Puncak Pispun Rancah

Puncak Pispun yang berlokasi di Dusun Tarikolot, Desa Situmandala, Kecamatan Rancah. Berada di atas ketinggian yang menawarkan keindahan pesona alam untuk dinikmati oleh kita yang sedang mencari ketenangan dari hiruk pikuknya kesibukan kita sehari hari.

Kurang lebih 30 KM ke arah utara atau 30 menit perjalanan dari pusat kota Kabupaten Ciamis pengunjung atau wisatawan akan sampai dilokasi ini, kami menyarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi saja, karena kendaraan umum masih sangat terbatas untuk mengunjungi lokasi puncak pispun ini.

Puncak Pispun ini tidak memiliki ketinggian yang tinggi, namun para pengunjung sudah dapat melihat panorama alam yang cantik dan indah dari ketinggian. Bahkan para muda-mudi setempat menamakan tempat ini sebagai Mahameru nya kota rancah. 

Di Puncak Pispun ini para pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang disajikan dan dapat mempelajari tentang peninggalan Kerajaan Padjajaran yang terdapat di destinasi wisata yang satu ini. Karena menurut cerita warga setempat yang diceritakan secara turun temurun, ditempat ini terdapat sebuah petilasan peninggalan Maharaja Prabu Siliwangi kebanggaan masyarakat Jawa Barat. Dulunya tempat ini diberi nama Puncak Panyuguhan Pispun, namun saat ini terkenal dengan sebutan Puncak Pispun saja.

Untuk para wisatawan atau pengunjung yang suka atau tertarik dengan wisata air, pengunjung atau wisatawan dapat menikmati keindahan Dam Gembor yang berada tepat dibawah Puncak Pispun ini.

Pengunjung juga dapat menikmati suasana matahari terbit di pagi hari dan tenggelam pada sore hari di lokasi yang sama yaitu di Puncak Pispun ini. Dan apabila pada malam hari, para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan lepas pandang Kecamatan Rancah dari atas ketinggian ini. 

Biasanya pada hari-hari besar seperti hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus, ditempat ini selalu diadakan kegiatan kemah bhakti untuk mengenang jasa para pahlawan dan mengirim doa kepada para leluhur tatar galuh parahyangan.

Untuk saat ini penataan lokasi masih dilakukan demi menarik minat para wiasatawan dari dalam maupun luar daerah agar merasa nyaman saat mengunjungi lokasi wisata ini. 

Para pengunjung juga jangan khawatir, karena disini telah terdapat warung-warung para penjual kuliner apabila kita tidak membawa bekal dari rumah. 

Walaupun lokasi ini sudah lumayan layak untuk dikunjungi, namun dalam beberapa kilometer jalannya belum beraspal, oleh karena itu pihak pengelola yang saat ini dikelola oleh kelompok sadar wisata atau POKDARWIS, mereka sangat berharap agar jalan tersebut dapat tersentuh oleh pembangunan agar memudahkan aksebilitas ke destinasi wisata Puncak Pispun ini.

Belakangan ini, Puncak Pispun banyak dikunjungi para wisatawan dari dalam atau luar daerah karena keindahan alamnya yang sangat asri. 

Fasilitas yang disediakan di lokasi ini sudah cukup memadai, lahan parkir, warung makan, gazeebo, dan tolilet sudah tersedia di Puncak Pispun ini, oleh karena itu para pengunjung tidak usah ragu untuk mengunjungi lokasi yang satu ini. Para pengunjung juga dapat mengexplore beberapa spot foto yang instagramable di lokasi ini.

Kesimpulan setelah kami mengunjungi lokasi ini, Puncak Pispun sangat rekomenden untuk dikunjungi, terlebih jika kita menghabiskan waktu disini bersama orang-orang special bahkan orang terkasih. Lokasi ini sangat cocok untuk merefresh otak kita yang sudah jenuh dengan kegiatan dan kesibukan kita setiap hari, kami menyarankan untuk datang di pagi hari, karena di lokasi Puncak Pispun Rancah ini juga termasuk negeri diatas awan Kabupaten Ciamis.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama