Hanan Attaki : Seseorang yang Menjaga Lisannya, Memiliki Pahala Setara Dengan Sholat Tahajud

 

Ibadah yang tersering dilakukan oleh beberapa orang ialah sholat tahajud dan puasa. Karena kedua ibadah itu mempunyai faedah yang lumayan banyak. Besarnya pahala sebanding dengan rintangan ketika mengamalkannya

Hingga cukup susah untuk tetap fokus menjalankan ibadah tahajud dan puasa. Karena itu, Ustadz Hanan Attaki memberinya ibadah yang mempunyai kelebihan hampir serupa dengan sholat tahajud dan puasa.

Ibadah itu disingkap pada video yang diupload di kanal Youtube Hanan Attaki 4 Juli 2019. Saat sebelum menerangkan lebih detali, Ustadz Hanan Attaki membacakan salah satunya hadits dari Nabi Muhammad SAW.

Hadist Rasulullah

"Sesungguhnya seorang mukmin akan bisa meraih keutamaan dan derajat orang yang rajin berpuasa dan sholat malam disebabkan karena akhlaknya yang baik."

Dari hadist itu dijumpai aklak mulia sebagai dasar dari semua ibadah. Orang yang memiliki adab mulia derajatnya nyaris menyamakan pakar sholat tahajud dan puasa.

Jadi saat seorang mempunyai adab mulia dan cuman jalankan beribadah harus saja, karena itu ia kan menyamakan pakar sholat dan puasa.

Oleh karenanya, menurut Ustadz Hanan Attaki seorang manusia walaupun tidak dapat kerjakan sholat tahajud dan puasa sunnah. Minimal harus mempunyai norma dan rasa empati.

Karena adab mulia tidak cuma dengan beramal tetapi juga harus mempunyai norma pada sama-sama yang bagus. Rasulullah bersabda, "muslim itu jika muslim lainnya selamat dari lisannya dan selamat dari tangannya."

Pada jaman kekinian ini tidak hanya lisan dan tangan yang di nilai secara fisik. Tetapi seorang muslim harus juga mengendalikan diri tidak untuk berbicara kasar, mengejek seseorang dan menebarkan HOAX

Dengan jaga lisan, tindakan, dan menjaga adab yang bagus, seorang muslim akan mendapatkan ganjaran yang setimpal dengan orang yang menjalankan sholat tahajud atau puasa sunnah. Apa lagi bila seorang muslim sanggup melaksanakan semuanya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama