Bila Tenggorokan Anak Serak

Anak mengalami sakit tenggorokan.

Bila tenggorokan anak serak, tenggorokan serak adalah umum pada anak-anak. Seorang anak yang sudah besar akan bisa memberitahukan bahwa tenggorokannya sakit. Pada bayi atau anak kecil, gejala yang bisa membuat anda curiga adalah keengganan makan karena sakit untuk menelan. Kebanyakan nyeri tenggorokan disebabkan oleh infeksi virus ringan yang akan hilang dalam 2-3 hari tanpa diobati. Namun pada beberapa kasus mungkin diperlukan antibiotika untuk mengobati infeksi bakteri.

Apakah temperatur tubuhnya 38 derajat celsius atau lebih? Adakah benjolan bengkak meradang di ketiak dan/atau selangkang?
Demam kelenjar (mononuleosis menular), sebuah infeksi virus yang menyebabkan pembengkakan kelenjar, bisa menyebabkan tenggorokan nyeri. Bila menduga disebabkan demam kelenjar, dokter akan meminta pemeriksaan darah untuk memastikan diagnosa ini. Tidak ada pengobatan khusus untuk kelenjar, walau langkah-langkah meredakan demam dan meredakan nyeri tenggorokan akan bisa mengurangi penderitaan si anak.

Adakah ruam merah di tubuh dan anggota tubuh?
BAWA KE DOKTER DALAM 24 JAM! Ada kemungkinan ini demam merah, yaitu suatu infeksi tenggorokan oleh bakteri. Ruamnya lebih nyata di lipatan kulit, misalnya di ketiak. Si anak juga mungkin muntah. Dokter akan mengambil contoh jaringan tenggorokan si anak untuk memastikan diagnosa ini. Pengobatan yang diberikan adalah dengan antibiotika.

Apakah si anak enggan makan makanan padat, dan apakah ia tampak lesu?
BAWA KE DOKTER DALAM 24 JAM! Radang di tenggorokan (pharingitis) atau di tonsil (tonsilitis) adalah sangat mungkin. Peradangan ini akibat infeksi virus atau bakteri. Setelah memeriksa, dokter akan meresepkan antibiotika. Selain itu, lakukan juga tindakan meredakan nyeri tenggorokan pada si anak.

Apakah si anak bersin, dan/atau apakah hidungnya berlendir?
Jika iya, pilek atau infeksi virus lain bisa menyebabkan nyeri tenggorokan. Rawatlah pileknya seperti saran hidung tersumbat atau berlendir. Bila gejalanya tidak membaik dalam beberapa hari, periksakanlah ke dokter.
Jika tidak, radang tenggorokan akibat infeksi virus ringan atau akibat iritasi mungkin penyebab gejala ini. Redakanlah sendiri nyeri tenggorokan si anak. Periksakanlah ke dokter bila si anak belum membaik dalam beberapa hari.

Tindakan sendiri meredakan nyeri tenggorokan anak-anak

Bila anak anda mengalami sakit tenggorokan, langkah-langkah berikut bisa membantu mengurangi tidak nyamannya:

  • Berikan minumam non asam, misalnya susu, sebanyak dia mau. Pemakaian sedotan akan bisa memudahkannya minum.
  • Tawarkan es krim dan es loli.
  • Berikan parasetamol cair.
  • Tawarkan losenjes (obat sesap) tenggorokan bila ia sudah cukup bisa menyesapnya tanpa tersedak atau menelan semuannya sekaligus.
  • Bila si anak sudah cukup besar, ajari dia berkumur dengan garam hangat.

Tonsil dan anedoid

Tonsil dan anedoid adalah bagian dari sistem limfatik, yang bertugas membantu tubuh melawan infeksi. Tonsil terletak di kedua sisi belakang tenggorokan, adenoid terletak di balik hidung, di dekat mulut kedua saluran eustachian. Pada anak-anak, peradangan salah satu atau kedua jaringan ini akibat infeksi adalah biasa terjadi. Di masa lalu, tonsil dan/atau adenoid seringkali di buang. Kini tindakan itu hanyalah dilakuakn bila anak yang bersangkutan terserang infeksi kambuhan yang parah. Tonsil dan adenoid secara alami cenderung mengkerut dengan bertambahnya usia.

Demikianlah artikel bila tenggorokan anak serak, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima Kasih.

Oleh:
Dr.Tony Smith & Dr.Sue Davidson

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama