Demam Pada Anak-Anak

Seorang ibu sedang mengukur temperatur tubuh anak.

Demam Pada Anak-Anak, untuk usia di bawah 1 tahun, lihat artikel Demam Pada Bayi.
Demam adalah temperatur tubuh meninggi sampai 38 derajat celcius atauh lebih, biasanya menjunjukan bahwa tubuh sedang melawan infeksi. Terpapar panas juga bida menaikkan temperatur. Saat demam, biasanya anak merasa lesu, gerah, dan berkeringat. Bila anak anda merasa tidak enak badan, periksalah temperaturnya (lihat MENGUKUR TEMPERATUR ANAK, bawah). Bila tinggi, turunkanlah demamnya (lihat MENURUNKAN DEMAM, bawah). Demam tinggi bisa menyebabkan kejang-kejang pada anak kecil.

Apakah timbul ruam di kulit anak anda?
Lihat artikel RUAM DISERTAI DEMAM.

Apakah si anak mengeluh sakit telinga, dan/atau apakah ia menarik-narik salah satu telinganya?
BAWA KE DOKTER DALAM 24 JAM! Mungkin terjadi infeksi viral atau bakterial di saluran telinga bagian tengah. Dokter akan memeriksa si anak, dan bila diagnosa ini benar, ia akan meresepkan pereda nyeri dan/atau antibiotika. Lakukan juga tindakan meredakan sakit telinga.

Apakah nafasnya berbunyi dan/atau batuknya menyentak?
Mungkin ini suatu kondisi sejenis 'croup', yaitu tenggerokan membengkak dan menyempit akibat infeksi virus. Dokter mungkin akan memberikan penghirup kortikosteroid untuk memudahkan bernafas. Cobalah juga tindakan sendiri untuk meredakan batuk. Bila gejala si anak sangat parah, mungkin ia perlu dirawat inap di rumah sakit untuk dipantau dan ditangani lebih lanjut.

Apakah nafasnya lebih cepat dari biasanya?
Jika Iya, ada kemungkinan timbul suatu infeksi dada, misalnya pneumonia (infeksi rongga udara di paru-paru). Bila membenarkan duagnosa ini, dokter akan meresepkan antibiotika dan minta dilakukan pemeriksaan sinar-X dada. Usahakan menurunkan temperaturnya (lihat MENURUNKAN DEMAM, dibawah), dan pastikan ia banyak minum. Kadang-kadang, diperlukan rawat inap di rumah sakit.
Jika tidak, beberapa infeksi virus, pilek misalnya, bisa menyebabkan batuk dan hidung berlendir. Usahakan menurunkan demamnya, dan pastikan banyak minum. Hubungi dokter bila timbul ruam kulit, bila si anak sulit bernafas, atau bila tidak membaik dalam 48 jam.

Adakah salah satu gejala berikut, sakit kepala parah, enggan menundukan kepala, tidak suka cahaya terang, mengantuk atau linglung, bintik rata merah gelap yang tidak memudar oleh tekanan?
BAHAYA! BAWA KE RUMAH SAKIT SEKARANG JUGA! Meningitis, peradagan selaput pembungkus otak akibat infeksi, bisa menyebabkan gejala seperti ini. Bila di duga meningitis, si bayi harus segera dibawa ke rumah saat itu juga, untuk mendapatkan pertolongan segera antiobitika, dan mungkin memerlukan perawatan intensif.

Apakah si anak mengalami diare?
Gastroenteritis, infeksi sistem pencernaan yang biasanya karena virus, adalah kemungkinan penyebab diare disertai demam. Si anak juga mungkin muntah. Lakukan tindakan pencegahan dehidrasi dan penanganan gastroenteritis. Bila diarenya berlangsung selama lebih dari 24 jam, hubungi dokter.

Apakah tenggorokannya sakit?
BAWA KE DOKTER DALAM 24 JAM! Faringitis atau tonsilitis, suatu infeksi tenggorokan atau tonsil, adalah penyebab paling mungkin. Infeksinya disebabkan oleh bakteri atau virus. Dokter akan memeriksa tenggorokan si anak dan mengambil contoh jaringan tenggorokan untuk memastikan diagnosa ini. Dokter mungkin akan meresepkan antibiotika untuk mengobati infeksinya. Anda juga bisa melakukan sendiri langkah-langkah meredekan nyeri tenggorokan si anak.

Adakah suatu gejala berikut nyeri buang air kecil, sering buang air kecil, mengompol walau sudah bisa mengontrolnya, urin keruh atau berbau menyengat?
BAWA KE DOKTER DALAM 24 JAM! Mungkin si anak menderita infeksi saluran kemih. Dokter akan memeriksa contoh urin si anak, dan bila diagnosa ini benar, contoh urin akan diambil ke laboratorium untuk dianalisis, sambil si anak diberi resep antibiotika. Pada beberapa kasus, diperlukan beberapa tes lanjutan, misalnya scan ultrasonik. (lihat, MENYELIDIKI SALURAN KEMIH ANAK) untuk mencari semua masalah yang berkaitan.

Apakah si anak baru terpapar terik matahari atau hawa panas ?
Kepanasan yang menyebabkan naiknya suhu tubuh, adalah sebuah kemungkinan. Usahakan menurunkan suhu tubuh si anak dengan melepas pakaiannya dan memindahkannya ke tempat yang lebih sejuk (bukan dingin). Bila suhu tubuhnya belum turun dalam waktu 1 jam, ikuti langkah-langkah menurunkan demam dan hubungi dokter. 

Anak mengalami demam tinggi.

PERINGATAN TANDA BAHAYA

Segera bawalah ke rumah sakit bila seorang anak mengalami demam yang disertai salah satu gejala berikut :

  • Kejang-kejang selama lebih dari 5 menit.
  • Bintik merah gelap yang tidak memudar di bawah tekanan. (lihat MEMERIKSA RUAM MERAH).
  • Mengantuk yang tidak wajar.
  • Sakit kepala parah.
Sambil menunggu bantuan medis, silahkan ikuti saran ,menurunkan demam di bawah ini.

Tindakan sendiri mengukur temperatur anak

Cara termudah mebgukur temperatur anak adalah dengan termometer aural yang diletakan di telinga. Anda juga bisa memakai termometer standar yang diletakkan di ketiak atau mulut. Jangan memasukan termometer kaca ke mulut anak berusia di bawah 7 tahun. Untuk memperoleh angka yang tepat, tambahkan 0,6 derajat celcius ke angka hasil pengukuran di ketiak.

Tindakan sendiri menurunkan demam

Menurunkan temperatur akan membuat anak anda lebih nyaman dan mengurangi kemungkinan terjadinya kejang panas. Lepaskan pakaian si anak dan berilah ia banyak minum air tawar matang. Bila usia anak di atas 2 bulan, berikanlah parasetamol dengan dosis sesuai anjuran. Bila demamnya tidak mereda dan usia si anak lebih dari 6 bulan, berikan juga ibuprofen dengan dosis sesuai anjuran. Dosis kedua obat itu diulang setiap 4 jam.

Demikianlah artikel Demam Pada Anak-Anak, Periksakan ke dokter bila belum terdiagnosa dalam artikel ini. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama