Bayi Menangis Berlebihan

Menangis adalah satu-satunya cara seoarang bayi kecil menyampaikan ketidaknyamanan fisik atau kekecewaan. Semua bayi kadang-kadang menangis karena lapar, mengompol, kecewa, kesakitan, dan ada yang sesekali menangis tanpa alasan yang jelas. Kebanyakan orangtua segera bisa mengenali penyebab tangis bayinya dan biasanya bisa mengatasinya sesuai yang diperlukan. Silahkan ikuti artikel ini bila bayi anda menangis lebis sering dari yang menurut anda normal, atau bila bayi anda mulai menangis dengan cara yang tidak biasa. Pada beberapa kasus anda akan disarankan mencari bantuan medis.

Apakah bayi anda menangis dengan cara yang tidak biasa? Dan apakah saat makan terakhir ia tampak wajar?
Jika Tidak. BAWA KE DOKTER SEKARANG JUGA! Bayi anda mungkin mengalami salah satu kondisi, yang beberapa diantaranya bisa serius. Dokter akan memeriksa si anak untuk menetapkan diagnosa dan penanganan yang tepat.
Jika Iya. Bila bayi anda makan dengan normal,mungkin gejala itu hanya masuk angin. Lakukan tindakan mengatasi masuk angin. Segera hubungi dokter jika bayi anda enggan makan atau ia masih terus menangis berlebihan.

Apakah pemberian air minum bisa menghentikan tangisannya?
Mungkin ia hanya kehausan. Namun hal ini tidak biasa pada bayi ASI atau bayi di bawah usia 4 bulan. Bila bayi anda minum susu botol atau bila hawa sedang gerah, tawari dia minum air putih matang.

Apakah setelah bersendawa ia kembali tenang?
Udara terjebak di lambung setalah makan mungkin penyebab ketidaknyamanan dan tangis pada bayi muda.

Apakah bayi anda muntah setelah makan lalu menangis?
BAWA KE DOKTER DALAM 24 JAM! Refluks Gastro Oesofagal, yaitu isi lambung terlontar naik ke oesofagus, mungkin penyebabnya. Dokter akan memeriksa bayi anda untuk menghapuskan kemungkinan lain. Mungkin anda akan disarankan untuk menidurkan si bayi menyamping dengan kepala lebih tinggi dari kaki. Bila si bayi sudah cukup besar, lebih banyak duduk di kursi bayi mungkin bisa menolong. Bila bayi anda minum susu botol, cobalah kentalkan makanannya dengan tepung jagung atau parutan wortel. Mungkin dokter juga akan menyarankan obat yang meningkatkan aktifitas otot oesofagus. Kebanyakan bayi akan lepas dari kondisi ini pada usia 1 tahun.

Apakah bayi anda tampak tenang di siang hari namun sering menangis di sore dan malam hari?
Kolik adalah istilah sering dipaki untuk kondisi ini. Hal ini biasanya timbul saat bayi berusia 6 minggu dan menghilang di usia 4 bulan. Penyebaab tepatnya belum diketahui. Tidak ada pengobatan yang efektif untuk kolik. Namun beberapa tindakan bisa dilakukan untuk menenangkan anda dan si bayi. Prioritas orangtua adalah mencari cara menghadapi tangisan bayi yang berkepanjangan.

Apakah bayi anda langsung tenang setelah digendong dan mendapat perhatian penuh?
Kebutuhan perhatian dan kenyamanan fisik adalah penyebab umum bayi menangis. Sebagian bayi lebih suka dibiarkan di tempat tidurnya, namun banyak juga yang selalu membutuhkan kehadiran orangtuanya. Gendonglah si bayi sampai ia terlihat puas. Pada usia ini belum ada bahaya kemanjaan, dan si bayi akan lebih riang karena bertambahnya rasa aman. Agar anda tetap bisa melakukan pekerjaan harian, gendonglah dia dengan kain sambil bekerja. Bayi yang lebih besar mungkin puas bila diletakkan di ayunan bayi atau sekedar agar bisa senantiasa melihat kehadiran anda. Setelah si bayi tampak puas, hindarilah mengajak dia bermain.

Mungkinkah bayi anda sedang tumbuh gigi?
Tumbuh gigi bisa membuat bayi merasa tidak nyaman. Benda-benda yang kuat dan keras yang bisa digigit-gigit, misalnya karet gigitan bayi yang didinginkan mungkin bisa menolong. Bisa juga diberikan dengan pereda nyeri dengan dosis sesuai anjuran di kemasan.

Apakah bayi anda baru saja di imunisasi?
Sebagian bayi bisa merasa tidak nyaman atau demam ringan dalam waktu seminggu setelah di imunisasi. Ukurlah temperatur suhu tubuh si bayi. Bila demam segera konsultasikan bersama dokter.

Apakah baru saja terjadi peristiwa besar dan menekan dalam rumah tangga anda?
Bahkan bayi sangat muda pun dapat merasakan adanya ketegangan di rumahnya, terutama bila ibunya juga terlibat. Bayi anda akan memerlukan banyak perhatian dan belaian daripada biasanya, namun akan kembali tenang dalam seminggu. Cobalah tepati jadwalnya sestabil mungkin, walau banyak aspek kehidupan anda berubah. Bila menduga tangis si bayi adalah akibat ketegangan anda, cobalah menenangkan diri sebisa mungkin. Dokter atau teman mungkin bisa menemukan jalan untuk menolong anda.

Tindakan sendiri menghadapi kolik

Sebagian bayi muda mengalami masa menangis berkepanjangan disebut kolik. Serangan tangis ini biasanya terjadi sore hari dan lebih banyak dialami bayi ASI. Si bayi seringkali mengangkat kakinya seolah sedang kesakitan. Penyebab kolik tidak diketahui, namun diduga disebabkan oleh udara yang terjebak di usus, lapar, atau keletihan dan ketegangan si ibu. Untuk membantu meredakan kolik, cobalah membuai si bayi tau membawanya jalan-jalan, naik mobil, atau mengusap perut si bayi. Mungkin anda juga ingin mencoba dot anti kolik bila si anak minum susu botol, memberinya obat kolik yang mengandung simethicone, atau menjauhkan semua produk susu dari makanan anda bila anda memberinya ASI. Kolik selalu hampir hilang pada usia 4 bulan.

Tindakan sendiri menghadapi tangisan bayi

Banyak orangtua merasa sangat tertekan dan tidak tahan bila bayinta menangis sampai berjam-jam. Persaan seperti itu adalah normal dan tidak berarti bahwa anda orangtua yang buruk. Mintalah bantuan tetangga atau teman untuk menunggu si bayi sekitar satu jam agar anda bisa sedikit mengendurkan diri. Bila tidak ada yang bisa dimintai bantuan, letakkan si bayi dengan aman di tempat tidurnya, tutup pintu kamarnya, dan tinggalkanlah ia selama sekitar setengah jam sampai anda tenang kembali. Ditinggalkan sesaat tidak akan membahayakan bayi anda. Bila tangisnya sampai tidak tertahankan lagi dan anda takut bisa mengguncang si bayi tanpa sadar, segera letakkan si bayi di tempat tidurnya dan hubungilah dokter, nidan, atau kelompok posyandu di sekitar. 
Bantuan untuk merawat bayi anda
Mintalah bantuan tetangga atau teman untuk menjaga si bayi selama beberapa saat bila anda kewalahan menghadapi tangisnya.

Tindakan sendiri mengatasi bayi masuk angin

Semua bayi juga menelan udara ketika minum susu. Udara ini kemudian bisa terperangkap di usus dan menimbulkan ketidaknyamanan. Masuk angin semakin bisa bertambah bisa si bayi menangis tepat sebelum minum susu atau minum terlalu rakus. Berikut ini beberapa hal yang bisa mencegah masuk angin atau meredekan gejalanya :
  • Bila si bayi minum dari botol, pastikan baha lubang dot nya benar.
  • Topanglah bayi anda saat menyusui pada posisi setengah tegak agar udara yang terhisap naik kebagian atas lambungnya.
  • Sendawakan dia setiap selang waktu tertentu saat menyusui. Tegakkan ia ke pundak atau di pangkuan anda. Dengan lembut usap atau tepuk-tepuklah punggungnya untuk membuat udara di perutnya keluar.
Untuk membuat bayi anda bersendawa, tegakkanlan tubuhnya dan usap-usap atau tepuklah dengan lembut agar udara yang terperangkap bisa keluar. 

Periksakan ke dokter dalam 24 jam bila belum terdiagnosa dalam artikel ini.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama