DUA NOVEL, Foucault's Pendulum dan The Da Vinci Code

DUA NOVEL, Foucault's Pendulum dan The Da Vinci Code, telah memopulerkan gagasan tentang sebuah konspirasi dari perkumpulan rahasia yang berusaha mengendalikan perjalanan sejarah. Kedua novel ini menjadi perhatian banyak orang yang tertarik pada rumor tentang filosofi dan rahasia kuno sehingga mereka mengikuti alur cerita novel-novel tersebut dengan tenggelam kedalamnya.

Beberapa orang akademisi, misalnya Frances Yates di Warburg Institue, Harold Bloom, Sterling Professor of Humanities di Yale, dan Marsha Keith Suchard, pengarang buku baru yang luar biasa Why Mrs Blake Cried: Swedenborg, Blake and the Sexual Basis of Spiritual Vision, telah meneliti secara mendalam dan menulis dengan bijaksana, tetapi pekerjaan mereka adalah untuk mengambil sebuah pendekatan terukur. Jika mereka memulainya dengan laki-laki bertopeng, melakukan perjalanan ke dunia lain dan memperlihatkan kekuatan pikiran di atas materi, buku itu tidak akan berlanjut.

Pengajaran-pengajaran rahasia dari perkumpulan rahasia itu disampaikan secara lisan. Bagian lainnya tertulis secara tersamar sehingga orang diluar mereka tidak mungkin akan memahaminya. Misalnya, sangat mungkin menyimpulkan doktrin rahasi buku yang sangat panjang dan samar karya Helena Blavatsky dari nama yang sama, atau dari dua belas jilid alegori karya G.I Gurdjieff. All and Everything: Beelzebub's Tales to his Grandson, atau tulisan dan ceramah sebanyak kira-kira enam ratus karya Rudolf Steiner. Demikian juga Anda mungkin dalam teori mampu membaca naskah-naskah besar ahli alkimia dari Abad Pertengahan atau kitab suci esoteris dari calon anggota tingkat tinggi dari masa-masa yang lebih kuno seperti Paracelsus, Jacob Boehme, atau Emmanuel Swedenborg. Namun penulisan itu ditujukan untuk orang-orang yang sudah tahu. Naskah-naskah tersebut bertujuan untuk menyembunyikan sekaligus menyebarkan.

Saya sedang mencari sebuah petunjuk yang ringkas, bisa dipercaya, dan benar-benar jelas tentang ajaran-ajaran rahasia sejak dua puluh tahun lebih. Saya memutuskan untuk menulis sebuah buku sendiri karena menjadi yakin buku semacam itu tidak ada. Mungkin saja Anda akan menemukan buku-buku terbitan Anda sendiri dan laman yang mengaku melakukan hal itu, tetapi, seperti kolektor dalam bidang apa pun, mereka yang berselancar ke toko-toko buku tentang pencarian spiritual segera menjadi penasaran akan "hal nyata". Dan Anda hanya perlu membaca buku-buku dan situs-situs tersebut dengan cermat untuk melihat tidak ada kecerdasan menyeluruh dalam karya itu, hanya berisi sedikit latihan filosofis dan sangat minim informasi.

Maka, sejarah ini adalah hasil dari penelitian selama hampir dua puluh tahun. Buku-buku seperti Mysterium Magnum, sebuah penjelasan tentang Genesis oleh para mistis dan filsuf Rosikrusian. Jacob Boehme, juga buku-buku karya anggota Rosikrusian, Robert Fludd, Paracelsus, dan Thomas Vaughan menjadi sumber-sumber utamanya, juga sebagai ulasan modern atas karya mereka oleh Rudolf Steiner dan yang lain. Ini semua terdaftar dalam catatan dibelakang, tidak dimasukan dalam bagian utama naskah, demi alasan kejelasan dan ringkasan.

Akan tetapi, saya telah di bantu oleh seseorang yang telah diangkat ke tingkat yang tertinggi dalam perkumpulan rahasia tersebut dalam membuat artikel ini.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama