Ruam Disertai Demam

Seorang anak mengalami ruam pada wajah.

Ruam disertai demam, silahkan ikuti artikel ini bila timbul ruam di tubuh anak anda yang disertai temperatur tubuh 38 derajat celcius atau lebih. Pada anak-anak, kombinasi gejala ini sering disebabkan oleh infeksi virus, namun pada beberapa kasus hal ini bisa disebabkan infeksi bakterial serius, misalnya meningitis, yang memerlukan perhatian medis segera. Imunisasi rutin akan melindungi anak anda terhadap berbagai infeksi paling serius. Namun semua anak tetap rawan terserang beberapa infeksi dan bisa terserang bentuk ringan dan sudah pernah di imun kan sebelumnya.

Apakah anak anda mengalami gejala ini? Kejang-kejang lebih dari 5 menit, mengantuk yang tidak wajar, sakit kepala parah, ruam terdiri dari atau disertai bintik merah rata yang tidak memudar bila ditekan?
BAHAYA, BAWA KE RUMAH SAKIT SEKARANG JUGA! Kemungkinan penyebabnya meningitis, yaitu peradangan pada selaput pembungkus otak oleh infeksi, bisa merupakan gejala ini. Bila diduga meningitis, di rumah sakit si anak akan segera memperoleh penanganan segera dengan antibiotika dan mungkin memerlukan perawatan intensif. 

Apakah ruamnya berbentuk lepuh-lepuh kecil? dan apakah ruamnya hanya di tangan, kaki, dan di dalam mulut saja?
Jika iya, Si anak mungkin terserang penyakit tangan, kaki, dan mulut; yaitu sebuah infeksi virus ringan. Periksakan ke dokter, yang akan memastikan diagnosa ini. Tidak ada penanganan khusus untuk kondisi ini, namun bila mulut si anak terasa perih redakanlah nyerinya (lihat MEREDAKAN MULUT PERIH). Jaga agar anak anda banyak minum (lihat MENDORONG ANAK AGAR MINUM) untuk mencegah dehidrasi.
Jika tidak, mungkin si anak terserang cacar air, suatu infeksi oleh virus herpes zoster. Pada anak-anak, hal ini biasanya merupakan infeksi ringan dan kebanyakan anak hanya akan merasa lesu selama beberapa hari pertama. Periksakan ke dokter bila gejalanya parah. Jagalah kuku si anak tetap pendek agar bila menggaruk tidak menimbulkan parut. Gatal bisa diredakan dengan menambahkan baking-soda pada air mandi si anak dan mengoleskan losyen kalamin pada bintiknya, ikuti tindakan meredakan demamnya.

Apakah tenggorokannya terasa perih sekali?
BAWA KE DOKTER DALAM 24 JAM! Demam merah, yaitu infeksi tenggorokan oleh bakteri, mungkin penyebab gejala ini, terutama bila si anak juga muntah dan ruamnya tampak mengumpul di lipatan-lipatan kulit, misalnya di ketiak. Dokter akan memeriksa si anak untuk memastikan diagnosa ini, dan mungkin meresepkan antibiotika. Lakukan tindakan meredakan demam dan tenggorokan perih.

Apakah terlihat ruam atau bintik merah jambu? dan apakah matanya merah, hidungnya berlendir, dan/atau batuk kering?
Jika iya, BAWA KE DOKTER DALAM 24 JAM! Sangat mungkin ini adalah gejala campak, walaupun si anak sudah pernah menjalani imunisasi terhadap infeksi ini. Dokter akan memeriksa untuk memastikan diagnosa ini dan bisa meresepkan antibiotika. Pastikan si anak banyak minum (lihat MENDORONG ANAK AGAR MINUM) dan bertindaklah menurunkan demamnya.
Jika tidak, Rubella, atau juga disebut campak Jerman, adalah sebuah kemungkinan, terutama bila si anak juga timbul pembekakan kelenjar. Tak perlu membawanya ke dokter kecuali bila si anak baru berkontak dengan seorang wanita hamil, karena diagnosa ini harus dipastikan. Lakukan tindakan meredakan demamnya.

Adakah ruam merah terang di pipi, dengan atau tanpa bilur-bilur di anggota tubuh?
Anak anda mungkin menderita erythema infectiosum, membuat pipi seperti berbekas tertampar. Infeksi virus ini biasanya bersifat ringan. Lakukan tindakan menurunkan demam. Diagnosa ini harus dipastikan oleh dokter bila si anak baru bersentuhan dengan wanita hamil. Bila anda cemas atau si anak belum membaik dalam 48 jam, periksalah ke dokter.

Apakah usia si anak di bawah 2 tahun dan apakah mengalami demam tinggi 3-4 hari sebelum timbul ruam di tubuhnya?
Si anak mungkin menderita roseola infantum, suatu infeksi yang umum di usia dini. Kondisi ini sulit terdiagnosa sebelum timbul ruam karena satu-satunya gejala hanyalah demam. Begitu ruamnya muncul, biasanya si anak sudah sembuh. Bila anda menduga si anak terserang penyakit ini dan demamnya masih ada, bawalah ke dokter, yang akan melakukan pemeriksaan dan beberapa tes untuk menghilangkan kemungkinan penyebab lain yang lebih serius.

Apakah usia si anak di bawah 6 tahun dan adakah gejala ini, tangan dan kaki membengkak, bibir kering merekah dan bengkak, telapak tangan dan kaki merah, mata merah, kelenjar membengkak?
BAWA KE DOKTER SEKARANG JUGA! Penyakit kawasaki, suatu kondisi jarang yang belum jelas penyebabnya, dan bisa merusak jantung dan sendi, adalah sebuah kemungkinan. Bila menduga si anak terserang penyakit kawasaki, dokter akan merujuk si anak ke rumah sakit untuk dipantau dan ditangani demi mengurangi resiko kompikasi jantung.

Apakah si anak minum sebuah obat baru dalam seminggu lalu?
BAWA KE DOKTER SEKARANG JUGA! Mungkin ia alergi pada obat resep ini, atau mungkin terinfeksi virus yang tidak tertumpas oleh obat tersebut. Dokter akan memeriksa dan menetapkan penyebab gejalanya. Bila benar karena alergi obat, dokter akan bisa memberitahukan bahwa si anak harus selalu menghindari obat tersebut.

Waspada ruam pada leher bayi yang disertai dengan demam.

Infeksi virus yang menimbulkan ruam

Banyak infeksi virus yang menimbulkan demam dan ruam. Semakin serius infeksinya, misalnya campak, menjadi semakin jarang timbul karena adanya jadwal imunisasi. Banyak di antaranya yang juga bisa menyerang orang dewasa, yang gejalanya bisa lebih parah daripada anak-anak. Masa inkubasi adalah selang waktu antara saat terinfeksi dengan saat timbulnya gejala pertama.

Cacar air masa inkubasi 7-21 hari.
Gejala muncul bintik menonjol merah gatal yang berubah menjadi lepuh lalu mengering dan mengelupas, terutama di wajah dan tubuh.
Masa menular dari 2 hari sebelum timbul ruam sampai semua lepuh mengelupas.

Erythema infectiosum masa inkubasi 4-20 hari.
Gejala pipi merah terang; bilur-bilur merah terutama di bagian tubuh.
Masa menular sampai seminggu setelah ruam muncul.

Penyakit tangan, kaki, dan mulut masa inkubasi 4 hari.
Gejala demam ringan, ruam atau lepuh halus di tangan, kaki, dan mulut.
Masa menular selama ada lepuh.

Campak masa inkubasi 7-14 hari.
Gejala Batuk, hidung berlendir, mata merah, bentol atau ruam merah, awalnya di wajah, lalu tubuh dan lengan.
Masa menular sampai 5 hari setelah timbul ruam.

Rosela infantum masa inkubasi bervariasi.
Gejala demam tinggi disusuli ruam rata merah terang di tubuh, pembengkakan kelenjar di leher.
Masa menular sampai 5 hari setelah timbulnya gejala.

Rubella masa inkubasi 14-19 hari.
Gejala demam ringan, pembengkakan kelenjar di leher, bintik datar merah muda atau ruam melebar, terutama di wajah dan tubuh.
Masa menular dari seminggu sebelum sampai 5 hari setelah timbul ruam, atau sampai ruamnya hilang.

Demam merah masa inkubasi 2-5 hari.
Gejala demam tinggi, nyeri tenggorokan parah, muntah, ruam merah di tubuh, sangat mencolok di lipatan-lipatan kulit.
Masa menular sampai rangkaian pengobatan antibiotika terselesaikan.

Demikianlah artikel ruam disertai demam, periksakan ke dokter bila belum terdiagnosa dalam artikel ini. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Oleh:
Dr.Tony Smith & Dr.Sue Davidson

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama