Pantai Sayang Heulang Garut

Jika kita berbicara mengenai keindahan Pantai Sayang Heulang yang berada di Garut mungkin tak akan cukup kata untuk menggambarkan keindahannya tersebut. Pesona keindahan pantai yang masih begitu terjaga dan perawan ini serta Air lautnya yang masih sangat jernih dan berwarna biru membuat keindahan semakin nyata untuk dapat kita nikmati dan saksikan.


Pantai Sayang Heulang merupakan pantai yang berdekatan dengan Pantai Santolo di Garut. Di pantai ini kita akan menemukan suasana pantai yang sepi dan asri, sangat tepat bagi anda yang ingin mencari privasi serta bertafakur dengan dukungan pemandangan pantai yang indah dan menawan ini.


Para wisatawan yang datang ke pantai Sayang Heulang ini disuguhkan dengan berbagai aktivitas permainan pantai yang menarik. Dimulai dari jalan-jalan menelusuri pantai, bermain volley pantai, sepak bola serta melihat ikan-ikan kecil yang indah disekitar pantai ketika air laut sedang surut dapat kita nikmati saat berlibur disini.


Areal disekitar Pantai Sayang Heulang juga bisa digunakan para wisatawan untuk kegiatan berkemah bersama keluarga atau teman-teman dekat. Dengan atraksi api unggun di malam hari dan iringan petikan gitar yang indah  di senja sampai malam hari, menjadikan kunjungan ke pantai ini  merupakan pengalaman yang berkesan dan tidak akan pernah dapat kita lupakan selamanya.


Pantai Sayang Heulang memiliki panjang lebih dari 3,5 kilometer, lebar 50 meter dan luas 10 hektar. Pantai ini memiliki pasir putih kecoklatan dengan pantai karang yang airnya sangat jernih. Di tepi pantai ditumbuhi pepohonan yang rimbun. Pepohonan ini membuat pengunjung dapat menyaksikan debur ombak besar dengan suasana yang sejuk serta menawan untuk dipandang.


Kualitas lingkungan di kawasan Pantai Sayang Heulang ini masih sangat terjaga dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari kondisi pesisir pantai yang terlihat sangat bersih tanpa adanya sampah yang berserakan.


Keunikan dari Pantai Sayang Heulang sendiri adalah adanya bentang karang yang menjorok jauh ke laut lepas di sepanjang garis pantai. Pada saat surut, pengunjung bisa berjalan di sepanjang bentang karang tersebut sampai sisi laut. Di sini juga dapat dijumpai banyak ikan berwarna-warni cantik yang terjebak di antara terumbu karang. Tetapi karena permukaan pantai ini banyak ditumbuhi karang, kita tidak akan bisa berenang dengan bebas.


Pantai Sayang Heulang ini terbagi dalam dua zona. Pertama zona pantai yang berkarang terletak di sebelah barat dan Zona kedua pantai yang tidak berkarang. Di sebelah barat pantai terdapat Bukit Teletubbies. Pengunjung hanya perlu berjalan kaki menuju bukit Teletubbies ini. Dari puncak bukit Teletubbies pengunjung bisa melihat Pantai Sayang Heulang secara keseluruhan sejauh mata memandang.


Mitos Yang Ada di Pantai Sayang Heulang

‌‌Masyarakat di sekitar wilayah Pantai Sayang Heulang ini sangat percaya, bahwa di tempat ini terdapat penunggu laut. ‌Jika air surut, dikatakan ada beberapa orang yang pernah melihat kuda putih berjalan di tengah lautan.


Namun tidak dijelaskan siapa dan apa makna yang tersirat dari penglihatan beberapa orang tersebut. Warga di sekitar Pantai Sayang Heulang ini hanya percaya bahwa semua akan baik-baik saja asal tidak saling mengusik.‌ Semua diciptakan untuk saling berdampingan dan menjaga. Tidak ada ritual khusus untuk hal ini, asal segala aktifitas di pantai ini di awali dengan berdoa dan waspada pasti akan dilindungi oleh yang Maha Kuasa.


Lokasi Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang yang berpasir putih ini secara administratif masuk ke wilayah desa mancagahar, kecamatan Pameungpeuk , kabupaten Garut , Jawa barat. Pantai ini lokasinya 87 km dari pusat kota Garut.

Rute Menuju Pantai Sayang Heulang

Antara Kota Garut dan Pantai Sayang Heulang ini memiliki jarak sekitar 89 kilometer. Jarak itu biasa ditempuh dalam waktu tiga jam saja. Dari pusat kota Garut, Pengujung atau wisatawan bisa mengambil arah menuju Cikajang. Setelah itu, lanjutkan perjalanan menuju ke Desa Mancagahar. Jalur ini adalah jalur termudah, apabila kita kebingungan, kita bisa bertanya kepada warga sekitar.


Rute lainnya adalah rute yang biasa dilewati oleh mini bus, yaitu travel jurusan Bandung-Pameungpeuk Garut. Pengunjung atau wisatawan bisa melewati Ranca Bali, berlanjut ke Naringgul, kemudian menuju Cidaun. Setelah itu melewati Pantai Rancabuaya sebelum sampai di Pantai Sayang Heulang. Jika pengunjung berangkat dari Bandung, dengan kendaraan Pribadi, bisa mengikuti jalur Pangalengan untuk dapat sampai di Pantai ini.


Jam Buka Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang ini terbuka selama 24 jam. Jadi bisa dinikmati sepanjang hari, termasuk malam hari. Terutama oleh mereka yang menginap di penginapan sekitar pantai ini. Tarif tiketnya pun sangat murah, untuk menikmati kegembiraan di pantai Sayang Heulang, pengunjung dikenakan tiket masuk. Tiket masuk Pantai Sayang Heulang sebesar  Rp 10.000 saja. Diperlukan lagi membayar parkir Rp 2.000 untuk sepeda motor, Rp 5.000 untuk mobil. Sedangkan untuk Bus besar dikenakan biaya parkir Rp 25.000. Harga itu relatif masih murah dengan kawasan destinasi wisata pantai lainnya yang ada di Indonesia khususnya yang ada di Jawa Barat.


Fasilitas Pantai Sayang Heulang

‌‌Berbagai fasilitas pendukung wisata di Pantai Sayang Heulang ini sudah tersedia dengan cukup memadai. Pengelolapun sudah mempersiapkan fasilitas yang modern dan lengkap. Kawasan Pantai Sayang Heulang ini dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi, lahan parkir yang luas, rumah makan yang berjejer dan tertata. Tersedia juga fasilitas penginapan berupa hotel dengan view pantai yang indah sudah mulai berkembang pesat di pantai ini.



Aktivitas Menarik di Pantai Sayang Heulang

Ada berbagai kegiatan menarik yang bisa dilakukan selama berada di pantai Sayang Heulang yang berada di Garut ini. Beberapa diantaranya akan kami coba ceritakan kepada calon pengunjung atau para wisatawan. Namun dari banyaknya kesenangan yang bisa kita peroleh di pantai ini, pada kesempatan ini kami hanya akan mengemukakan 4 saja diantaranya yaitu :


Snorkeling Dan Berenang

Snorkeling dan berenang merupakan 2 kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dari pantai. Apalagi di pantai yang kondisi alamnya yang masih sangat asri, maka dua kegiatan pantai ini akan lebih menyenangkan lagi. Dengan snorkeling pengujung bisa menikmati keindahan alam dengan lebih komprenhensip. Tidak hanya keindahan permukaan air saja, namun juga keindahan bawah air dan hal ini dapat dilakukan di Pantai Sayang Heulang ini.


Pantai Sayang Heulang sendiri telah memenuhi syarat untuk tempat snorkeling yang menyenangkan serta memiliki keanekaragaman hayati yang dapat dinikmati. Dengan pantai yang landai serta kondisi alam yang masih asri, sehingga ekosistem bawah airnya masih relatif sangat terjaga. Bagi pengunjung atau wisatawan yang hobi snorkeling dapat membawa perlengkapan nya sendiri dari rumah karena dipantai ini belum memfasilitasi untuk melakukan kegiatan snorkeling.


Bagi pengunjung atau wisatawan yang hobi berenang juga akan melihat keindahannya di kala air sedang surut. Jika air sedang surut, karang hijau, berbagai tumbuhan laut, dan binatang laut kecil dengan mudah dapat kita jumpai di Pantai Sayang Heulang ini. Berenang di tepi Pantai ini juga mengasyikkan, yang paling penting adalah tetaplah selalu untuk berhati-hati.


Bermain Voli Pantai

Bila kegiatan voli pantai merupakan permainan olahraga yang khas untuk daerah pantai. Permainan ini harus dimainkan di atas arena berpasir yang lembut, tebal, dan datar. Pada arena Voli Pantai di stadion modern, pasir sengaja didatangkan dari lokasi lain dan dipindahkan ke stadion itu. Ada banyak pantai yang memiliki pasir, namun tidak semua pantai cukup landai sehingga pasir pantainya bisa datar untuk dijadikan lapangan voli pantai. Pantai Sayang Heulang sendiri yang memiliki 2 kilometer garis Pantai dan lebar kurang lebih 50 meter memenuhi syarat untuk sebuah lapangan voli pantai.


Di pantai Sayang Heulang ini disediakan sepetak lahan kecil yang memang dikhususkan untuk bermain bola voli. Jika pengunjung atau wisatawan  datang bersama teman atau keluarga, bisa juga memanfaatkan fasilitas ini. Dijamin, liburan akan menjadi lebih seru dan menyenangkan.


Berpiknik Ria Di Bawah Pohon

Piknik di pantai bukan sekedar urusan liburan saja. Tapi juga urusan terapi jiwa. Dengan berpiknik di pantai, berkumpul bersama kerabat dan atau teman perjalanan, bagaikan proses reset bagi kepenatan di dalam dada dan dalam kepala yang memang selalu menghiasi kehidupan kita setiap hari. Telah banyak penelitian mengatakan kombinasi antara suara ombak pantai, pemandangan lepas lautan, dan udara segar ber-ion negatif pantai adalah obat alami bagi tubuh dan jiwa. Apalagi jika ditambah dengan kebersamaan dalam keceriaan makan bersama dengan keluarga tercinta dan hal ini dapat kita lakukan di Pantai Sayang Heulang ini.


Di pantai Sayang Heulang rumah makan belum banyak seperti Pantai-Pantai pada umumnya. Namun ini justru merupakan sebuah keuntungan. Bisa jadi ada alasan untuk piknik bersama di sudut-sudut pantai yang rindang dengan pepohonan. Piknik menghabiskan waktu bersama keluarga dan membawa makanan sendiri dari rumah adalah cara yang bijaksana untuk kita dapat menikmati Pantai ini. Menggelar tikar di bawah pohon disekitar pantai, menikmati hidangan makanan, dan bercengkerama bersama keluarga. Maka liburan kita akan semakin sangat berkesan.


Menikmati Sunset

Momen yang sangat ditunggu oleh para wisatawan dan pengunjung di pantai Sayang Heulang ini adalah ketika sunrise dan sunset. Kedua momen ini bisa kita nikmati bersama teman traveling kita sambil menikmati secangkir kopi atau segelas kelapa muda di pesisir pantai.


Menikmati suasana di sore hari sambil melihat tenggelamnya sinar matahari selalu menjadi aktivitas favorit di pantai. Gradasi warna langit yang berubah dari biru menjadi redup, merah kemudian kuning, dan bahkan kadang ungu, sungguh sebuah hal yang membekas didalam jiwa. Tak terhitung jumlah pujangga dan seniman yang terinspirasi dalam karya mereka oleh panorama alam satu ini dan hal ini dapat kita nikmati di Pantai Sayang Heulang yang ada di Garut ini.


Tips Mengunjungi Pantai Sayang Heulang

Untuk memaksimalkan pengalaman berwisata di Pantai Sayang Heulang yang ada di wilayah Garut ini, maka sebaiknya kita siapkan segala kebutuhan selama disana. Ada beberapa hal yang mungkin bisa dicatat untuk menjaga maksimalnya pengaaman berwisata di pantai itu yaitu :


  • Waktu terbaik untuk berkunjung adalah di hari biasa karena saat akhir pekan dan hari libur objek wisata ini akan sangat ramai oleh para pengunjung.
  • Bawalah sunblock untuk melindungi diri kita dari sengatan terik matahari.
  • Waktu terbaik untuk berkunjung juga sebaiknya sore hari supaya dapat berburu sunset yang sangat elok.
  • Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.
  • Berhati-hatilah karena banyak pungutan liar.
  • Jagalah kebersihan dengan selalu membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.


Objek Wisata Dekat Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang ini tidak berdiri sendiri melainkan pantai ini berdekatan dengan beberapa pantai yang lainnya. Jadi kita tidak usah khawatir kehabisan objek kunjungan wisata. Karena jika sudah puas di pantai Sayang Heulang, bisa dengan segera melompat ke pantai yang lain yang berada tidak jauh dari pantai ini.


Pantai Santolo Garu.
Terletak di Cikelet, Garut. Pantai ini jaraknya 5 km saja. Pantai Santolo menyuguhkan pemandangan laut lepas samudra Hindia. Dan berbagai aktifitas seperti banana boat dan berbagai fasilitas yang lengkap dan modern.


Pantai Sodong Lalay.
Terletak di Cigoa, Karangwangi, Mekarmukti, Garut. Pantai ini jaraknya jaraknya 25 km ke arah barat. Pantai ini memiliki view laut yang bagus, pemandangan sunset yang mempesona serta spot memancing yang digemari.


Pantai karang parenje. ‌
Terletak di karyasari, cibalong , Garut. Pantai ini jaraknya 16 km di arah timur. Pantai ini merupakan tempat yang sangat indah dengan sunset terbaik dan spot memancing yang banyak ikannya.


Pantai cidora.
Pantai ini jaraknya 35 km ke arah barat. Pantai Cidora memiliki pemandangan karang yang memukau dan suasana yang masih sunyi. Pantai ini Cocok untuk yang mencari ketenangan dan rehat sejenak dari aktifitas yang membosankan.


Demikianlah pemaparan singkat tentang wisata Pantai Sayang Heulang yang berada di Kota Garut. Pantai yang bisa dijadikan sebagai tempat liburan yang seru dan pastinya sangat menyenangkan. Bagi kamu yang suka eksplor lokasi wisata disejumlah daerah, maka saat berkunjung ke Garut jangan lewatkan pesona keindahan dari pantai yang satu ini ya.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama