Adab Bagi Wanita Ketika Pergi Ke Masjid

Masjid dikenal sebagai rumah Allah SWT. Tempat mulia bagi seluruh umat Islam beribadah kepada Allah SWT. Di sana, setiap kaum muslimin diperbolehkan untuk melakukan salat berjamaah, berzikir, bahkan menuntut ilmu. Tidak ada batasan usia, siapa pun, dari semua kalangan bisa datang ke masjid.

Itu artinya, tidak ada yang namanya diskriminasi dalam Islam. Allah SWT berfirman dalam QS. An-Nahl ayat 97 yang artinya:

"Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan."

Tidak hanya laki-laki saja, di antara perhatian Islam kepada wanita adalah memperbolehkannya untuk datang ke masjid. Mereka bisa ikut serta beribadah, seperti salat berjamaah dan mengikuti acara pengajian. Namun, hal yang harus mereka perhatikan lebih jauh adalah untuk tetap menjaga kesopanan, menjaga diri agar terhindar dari fitnah, sehingga kehormatannya pun terjaga.

Lalu, bagi wanita yang sudah menikah, alias memiliki suami, sebaiknya meminta izin terlebih dahulu kepadanya untuk ke masjid. Dan sebaiknya pula, sang suami memperbolehkannya. Sebab, makruh baginya untuk melarang.

“Apabila istri salah seorang di antara kalian meminta izin untuk pergi ke masjid, maka janganlah kalian melarangnya." (HR Al-Bukhari)

Ada hal lainnya yang mesti diperhatikan seorang muslimah ketika hendak pergi ke masjid, yaitu untuk tidak memakai minyak wangi. Hal ini dilakukan untuk mencegah lelaki tergoda karena aroma dari minyak wangi yang digunakan.

Dalam shahih Muslim dan kitab-kitab sunan lainnya, Rasulullah SAW pernah bersabda, "Setiap wanita yang memakai minyak wangi, maka jangan sampai ia menghadiri salat Isya bersama kami."

Selain dilarang menggunakan wewangian, hendaklah seorang muslimah menggunakan pakaian yang sopan, tidak tipis ataupun ketat. Kemudian, berjalan dengan tenang dan tidak tergesa-gesa, dan sebaiknya berzikir ketika keluar rumah.

Muslimah juga dianjurkan untuk tidak berdiam diri lama-lama di masjid untuk mengobrol, apalagi menggunjing orang lain.

Lalu, setelah melakukan salat berjamaah di masjid, sebaiknya langsung pulang ke rumah, hindari keluar bersama-sama dengan jamaah laki-laki.

Pada zaman dahulu, muslimah memang diperbolehkan salat berjamaah di masjid. Ini pun tercantum dalam suatu hadis, Aisyah ra bersabda, "Dulu kaum wanita ikut menghadiri shalat subuh bersama Rasulullahshallallahu‘alaihi wa sallam dalam keadaan tertutup rapat dengan pakaian-pakaian mereka. Kemudian mereka pulang ke rumah mereka seusai shalat. Tidak ada seorang pun yang dapat mengenali mereka karena hari masih gelap." (HR Al-Bukhari)

Kita semua tahu bahwa melakukan ibadah di masjid lebih baik dari pada di rumah. Namun, salat di rumah nyatanya lebih utama untuk para muslimah.

Nah, itulah beberapa adab yang mesti diperhatikan setiap muslimah ketika ingin melakukan ibadah di masjid.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama