Diduga Keracunan Kupat Tahu, Puluhan Warga Ciamis Masuk Puskesmas

Diduga mengalami keracunan makanan, puluhan warga Desa Pasawahan, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat di larikan ke Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) Cigayam.

Gejala yang dialami puluhan warga tersebut adalah mengalami mual-mual dan pusing setelah mengkonsumsi kupat tahu yang mereka beli dari pedagang keliling di wilayah tersebut pada hari Senin (31/05/2021) sore hari.

Salah seorang pasien mengaku mengalami mula dan pusing yang sangat luar biasa sehingga ia dilarikan ke Puskesmas Cigayam setelah ia menyantap makanan Kupat Tahu yang dibeli dari pedagang keliling. 

Sementara itu, Kepala Puskesmas Cigayam, Ari Angga Rianto benarkan ada puluhan masyarakat Desa Pasawahan, yang masuk Puskesmas Cigayam untuk jalani perawatan.

"Ada 25 orang masyarakat yang saat ini sedang kami rawat, mulai dari beberapa anak, remaja, sampai dewasa," ucapnya.

Tetapi menurut Ari, pihaknya tidak dapat menyimpulkan apa para pasien itu betul keracunan makanan. Atau ada virus lain sebagai pemicu keracunan massal itu.

"Kami belum bisa menyimpulkan apa para pasien ini keracunan makanan, atau ada sesuatu hal lain sebagai pemicunya. Kami sedang lakukan pengecekan intensif untuk dapat mengetahui pemicu peristiwa ini," jelasnya.

Ari menambahkan, beberapa pasien itu masuk di Puskesmas Cigayam. Tetapi awalnya pihak bidan desa bersama pemerintahan desa setempat melakukan penyisiran

"Mengingat jumlah pasien lumayan banyak, dan keadaan pasien lemah, oleh karena itu, sore barusan kita langsung jemput mereka untuk memperoleh perawatan," ujarnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama