Bila Anak Merasa Tidak Sehat

Anak merasa tidak sehat.

Bila anak merasa tidak sehat, seorang anak kadang-kadang bisa mengeluh merasa tidak sehat tanpa memberi gambaran jelas Apa masalahnya secara persis. Disaat lain, mungkin anda menduga bahwa anak Anda tidak sehat bila ia tampak lebih pendiam atau lebih rewel dari biasanya. Silakan ikuti artikel ini untuk mencari tanda-tanda spesifik sakitnya.

Untuk keletihan sangat atau luar biasa pada anak-anak, (lihat artikel KELETIHAN). 

Apakah temperatur anak 38 derajat Celsius atau lebih, dan apakah timbul ruam di kulit nya?
Jika iya, iya mungkin terserang sejenis infeksi, misalnya campak. Lihat artikel RUAM DISERTAI DEMAM.
Jika tidak, naiknya temperatur pada bayi atau anak kecil seringkali merupakan tanda pertama adanya infeksi. Lihat artikel DEMAM PADA BAYI dan DEMAM PADA ANAK-ANAK.

Apakah si anak mengalami muntah dan/atau diare?
Kegagalan pencernaan adalah penyebab paling mungkin gejala seperti ini. Hal ini bisa disebabkan oleh infeksi misalnya gastroenteritis. Lihat juga MUNTAH PADA BAYI atau DIARE PADA BAYI atau MUNTAH PADA ANAK-ANAK dan DIARE PADA ANAK-ANAK.

Adakah dua atau lebih gejala berikut? Berat badan susu tanpa penyebab jelas, sering kehausan, lebih banyak buang air kecil dari biasa, letih berlebihan?
BAWA KE DOKTER DALAM 24 JAM! Gejala ini mungkin akibat diabetes melitus. Kondisi ini disebabkan oleh kurangnya produksi hormon insulin, yang diperlukan tubuh untuk memperoleh energi dari gula dan karbohidrat dalam makanan. Dokter akan mengambil contoh darah dan urine si anak untuk mengukur tingkat gula darahnya. Bila diagnosa ini benar, si anak mungkin akan memerlukan suntikan insulin selama hidupnya. Ia akan diajari cara menyuntikkan insulin dan memantau tingkat gula darahnya sendiri. Dokter juga akan memberikan saran pola makanan dan gaya hidup yang sesuai untuk si anak ( lihat DIABETES MELLITUS).

Adakah Salah satu gejala berikut? Nyeri saat buang air kecil, sering buang air kecil, mengompol walau sudah bisa menahan, urin keruh atau berbau menyengat?
BAWA KE DOKTER DALAM 24 JAM! Si anak mungkin mengalami INFEKSI SALURAN KEMIH. Dokter akan memeriksa contoh urinnya, bila diagnosanya benar, contoh urine akan dikirim ke laboratorium untuk dianalisis, dan si anak akan diberi resep antibiotika. Pada beberapa kasus, beberapa tes lanjutan, misalnya scan ultrasonik mungkin diperlukan untuk mencari masalah yang ada kaitannya.

Apakah si anak menolak minum?
Jika iya, bawa ke dokter dalam 24 jam! Perih di mulut atau tenggorokan adalah sangat mungkin. Namun menolak minum bisa menimbulkan dehidrasi. Dokter akan memeriksa si anak untuk mencari penyebabnya. Dorong lah si anak agar minum. Bila usianya di bawah 3 bulan dan menolak makanan selama 3 jam atau berusia dibawah 12 bulan dan menolak minum selama 6 jam, segera hubungi dokter.
Jika tidak, menolak makan adalah umum pada anak yang sedang kurang sehat. Jangan mencemaskan penolakan makan si anak selama ia minum cukup banyak. Namun bila ia tidak mau makan dalam 24 jam dan tidak tampak sebab yang jelas, periksakanlah ke dokter.

Apakah si anak berhubungan dengan sakit menular dalam 2 sampai 3 minggu terakhir?
Si anak mungkin di tahap paling awal sebuah penyakit menular, misalnya cacar air. Adalah wajar bila seorang anak yang sedang mulai sakit menjadi tampak lesu dan gelisah selama dua atau tiga hari sebelum timbul gejala spesifiknya. Bila timbul gejala lain, ikuti artikel yang sesuai dalam blog ini. Bila anak anda masih juga lesu dalam 48 jam dan tetap tidak terlihat penyebabnya, periksakanlah ke dokter. 

Apakah si anak tampak membaik di akhir minggu?
Mungkin ia mencemaskan sesuatu di sekolah, misalnya ada ulangan. Banyak anak menunjukkan kecemasan dengan bersikap tidak seperti biasanya. Ajaklah ia berbicara untuk menemukan Apa masalah yang dihadapinya. Bicarakan juga hal itu dengan guru, untuk mencari bila ada masalah yang tidak Anda sadari, misalnya perlakuan semena-mena. Bila anak Anda terus mengeluh kurang sehat, periksakanlah ke dokter.

Adakah sesuatu masalah di rumah, misalnya pindah rumah atau adanya anak lain yang sakit di rumah?
Ada sebagian anak yang mudah cemas oleh perubahan di sekitarnya. Mereka mungkin menunjukkan hal itu dengan ada perubahan perilaku atau merasa tidak sehat. Sakit yang dialami anak lain dirumah bisa menimbulkan perasaan Mendua, si anak mencemaskan saudaranya namun juga iri terhadap perlakuan ekstra yang diterimanya. Ajaklah si anak bicara agar dia bisa mengungkapkan masalahnya. Belayan extra mungkin akan bisa menolong. Bila si anak masih merasa tidak sehat, periksakanlah ke dokter. 

Apakah berat dan tinggi badan si anak masih tergolong normal untuk usianya?
Jika iya, mungkin si anak sedang kurang bahagia atau khawatir, bukan sakit fisik. Beberapa anak merasa sulit mengungkapkan perasaan dan lebih mudah tampak kurang sehat. Luangkan waktu untuknya, dan bila perlu, periksakanlah ke dokter yang akan bisa merujuk nya ke spesialis.
Jika tidak, anak anda mungkin menderita suatu penyakit bab tersembunyi, misalnya infeksi saluran kemih. Periksakanlah ke dokter, yang akan melakukan beberapa tes untuk mencari penyebab sebenarnya dan menetapkan penanganan yang tepat. Si anak mungkin akan dirujuk ke dokter spesialis.

Masalah pada anak.

Tindakan sendiri mendorong anak agar minum

Bila anak Anda tidak sehat, lebih baik mendorongnya agar mau minum daripada mencemaskan nafsu makannya yang turun. Langkah-langkah berikut ini bisa merangsang anak anda untuk minum :

  • Tawarkan minuman kesukaannya, misalnya sirup rasa buah, tak sekedar air dingin.
  • Tawarkan es lilin yang bisa di hisap-hisapnya.
  • Tawarkan minum sedikit-sedikit. Minumi dia sebelum melakukan sesuatu, misalnya membaca komik.
  • Gunakan sedotan, cangkir yang unik, atau cangkir orang dewasa untuk membuatnya berminat.
  • Ajaklah dia menyiapkan minumam atau es lilin.
Demikianlah artikel bila anak merasa tidak sehat, periksakan ke dokter bila belum terdiagnosa dalam artikel ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, Terima Kasih.

Oleh:
Dr.Tony Smith & Dr.Sue Davidson

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama