Mengenal Facebook Auth


Dalam kesempatan kali ini darinetizen.com akan membahas tentang lebih jauh Mengenal Facebook Auth atau yang dikenal dengan Facebook Authenticator, di Indonesia sendiri sering disebut Facebook Autentikasi. Nah untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Pernahkan Anda mengalami kesusahan saat login ke dalam Facebook dan muncul halaman checkpoint, kemudian pihak Facebook meminta sebuah kode keamanan agar Anda bisa kembali mengakses profil FB Anda? Pasti Anda akan mengalami kebingungan yang sangat luar biasa ketika mengalami hal semacam itu. Nah disinilah salah satu kegunaan Facebook Auth atau Authenticator tersebut.

Facebook Authenticator adalah aplikasi pihak ketiga yang digunakan untuk menampilkan serangakian kode-kode unik berupa kombinasi angka yang digunakan untuk mengakses profil facebook Anda ketika Anda telah mengaktifkan fitur autentikasi dua faktor.

Salah satu kegunaan dari facebook authentication app adalah metode kunci keamanan utama facebook yang membantu melindungi akun Anda selain dari kata sandi. Jika Anda telah mengaktifkan fitur ini maka Anda akan di minta memasukan kode unik yang muncul pada aplikasi untuk kemudian Anda masukan kedalam kotak dialog yang tertera pada layar akun Facebook Anda. Kemudian Anda juga akan diberi tahu apabila ada orang lain yang berusaha membuka akun tersebut. 

Ini merupakan fitur keamanan yang dirancang oleh pihak Facebook untuk membantu Anda melindungi akun dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Pada aplikasi tersebut juga akan ditampilkan facebook authentication code yang berguna untuk digunakan sebagai metode login jika Anda mencoba mengakses dari perangkat baru yang belum dikenali, misalnya Anda masuk ke dalam akun Facebook melalui komputer di kantor tempat Anda bekerja dimana komputer tersebut digunakan bukan hanya oleh diri Anda sendiri. 

Selain melalui aplikasi, Anda juga bisa mengaktifkan fitur ini melalui SMS dengan nomor ponsel yang telah Anda tambahkan pada akun profil Facebook milik Anda. Ketika Anda menambahkan nomor ponsel baru untuk autentikasi dua faktor ini, Facebook akan membantu mengamankan akun Anda. Apabila ada seseorang yang mencoba login kedalam akun Anda, maka pihak FB akan memberitahu Anda melalui SMS tersebut.

Untuk alasan keamanan, Anda tidak akan bisa menggunakan nomor ponsel tersebut kedalam akun yang lain jika telah diaktifkan dalam akun Anda. 

Saat ini banyak sekali orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang mencoba membobol akun-akun pribadi, oleh karena itu dengan adanya fitur keamanan ini maka Anda tidak perlu mencemaskan akun Anda akan dibobol oleh pihak yang tidak bertanggung jawab itu. Karena sudah jelas bahwa kode yang terdapat dalam aplikasi atau SMS tersebut tidak akan mudah ditebak dan akan muncul dalam waktu yang sangat singkat. 

Menurut informasi yang kami terima, dalam waktu yang dekat ini, facebook bahkan akan merilis sebuah kunci yang berbetuk seperti flashdisk yang dapat Anda gunakan sebagai fitur keamanan dalam mengakses akun milik Anda. Untuk masalah berapa harga dan kapan alat tersebut akan diluncurkan, kami belum menerima informasi yang lebih lanjut. Apabila kami telah menemukan informasinya, pasti kami akan memberikan informasi kepada Anda semua.

Demikianlah penjelasan dalam artikel Mengenal Facebook Auth ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat berguna bagi kita semua. Nantikan selalu artikel-artikel menarik lainnya yang selalu kami terbitkan.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama