Pulau Derawan Kalimantan Timur

Kali ini darinetizen.com akan membahas Daya tarik Pulau Derawan Kalimantan Timur. Banyak yang masih bertanya-tanya Pulau Derawan ada dimana ? Nah Sudah barang tentu jika Pulau Derawan berada di Provinsi Kalimantan Timur. Kami juga akan membahas tentang berapa biaya ke pulau derawan, apa saja yang ada di wisata pulau derawan, membahas keindahan pulau derawan, tentang pulau derawan tour, penginapan di pulai derawan, serta paket wisata pulau derawan. Mari simak penjelasan kami di bawah ini.

Kalimantan Timur tentu saja tidak terlepas dengan kekayaan alamnya, diantaranya ialah daya tarik alam Pulau Derawan. Pulau eksotik yang menyajikan keindahan bawah laut, mangrove, sampai kekayaan flora-faunanya.

Tempat wisata alam Kalimantan Timur memanglah tidak dapat diragukan kembali keindahannya. Bermacam jenis flora, fauna dan panorama menarik bisa diketemukan di wilayah ini. Salah satu tujuan wisata yang menyajikan daya tarik alam mengagumkan ialah Pulau Derawan. Pulau yang ada di ujung Kalimantan ini dikenali sebagai surga tersembunyi. Lalu apa keindahannya? Dibanding ingin tahu berikut pembahasan detailnya.

Mengenali Daya Tarik Alam Pulau Derawan


Pulau yang berada di ujung Kalimantan Timur ini mempunyai daya tarik alam yang paling mengagumkan. Masalahnya Pulau Derawan ini mempunyai pantai dengan pasir putih dan air laut yang paling biru. Disamping itu, keindahan alam di sekitarnya pun tidak dapat diragukan lagi. Bermacam fauna, flora, dan panorama yang lain akan membuat siapa terpesona dengan pulau ini.

Riwayat Pulau Derawan berawal di tahun 2005, di mana pemerintah setempat mendaftarkan kawasan ini ke Unesco sebagai salah satu situs peninggalan dunia. Sejak waktu itu, pulau ini dipanggil dengan sebutan Pristine Island karena keasriannya yang masih sangat terjaga. Tidaklah aneh ini membuat beberapa wisatawan atau pengunjung baik lokal atau luar negeri tiba kesini.

Untuk mencapai ke Pulau Derawan yang luasnya hanya 1.3 hektar saja, pengunjung harus melalui beberapa lajur karena berada di tengah-tengah laut. Walau demikian, di seputar pulau ini berjajar beberapa pulau sekitar 31 pulau yang ada di Semenanjung Utara Perairan laut, misalkan saja Pulau Samama, Pulau Raburabu, dan ada banyak lagi yang dapat diketemukan.

Pulau Derawan ini yang berada pas di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini tawarkan bermacam potensi wisata bahari yang sangat menarik. Diantaranya ialah taman bawah laut yang paling disukai wisatawan. Bukan hanya hanya itu, pulau ini ditempati oleh bermacam satwa yang sudah langka seperti penyu sisik dan penyu hijau hingga sangat menarik apabila didatangi.

Selainnya daya tarik bawah laut yang disuguhi Pulau Derawan ini, ada pula beberapa ekosistem pesisir dan pulau kecil yang ada disekelilingnya seperti hutan bakau, padang lamun dan terumbu karang. Dengan demikian banyaknya keindahan alam yang menakjubkan, dijamin membuat siapa saja betah untuk lama-lama saat habiskan waktu berlibur di pulau yang satu ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Derawan


Lokasinya yang ada di ujung Kalimantan dan di tengah-tengah laut membuat pulau ini tetap terlindungi keasliannya. Walau demikian, beberapa pengunjung yang menyengaja tiba ke Pulau Derawan untuk habiskan waktu berlibur mereka atau sekadar santai sekalian nikmati keindahan pantai, alam sekitaran, dan lain-lain.

Salah satunya daya tarik khusus pulau yang ini ialah daya tarik bawah lautnya. Terumbu karang di Pulau Derawan ini benar-benar berlimpah. Ada bermacam tipe terumbu karang yang hidup di bawah laut ini. Bahkan juga kekayaan terumbu karang ini digadang jadi yang terindah sesudah Kepulauan Raja Ampat.

Sudah pasti ini menunjukkan jika daya tarik alam bahari di pantai ini tidak dapat diragukan kembali. Dengan kekayaan terumbu karang dan lingkungan yang alami membuat pulai ini jadi daftar tujuan wisata untuk pengunjung lokal atau luar negeri. Kekayaan bawah laut ini jadi surganya beberapa penyelam dan pencinta alam untuk salurkan hoby petualangan mereka di Pulau Derawan.

Bila Anda masih bingung mengapa Pulau Derawan ini jadi tujuan favorite wisatawan, hal tersebut karena ada banyak type terumbu karang. Type ini dibagi jadi tiga bagian yakni karang penghalang, karang tepi, dan atol. Bermacam jenis type karang hidup ini membuat bermacam spesies yang hidup di bawah lautnya capai angka 1.051 spesies menurut survey yang sudah dilaksanakan.

Tidak berhenti sampai disana saja, keindahan laut yang berada di pulau ini ada juga pada sekitaran pantai. Karena ada hutan bakau atau dikenali dengan panggilan mangrove di Pulau Derawan. Kehadiran mangrove berperanan sebagai penahan abrasi atau adanya pengikisan oleh air laut di wilayah pantai dan dataran hingga ekosistem pulau akan terjaga.

Selainnya hutan bakau yang demikian memikat, ada pula padang lamun di semua teritori pantai Pulau Derawan ini. Padang lamun yang berada di pulau ini dapat diketemukan dengan keadaan yang lain lain dengan umumnya luas tutupan dimulai dari 10 % sampai capai 80 %. Ekosistem itu juga penting untuk ekologi dan ekonomi sekitaran Pulau yang indah ini.

Saat ada di Pulau yang berada di Ujung Kalimantan Timur ini, Anda akan disajikan dengan padang lamun luas yang banyak tumbuh di seputar pantai Pulau Derawan ini, misalkan Thalassia hemprichii dan Halophila Ovalis. Selainnya dua tipe itu masih tetap ada empat spesies lamun yang lain yang ada di sekitar pulau seperti Cymodocea rotundata, Halodule uninervis, Halodule pinifolia, dan Syringodium isoetifolium

Tidak berhenti sampai disana saja, ada banyak potensi alam yang bisa Anda cicipi saat ada di Pulau Derawan. Wilayah yang benar-benar alami, dipakai sebagai tempat pelestarian untuk spesies langka seperti penyu hijau dan ketam kelapa, penyu sisik, dugong sampai lumba lumba berada di pulau cantik ini.

Aktivitas Menarik yang Dapat Dilakukan di Pulau Derawan


Saat ada di wilayah alam seperti pantai, tentu saja kurang komplet bila tidak bawa camera untuk mendokumentasikan peristiwa kebersama-samaan dan keindahannya. Anda dapat memakai hp android atau camera sekedar untuk berswafoto dengan background panorama Pulau Derawan yang cantik ini.

Selainnya mendokumentasikan peristiwa di pulau ini ada banyak aktivitas yang bisa Anda kerjakan untuk habiskan waktu berlibur anda semakin terkesan. Pasalnya keindahan bawah laut Pulau Derawan begitu indah dan sangat menarik . Maka, saat Anda ada di sini janganlah sampai melewati untuk menikmati keindahan terumbu karang dan spesies yang bermacam-macam.

Tidak boleh cemas bila Anda tidak mempunyai peralatan menyelam atau snorkeling, karena di lokasi sekitaran pantai telah ada tempat penyewaan bermacam perlengkapan yang diperlukan. Hingga Anda dapat dengan gampang nikmati waktu berlibur dengan menyaksikan daya tarik bawah laut yang dijajakan pulau derawan yang eksotik ini.

Anda bisa juga lakukan aktivitas rekreasi saat ada di Pulau Derawan. Pohon-pohon yang tumbuh di seputar pulau membuat udara sejuk, hingga Anda dapat menjadikan tempat untuk berlindung. Anda dapat duduk rileks di tepi pantai sekalian melahap bekal yang Anda bawa dari rumah dengan sekaligus menikmati pemandangan cantik disekelilingnya.

Selainnya bisa nikmati bermacam keindahan bawah laut, Anda bisa juga menelusuri hutan mangrove. Pasalnya di seputar teritori hutan bakau itu ada bermacam biota laut seperti udang, ikan dan kepiting yang kelihatan dengan mata telanjang. Anda dapat telusuri hutan bakau sekalian mendokumentasikan peristiwa itu dengan memakai camera yang sudah anda siapkan sebelum berangkat ke Pulau Derawan.

Sesudah puas berkeliling-keliling telusuri hutan mangrove, karena itu Sebaiknya anda nikmati makanan ciri khas bahari di Pulau Derawan ini. Karena banyak spesies yang hidup di perairan pulau ini membuat beberapa sajian laut yang ditawari oleh warung sekitaran. Anda dapat melahap makanan ciri khas itu sekalian nikmati keelokan yang berada di Pulau ini.

Bila Anda ada di pulau satu ini, akan lebih bagus tidak untuk cepat cepat beranjak. Karena, keindahan Pulau Derawan bisa juga dinikmati saat mendekati sore hari. Pesona matahari tenggelam membuat siapa yang menyaksikannya merasa betah untuk lama-lama di pulau menarik di Kalimantan timur ini. Hal itu membuat situasi jadi makin indah dan jangan dilewati begitu saja.

Sesudah senang memanjakan mata dengan daya tarik alamnya, Anda bisa juga berwisata belanja di Kawasan pulau. Karena, banyak kios yang berada di sekitaran pantai sediakan bermacam kerajinan dimulai dari gantungan kunci, pakaian ciri khas pantai, lukisan, perhiasan berbahan lokal dan lain-lain ada di Pulau Derawan ini.

Untuk Anda pencinta kulineran laut, karena itu seharusnya untuk bawa oleh-oleh berbentuk sajian baharinya dari Pulau Derawan. Dengan demikian melimpahnya hasil tangkapan laut dari pulau ini, Anda dapat beli makanan ciri khas dari wisata alam ini untuk oleh-oleh, seperti ikan asap atau keripik ikan.

Arah Menuju Lokasi Pulau Eksotis Derawan


Karena posisinya yang berada di Ujung Kalimantan Timur dan ada di tengah-tengah laut, karena itu untuk sampai harus dilalui lewat beberapa lajur. Bila berawal dari luar wilayah Kalimantan, Anda harus melalui Balikpapan. Kemudian, Anda harus tempuh perjalanan selanjutnya yang dapat dipilih, baik lajur darat, udara, atau laut.

Pertama, Anda dapat melalui Tarakan bila ingin mengirit keuangan karena beberapa pilihan penerbangan. Sayang akan memakan banyak waktu lama di saat penyebrangan ke arah Pulau Derawan. Sebab, Anda harus melalui perjalanan dengan sewa speed boat dengan biaya yang relatif menguras kantong.

Tapi jalur itu benar-benar pas bila pergi bersama rombongan, karena ongkos untuk sewa kapal dapat semakin murah jika dilakukan patungan. Selain lajur itu Anda dapat melalui lajur Berau untuk Anda traveler solo. Pada lajur ini sediakan banyak mobil travel dan siap mengantar ke Tanjung Batu. Sedang untuk seberangi Pulau Derawan Anda bisa sewa speed boat.

Sedang untuk lajur darat umumnya dipakai untuk wisatawan yang ada di daerah Pulau Kalimantan. Untuk ke arah lokasi surga bahari Kalimantan Timur ini, umumnya pengunjung lokal memakai mobil travel atau bis sebagai transportasi khusus. Jalur yang dilalui yakni Palangkaraya, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, Tanjung Batu, baru sampai ke Pulau Derawan.

Penginapan Murah yang berada di Pulau Derawan


Jika Anda adalah wisatawan yang dari luar wilayah, karena itu seharusnya tak perlu cemas bila pulang terlampau malam atau takut ketinggalan kapal. Karena, ada bermacam tipe penginapan yang ada. Penginapan yang ada di Pulau Derawan terbagi dalam resort, hotel pelangi, cottage, villa, sampai homestay sekali juga ada di sini.

Sarana homestay dijajakan pada harga yang relatif dapat dijangkau, di bawah 100 ribu saja per malamnya. Untuk Anda yang ingin habiskan malam di Pulau Derawan yang disebut lokasi yang unik, karena itu seharusnya untuk sewa cottage yang dibuat di atas laut. Sedang bila ingin istirahat di lokasi yang nyaman, karena itu seharusnya sewa resort.

Tetapi bila Anda tiba bersama rombongan atau keluarga besar dan tidak mau keluarkan kocek terlalu banyak, jalan keluarnya ialah sewa villa. Di pulau ini Anda dapat pilih bermacam type villa yang disiapkan warga sekitaran dimulai dari yang dapat dijangkau sampai yang tawarkan sarana terkomplet semua ada di sini.

Itu beberapa info tentang keindahan Pulau Derawan yang berada di ujung Kalimantan Timur. Selain tawarkan keindahan alam sekitar, pulau yang satu ini menyajikan daya tarik bawah laut dengan terumbu karang dan bermacam spesies didalamnya. Tidaklah aneh keindahannya sanggup mengundang perhatian wisatawan lokal atau luar negeri.

Indonesia dikatakan sebagai Negara kepulauan memang betul adanya. Sepanjang timur dari barta, terhampar beberapa pulau yang memberi kekayaan alam yang maha dasyat. Salah satunya pulau dengan kekayaan bawah airnya yang populer ialah Pulau Derawan.

Pulau Derawan atau pulau yang tidak demikian luas ini dapat dikelilingi dalam sehari. Perairannya terdapat taman laut yang paling pas untuk para divers. Bermacam tipe binantang laut dapat diketemukan di sini salah satunya ialah Cumi-cumi, Lobster, Ikan Pipa, Gurita, Kuda Laut, Belut Pita, Ikan Skorpion. Pada salah satunya titik penyelaman, persisnya di kedalaman 10 mtr. di permukaan laut, ada Blue Tiger Wall sejauh 18 mtr.. Diberi nama Blue Trigger Wall, karena dinding biru ini ialah ‘rumah' untuk Red-Toothed Trigger Fishes atau Ikan Trigger.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama