Bersyukurlah Jika Punya Kucing! Ini Rahasia Besarnya Menurut Islam


Bersyukurlah untuk Anda yang memelihara kucing di dalam rumah. Sebab, beginilah manfaat hebatnya memelihara hewan kesayangan Rasulullah Saw ini menurut islam.

Beberapa orang yang merasa takut untuk memelihara kucing sebab bisa berpengaruh jelek untuk kesehatan. Namun, semua makhluk yang dibuat Allah dari muka bumi ini tentu saja memiliki manfaatnya masing-masing seperti dengan kucing.

Walaupun ada segi negatif dari hewan lucu ini semacam mengambil ikan di atas meja atau buang kotoran, tetapi rupanya kucing mempunyai kelebihan dan untuk orang yang memiaranya.

Berikut kelebihan memelihara kucing menurut islam:

Menurut islam

Kucing sebagai satu diantara hewan lucu dan terhitung dalam hewan yang spesial dalam Islam karena sebagai hewan piaraan Nabi Muhammad SAW yang paling dicintai.

Dikutip dari dalamislam.com, minimal ada 12 manfaat bila Anda memelihara kucing, diantaranya adalah:

1. Jadi Timbangan Kebaikan Saat Kiamat

Seorang yang memelihara kucing atau binatang yang lain dalam jalan Allah dengan penuh Iman pada Allah dan yakini akan kebaikan yang diberi Allah, karena itu kebaikan yang telah diberi pada hewan itu, memberikan makan hewan itu serta kotorannya, nantinya akan ditimbang sebagai kebaikan pada hari kiamat.

2. Melatih Sikap Empati

Dengan memelihara kucing, maka menjadi latihan karakter empati pada seorang dan anak kecil yang dalam periode perkembangannya dikelilingi oleh kucing, karena itu dia akan jadi anak terbiasa jadi memiliki empati dan penuh kasih-sayang dan selalu mempunyai pemikiran pada sesuatu yang dilaksanakan yaitu memberi pengaruh baik atau pengaruh jelek.

3. Memperoleh Karunia di Hari Kiamat

Seorang yang mengasihi hewan seperti kucing dan hewan yang lain terhitung hewan sembelihan sekalinya, maka memperoleh karunia dari Allah SWT pada hari kiamat kelak.

Rasulullah Saw bersabda:"Barangsiapa mengasihi walau pada hewan sembelihan, pasti Allah akan merahmatinya pada Hari Kiamat." (HR. Bukhari)

4. Mendapatkan Ampunan dan Ridha Allah

Dari Syeikh Dr.Muhammad Luqman dalam syarahnya di kitab Adabul Mufrod mengatakan bila tiap muslim sudah disarankan selalu untuk melakukan perbuatan baik kesemua hewan seperti kucing agar nanti dapat mendapatkan ampunan dan ridha dari Allah Ta'ala.

5. Sebagai Sedekah

Kaum muslim benar-benar disarankan untuk memelihara, memberikan makan dan minum pada hewan seperti kucing.

Terutamanya saat hewan itu sedang lapar dan haus, karena bakal menjadi berdosa bila harus membuat hewan itu menanggung derita. Dengan memelihara kucing itu, karenanya telah dijadikan sedekah untuk orang itu.

Rasulullah Saw bersabda:

"Pada setiap sedekah pada makhluk yang mempunyai hati (jantung) yang basah (hidup) akan peroleh pahala kebaikan. Seorang muslim yang menanam tanaman atau tumbuh-tumbuh-an yang selanjutnya dikonsumsi oleh burung-burung, manusia, atau binatang, karena itu untuknya sebagai sedekah" (Bukhori, Muslim).

6. Dosa Diampuni       

Seorang muslim juga dianjurkan untuk membantu hewan terutamanya pada hewan yang menanggung derita tergolong hewan najis seperti anjing.

Ini membuat kaum muslim tidak mempunyai pengecualian untuk membantu binatang seperti kucing dan hewan najis seperti anjing karena maksudnya benar-benar mulia yaitu tidak membiarkan hewan itu menanggung derita.

Dengan memelihara kucing misalnya, karenanya perbuatan dosa orang yang membantu hewan itu akan diampuni.

"Seorang wanita pelacur menyaksikan satu ekor anjing di atas sumur dan nyaris mati karena kehausan. Lantas wanita itu melepaskan sepatunya, diikatnya dengan kudungnya dan diambilnya air dari sumur (lalu diminumkan ke anjing itu). Dengan tindakannya itu dosanya diampuni". (HR. Bukhari)

7. Kucing Bukan Hewan Najis      

Allah sendiri telah menghapus najis pada kucing. Oleh karenanya walau kucing telah makan suatu hal yang najis seperti bangkai dengan jumlah sedikit atau banyak, karena itu menurut kemutraqan perkataan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ialah kucing masih tetap bukan hewan yang najis.

8. Mempunyai Irama Sama Dzikir Kalimah Allah

Seorang Sufi yang namanya Ibnu Bashad hidup pada era ke sepuluh bercerita bila satu hari dia dan sahabat - sahabatnya sedang duduk di atas mushola kota Kairo sekalian melahap makan malam.

Saat kucing melaluinya, ibu Bashad memberinya sepotong daging pada kucing itu, namun kucing itu kembali dan Bashad memberinya potongan daging ke-2 .

Secara diam - diam, ibu Bashad ikuti kucing itu sampai sebuah rumah kotor dan dia menyaksikan kucing itu memberinya sepotong daging itu pada kucing yang lain buta ke-2 matanya. peristiwa itu sentuh hatinya sampai dia jadi seorang sufi sampai wafat pada tahun 1067.

Disamping itu, ada narasi seorang sufi di Iraq namanya Shibli yang mimpi bila semua dosanya terampuni setelah dia selamatkan kucing dari bahaya. Disamping itu , golongan sufi yakin bila dengkuran napas kucing memiliki irama yang sama dengan dzikir kalimah Allah SWT.

9. Kegiatan Yang Dicintai Allah SWT

Memelihara hewan piaraan terutamanya kucing dengan menjaga dan mengasihi kucing itu jadi tanggung-jawab dan kewajiban kita sebagai majikan.

Allah SWT benar-benar menyenangi seorang yang mempunyai rasa kasih dan pengasih pada hewan.

10. Air Liur Kucing Ialah Suci

Dalam beberapa hadits. Nabi juga mengutamakan bila air liur kucing tidak najis serta air sisa minum kucing dapat dipakai untuk widhu karena kucing dipandang seperti hewan yang suci.

"Kucing itu tidak najis. Dia binatang yang menyukai berkeliling-keliling di dalam rumah (binatang rumahan)," (H.R At-Tirmidzi, An-Nasa'i, Abu Dawud, dan Ibnu Majah).

11. Perhiasan Rumah Tangga

Nabi SAW ketika ke Bathhan wilayah di Madinah berbicara, ""Ya Anas, tuang air wudhu bagiku ke bejana." Lantas, Anas tuangkan air. Saat telah usai, Nabi ke arah bejana. Tetapi, satu ekor kucing tiba dan menjilat-jilati bejana. Menyaksikan itu, Nabi berhenti sampai kucing itu stop minum lalu berwudhu.

Saat Nabi ditanyakan mengenai peristiwa itu, karena itu Beliau menjawab, ""Ya Anas, kucing terhitung perhiasan rumah tangga, dia tidak dikotori suatu hal, bahkan juga tidak ada najis."

12. Dicintai Penghuni Langit

Dalam suatu hadits yang telah diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah SAW bersabda, "Orang yang pengasih karena itu akan dicintai oleh Allah. Kasihilah makhluk Allah yang ada pada muka bumi, karena itu pasti akan dikasihi penghuni langit".

Nah, untuk Anda yang belum mempunyai kucing, yakin masih tidak ingin memelihara kucing?                   

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama