Masalah Tidur Pada Bayi

Kebanyakan bayi terbangun dalam selang beberapa waktu tertentu di siang dan malam hari untuk menyusu selama beberapa bulan pertama usianya. Hal ini sepenuhnya normal dan tidak perlu memaksa bayi di usia ini untuk mengikuti jadwal yang lebih enak bagi anda. Silahkan pelajari artikel ini bila anda merasa bayi anda terbangun terlalu sering, atau anda sulit menidurkannya di malam hari, atau bayi yang biasanya tidur penuh kini mulai terbiasa terbangun di malam hari.

Apakah ia menangis di sore hari dan anda sulit menenangkannya agar mau tidur?
Banyak kemungkinan penyebab bayi menangis di malam hari.

Apakah ia sering bangun di malam hari namun kembali tidur setelah disusui?
Kemungkinan penyebabnya adalah Rasa lapar mungkin penyebab bangunnya si bayi. Kebutuhan sering makan adalah wajar pada bayi di usia ini.
Solusinya adalah usaha mencegah bayi terbangun karena lapar di malam hari., misalnya dengan memberinya minum tambahan di sore hari, biasanya kurang berhasil. Jangan pernah menambah formula susu bayi. Beristirahatlah di siang hari ketika si bayi sedang tidur. Bila dia bayi ASI, cobalah perah dan wadahi dalam botol agar pasangan anda bisa sesekali membantu meminumkannya di malam hari. Bila anda merasa kurangnya tidur telah menurunkan kesehatan anda atau membuat anda kesal pada bayi, mintalah saran dokter atau bidan setempat.

Apakah bayi anda tidur lebih sedikit dari bayi lain seusianya?
Solusinya adalah sebagian bayi memang tidur lebih sedikit dari yang lain. Buatlah si bayi tetap senang di saat bangun dengan memberinya banyak benda untuk dilihat dan dimainkan. 

Apakah si bayi banyak tidur di siang hari dan sedikit di malam hari?
Solusinya adalah bayi muda bisa tidur setiap saat. Setelah berusia 2-3 bulan, ia bisa mulai didorong untuk lebih banyak tidur di malam hari dengan memberikan perbedaan nyata antara siang dan malam hari, dengan membiarkan tirai tetap terbuka di siang hari dan meredupkan cahaya di kamarnya pada malam hari, gunakan lampu temaran, dan jangan mengajaknya berbicara atau bermain.

Apakah si bayi terbiasa tidur siang?
Solusinya adalah Setelah semakin membesar, bayi anda akan membutuhkan waktu tidur lebih sedikit. Cobalah mengurangi tidur siangnya agar ia bisa tidur lebih nyenyak di malam hari.

Apakah si bayi tidur sekamar dengan anda?
Berbagi kamar dengan bayi memang bisa mengganggu suasana malam anda dan si bayi. Penyebabnya bisa karena anda telah membuat suara yang mengganggu tidurnya. Namun lebih besar lagi kemungkinan anda yang terlalu peka terhadap gerakan si bayi di saat tidur dan sedikit suara si bayi sudah anda duga sebagai tanda terbangun penuh. Banyak bayi yang tidur lasak, dan bila tidak diganggu, akan terus tidur kembali. Tindakan, bila memungkinkan, pindahkan si bayi ke kamar lain. Anda tentu akan tetap mendengar bila ia benar-benar menangis, namun mungkin anda kurang suka terbangunkan secara mendadak.

Apakah si bayi sering bangun di malam hari setelah sebelumnya nyenyak? Dan apakah ia tampak kurang sehat? 
Bila terlihat gejala spesifik, misalnya demam, diare, atau muntah. segeralah periksakan ke dokter.

Mungkinkan bayi anda terbangun karena lapar?
Dengan semakin tumbuhnya bayi anda, ia akan memerlukan lebih banyak makanan. Memperbanyak makanan di siang hari akan membuat si bayi tak lagi bangun di malam hari. Mintalah saran dokter atau bidan terdekat.

Mungkinkah ia kedinginan atau gerah di malam hari?
Kedinginan atau kegerahan bisa membangunkan si bayi pada malam hari. Jagalah temperatur kamar si bayi sekitar 18 derajat celsius. Bayi anda tidak memerlukan selimut lebih dari kebutuhan anda sendiri pada keadaan sama. Membiarkan bayi kegerahan bisa meningkatkan resiko sindroma kematian bayi mendadak. Bila ia kedinginan karena selimutnya tertendang, cobalah memakaikan pakaian tidur di malam hari.

Apakah terjadi masalah rumah tangga atau sesuatu yang bisa menyebabkan kecemasan?
Bayi bisa merasakan kecemasan atau ketegangan orangtuanya, dan bisa terganggu oleh hal itu. Mungkin butuh sedikit waktu agar bayi anda yakin kembali. Kalau bisa, jagalah jadwal harian si bayi tetap stabil, walau kehidupan anda sedang kacau. Ketika si bayi bangun di malam hari, berilah minum dan belaian, namun pastikan bahwa si bayi tahu bahwa ia harus kembali ke tempat tidurnya sendiri, agar si bayi tidak terbiasa bangun di malam hari dan berharap diajak bermain.

Tindakan sendiri membantu bayi untuk tidur

Pada usia sampai 4 bulan umumnya bayi akan tidur bila kenyang dan merasa nyaman. Yang perlu anda lakukan hanyalah berusaha memenuhi kedua kebutuhan dasarnya itu. Pada usia ini, suara sayup (dan gerakan samar) cenderung akan semakin memudahkan tidur. Membawanya naik mobil atau didorong di kereta bayi hampir selalu akan membuatnya tidur.

Tindakan sendiri membantu menidurkan anak kecil

Bayi berusia diatas 4 bulan sudah melewati masa sering membutuhkan minum di malam hari dan lebih memerlukan jadwal tidur yang tetap dan pasti, dan menyenangkan. Bayi anda membutuhkan kepastian bahwa berpisah dari anda untuk tidur bukanlah sebuah hukuman. Berikut ini beberapa saran untuk menikmati malam yang bebas masalah :
  • Hindari kegirangan yang  terlalu besar di saat menjelang waktu tidur.
  • Sediakan lampu tidur bila bayi anda tampaknya takut gelap.
  • Jangan segera mendatanginya bila mendengar ia merengek di malam hari. Mungkin bayi anda hanya mengigau.
  • Bila ia menangis di malam hari, tenangkanlah tanpa bersuara, usahakanlah selekas mungkin.

Tindakan sendiri mengurangi resiko sindroma kematian bayi mendadak

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengurangi resiko sindroma kematian bayi mendadak, antara lain:
  • Senantiasa tidurkan bayi anda terlentang di arah bagian kaki tempat tidurnya. Ini adalah posisi aman karena dia tidak bisa tergulung oleh sepreinya sendiri.
  • Gunakan kasur yang kuat tanpa bantal.
  • Jangan memaikan pakaian tidur berlebihan.
  • Jangan dekatkan tempat tidurnya dengan radiator atau jenis pemanas lain.
  • Jangan merokok saat dekat bayi anda.
Periksakan ke dokter jika belum terdiagnosa dengan artikel ini.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama