Rumah Tersambar Petir di Ciamis

Petir merupakan gejala alam yang terjadi saat cuaca sedang musim hujan saat langit memunculkan kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan dan di ikuti oleh suara yang menggelegar yang disebut dengan guruh.

Sudah banyak kejadian yang mengalami tersambar petir. Seperti kejadian yang ini. Rumah tersambar petir di Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menyebabkan beberapa barang electronic yang ada di rumah itu hancur.

Disamping itu, petir yang menyambar rumah punya Aryono, masyarakat Dusun Ciulu, RT. 23, RW. 06, Desa Ciulu, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis pada Jumat (28/05/2021) menyebabkan saluran listrik terganggu.

FK Tagana Kabupaten Ciamis, Uju Suparman menjelaskan, rumah yang tersambar petir di Banjarsari itu terjadi sekitaran jam 20.00 WIB.

"Peristiwanya jam 20.00 WIB, yaitu saat hujan dibarengi kilatan petir. Di saat itu mendadak petir menyambar lewat kabel listrik yang ada pada rumah punya Aryono. Sambaran petir menyebabkan beberapa alat electronic yang menancap pada setop contact listrik hancur," jelasnya.

Selainnya menghancurkan beberapa barang electronic berupa kipas angin, tv berikut antenanya, sambaran petir menghancurkan bagian tembok rumah Aryono hingga jebol.

"Kabel listriknya kan ada dalam tembok . Maka, arus petir itu masuk sampai menjebol tembok. Bahkan mengeluarkan kepulan asap yang cukup pekat. Untung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Tetapi, pemilik rumah alami trauma atas peristiwa itu," terang Uju.

Karena peristiwa itu, KWH listrik rumah korban alami kerusakan, hingga berpengaruh pada pemadaman listrik untuk rumah masyarakat yang lain.

"Kebetulan jalur PLN ada juga yang tersambar peti . Maka barusan sempat pernah terjadi pemadaman listrik oleh PLN," terangnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama