

"Pasti dalam masalah ini kita bersama menunjukkan ke penjuru dunia jika kemampuan kaum muslim benar-benar kuat sekali. Saudara kita di Palestina bertahun-tahun dijajah oleh zionis Israel," ucapnya.

Menurut dia, pihaknya tidak dapat tinggal diam pada sesuatu yang dilakukan oleh zionis Israel. Dalam instruksi UUD 1945 menjelaskan jika kemerdekaan adalah hak segala bangsa.

"Itu maknanya tiap bangsa atau negara harus merdeka, tidak ada sebuah penjajahan baik negara yang satu dan negara lain. Seperti kita yang memiliki kemerdekaan semenjak tahun 1945," katanya.

Selainnya pidato, ada juga tindakan penggalangan dana untuk rakyat Palestina dari massa aksi solidaritas di Ciamis.

"Belum kami kalkulasi jadi belum ada jumlahnya berapa. Tetapi habis ini kita akan kalkulasi lalu akan kami berikan ke ACT atau aksi cepat tanggap untuk selanjutnya menyalurkannya ke Palestina langsung," bebernya.

Aos menambah, pada kondisi wabah Covid-19 ini peserta aksi semua menggunakan masker dan jaga jarak. Awalnya sudah bekerjasama dengan Satuan tugas Covid-19.

"Semoga karena ada kegiatan ini kita masih tetap selamat, sehat dan terbebas dari Covid-19," ujarnya.

Sesudah lakukan orasi, peserta aksi selanjutnya membakar bendera Israel. Selanjutnya diteruskan long march atau jalan kaki ke arah Taman Lokasana Ciamis dan balik lagi ke Alun-Alun Ciamis.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama