Pantai Minajaya Sukabumi

Bagi masyarakat Surade Kabupaten Sukabumi Jawa Barat ini, Pantai Minajaya merupakan sebuah tempat rekreasi untuk keluarga yang bisa dinikmati sambil memasak nasi (ngaliwet) dan membakar ikan. Kondisi pesisir pantainya yang landai dan ombaknya yang cukup kecil atau tidak begitu besar mengundang anak-anak kecil untuk datang dan bermain dengan bebas di Pantai Minajaya ini, termasuk mandi atau berenang sepuas-puasnya di tepi pantai tanpa ada rasa kekhawatiran yang menyelimuti. Di pinggiran pantai minajaya ini juga terdapat tenda-tenda untuk beristirahat yang dapat Anda gunakan bersama keluarga pada saat berlibur. Di pantai Minajaya pun Anda bisa memesan nasi dan ikan bakar dengan harga yang sangat murah kepada para pedagang setempat.

Di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat​ sendiri terdapat beberapa lokasi pantai yang bisa kamu kunjungi secara sendiri atau bersama keluarga atau bersama seseorang yang sangat kita cintai, salah satunya ada di Pantai Minajaya. Pantai Minajaya​ adalah sebuah pantai di pesisir selatan Kota Sukabumi yang mana keindahan dari pantai ini belum banyak diketahui oleh wisatawan dalam maupun luar negeri.

Dibalik keindahan Kota Sukabumi sendiri yang sangat begitu kental dengan wisata alam pegunungannya. Ternyata Kota ini juga menyimpan pesona lain yang dapat menjadi lokasi wisata terbaik. Wisata pantai, selain menjadi destinasi tujuan terbanyak, menikmati keindahan pantai memang tak ada yang bisa mengalahkannya hingga saat ini.

Sejarah Pantai Minajaya

Seperti dikutip dari berbagai sumber yang berada di internet apabila Pantai Minajaya menjadi salah satu pantai yang termasuk tua dan sudah lama menjadi area kunjungan wisatawan walaupun sampai sekarang ini masih digratiskan oleh pengurus dan pemda, kecuali biaya untuk parkir kendaraan roda dua maupun roda empat. Malahan banyak yang mengatakan oleh warga sekitar bahwa Pantai Minajaya ini merupakan surga tersembunyi di Sukabumi yang memiliki sejarah dibalik keindahannya tersebut.

Nama pantai minajaya sendiri dikabarkan oleh warga setempat yang konon katanya diambil dari salah satu kapal bernama Minajaya yang tenggelam di lokasi Pantai tersebut di mana di dalam kapal itu dahulu mengangkut senjata yang gagal berlayar yang selanjutnya kemudian mengalami kandas dan tenggelam, maka ketika pantai airnya surut, Anda dapat melihat bangkai kapal tersebut dari bibir pantai dan sampai sekarang dinamakan sebagai Pantai Minajaya.

Fasilitas di Pantai Minajaya

Sebagai salah satu objek wisata atau destinasi pantai di Sukabumi, ternyata keberadaan Pantai Minajaya belum banyak diketahui oleh masyarakat luar daerah. Sehingga jika diperhatikan lokasi pantai masih begitu sepi atau boleh dibilang masih sangat perawan, hanya ada beberapa warga setempat yang bermata pencaharian sebagai pelaut disana. Meskipun begitu lokasi pantai minajaya juga sudah menyediakan beberapa fasilitas, meskipun keadaannya belum bisa dikatakan sempurna dan layak.

Beberapa fasilitas seperti toilet umum, mushola, rumah makan di tepi pantai, tempat parkir kendaraan, area camping, surfing, boggie board, dan sejumlah fasilitas lainnya. Fasilitas tersebut juga belum sepenuhnya dapat dinikmati oleh para wisatawan, biasanya pihak pengelola akan lebih banyak penyediakan sarana bermain air pada saat hari libur.

Meskipun fasilitas yang disediakan belum selayak lokasi wisata lain, Pantai Minajaya tak mengurangi minat para pengunjung untuk bisa bertandang kesana. Untuk kamu yang ingin menikmati waktu libur yang lebih lama, maka fasilitas penginapan pun juga bisa kamu cari sedikit jauh dari lokasi pantai. Penginapan bernuansa alam pedesaan yang tenang menjadi satu daya tarik tersendiri akan Pantai Minajaya Jawa Barat yang ada di Surade.


Keindahan Pantai Minajaya

Keindahan Pantai Minajaya di Sukabumi seakan tidak pernah henti dalam menawarkan pesona yang dimiliki. Pantai dengan ciri khas air lautnya yang berwarna hijau itu, dengan gulungan ombak yang tidak terlalu besar membuat wisatawan pun terpukau dan betah melihat indahanya pantai di ujung selatan Sukabumi ini. Hamparan pasir putih yang masih sepi dan terlihat bersih menandakan jika pantai ini belum banyak dijamah oleh banyak wisatawan.

Tak hanya dari pemandangan air lautnya saja yang begitu memukau, pemandangan disekitar pantai minajay pun juga menambah keelokan yang dimilikinya. Lambaian pohon kelapa di tepi pantai, dengan angin laut yang sepoi-sepoi menjadikan suasana libur kamu terasa lebih private tanpa adanya keramaian yang kamu temui di pantai ini.

Diujung timur pantai minajaya juga terdapat sebuah muara sungai Cipamarangan yang dapat kamu nikmati keindahannya. Kamu bisa menempuh perjalanan sekitar 20 menit dari lokasi pantai, memang tak jauh namun akses jalannya yang masih berbatu dan belum teratur tak juga membuat pengunjung melewatkan muara sungai satu ini.

Jika ingin menikmati keindahan Pantai Minajaya Kabupaten Sukabumi lebih lama, maka keindahan akan pemandangan sunset juga dapat menjadi penutup liburan kamu. Keindahan senja dengan proses terbenamnya matahari seakan menjadi saksi jika Pantai Minajaya di Jawa Barat ini memang layak menjadi lokasi wisata pilihan saat kamu berada di Sukabumi.

Hunting Foto di Pantai Minajaya

Melakukan hunting foto lewat pesona keindahan wisata pantai memang menjadi pilihan yang begitu diincar oleh para wisatawan apalagi oleh para kaum milenial. Pemandangan pantai yang khas dengan hamparan pasir putih, air laut yang berwarna biru kehijauan seakan menjadi lokasi terbaik untuk melakukan hunting foto. Tak segan mereka selalu mencari lokasi-lokasi pantai yang memang memiliki keindahan tersendiri dibaliknya dan hal itu bisa di dapatkan di Pantai Minajaya ini.

Untuk kamu yang mencari spot foto terbaik di area wisata pantai, Pantai Minajaya Jawa Barat dapat menjadi pilihan yang tepat. Dilokasi pantai ini kamu bisa mengambil foto lewat keindahan yang dimiliki. Suasana yang begitu sepi juga membuat hunting foto kamu semakin leluasa untuk mencari angle terbaik, apalagi pantai ini memiliki julukan sebuah surga yang tersembunyi.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Pantai Minajaya

Sebagai salah satu lokasi wisata atau destinasi wisata yang belum banyak diketahui dan juga belum mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah Kabupeten Sukabumi. Membuat pengunjung bebas keluar masuk lokasi. Harga tiket masuk Pantai Minajaya sendiri tidak ada, jadi para pengunjung cukup membayar tarif parkir kendaraan saja dengan harga yang standart dan relatif murah.

Karena lokasi pantai belum dikelola secara maksimal, maka untuk jam buka Pantai Minajaya juga belum ditetapkan secara khusus. Untuk kamu yang ingin menikmati keindahan pantai di Minajaya, maka kamu bisa bertandang kapan saja. Lokasi pantai juga sangat ideal untuk melakukan kegiatan camping yang seru bersama keluarga atau teman .

Akses Lokasi Menuju Pantai Minajaya

Lokasi Pantai Minajaya yang berada di Surade, Kabupeten Sukabumi, Jawa Barat ini memang belum memiliki akses yang sempurna atau masih dikatakan jauh dari kata sempurna. Jalanan rusak menuju lokasi pantai menjadi satu tantangan tersendiri untuk para pengunjung. Jika ditempuh dari pusat Kota Sukabumi, lokasi pantai berjarak kurang lebih 125 Km. Perjalanan bisa kamu tempuh menggunakan kendaraan pribadi sehingga lebih mudah sampai ke lokasi pantai ini.

Jika kamu dari arah Kota Sukabumi, maka silahkan menuju Kecamatan Surade, kondisi perjalanan masih cukup mulus untuk kamu lalui. Dari Kecamatan Surade lokasi pantai masih berjarak kurang lebih 6 Km, namun setelah itu jalanan bisa dikatakan rusak total. Namun jangan kuatir disana sudah tersedia plang dari kayu yang memudahkan para pengunjung sampai ke lokasi Pantai Minajaya Surade Sukabumi.


Tips Berlibur di Pantai Minajaya

Jika kamu ingin menikmati pesona keindahan dari Pantai Minajaya, maka mulailah perjalanan di pagi hari. Selain itu, kamu bisa gunakan kendaraan roda dua saja agar semakin mudah sampai ke titik lokasi pantai ini. Jangan lupa membawa keperluan tambahan seperti makanan, minuman, alat pancing, permainan air, kamera, baju ganti dan lain sebagainya.

Demikian ulasan mengenai wisata Pantai Minajaya yang ada di Surade Sukabumi Jawa Barat Indonesia. Untuk kamu para wisatawan yang biasa berkunjung ke Pantai Ujung Genteng Sukabumi. Tak ada salahnya jika bergeser untuk menikmati keindahan di Pantai lain Sukabumi yang satu ini.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama