Seorang Nenek Tinggal di Rumah Reyot dengan Anak ODGJ di Ciamis

Mak Encoh (72) warga RT 06, RW 02, Dusun Ciawitali, Desa Gereba, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, butuh perhatian Pemerintah. Pasalnya, Mak Encoh hidup dalam keadaan susah tinggal di rumah reyot nyaris ambruk.

Teti Juarti Relawan Kemanusiaan Ciamis (RKC) Kecamatan Cipaku mengatakan, Mak Encoh sebenarnya punya dua orang anak. Salah satunya sudah berumah tangga, sementara satu orang anaknya masih tinggal bersamanya. Namun anaknya tersebut merupakan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

“Selama ini Mak Encoh hidup berdua dengan anaknya yang ODGJ tersebut. Rumahnya pun sudah reyot dan hampir ambruk,” ujar Teti, Senin (24/05/2021).

Teti menambahkan, Mak Encoh sudah lama tinggal di rumah yang kondisinya memprihatinkan dan nyaris ambruk. Meski demikian, mereka tidak pernah  berkeluh kesah apalagi merasa kecewa dengan keadaannya. 

“Tetapi apabila ada bantuan untuk perbaikan rumah dan mendapatkannya, Mak Encoh pasti sangat bersyukur,” kata Teti.

Sebaliknya, lanjut Teti, apabila tidak mendapat bantuan, Mak Encoh juga tidak akan memaksa, yang penting rumahnya saat ini bisa digunakan untuk berteduh meski bagian atapnya nyaris ambruk. 

“Karena ketabahan seorang Mak Encoh, kami dari Relawan Kemanusiaan Ciamis, merasa terketuk untuk memperjuangkannya,” katanya. 

Teti berharap Pemerintah Kabupaten Ciamis dapat memberikan bantuan untuk perbaikan rumah Mak Encoh.

“Masyarakat setempat juga sudah siap membantu Mak Encoh, meski dalam bentuk tenaga,” sambungnya.

Kondisi rumah Mak Encoh yang nyaris ambruk, kata Teti, membutuhkan perbaikan segera. 

“Ya mudah mudahan saja apa yang diharapkan bisa segera terealisasi. Sebab kondisi rumah Mak Encoh mau tidak mau harus secepatnya dibangun atau diperbaiki,” pungkasnya.

ARTIKEL ASLI

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama