12 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Pencegahan Kanker Payudara



Kanker payudara ialah kanker yang paling umum terjadi pada wanita, dan sebagai pemicu khusus ke-2  kematian karena kanker pada wanita, sesudah kanker paru-paru. Ketahui bahaya dari penyakit ini, golongan wanita pantas cari langkah menahan kanker payudara.

Kanker payudara benar-benar sangat menakutkan. Penyakit ini dapat disebabkan karena banyak factor seperti turunan, factor lingkungan, dan gaya hidup yang kurang sehat. Untuk menahan kanker payudara, Anda harus teratur memeriksa keadaan payudara Anda dengan merabadan dan memijatnya. Langkah ini termasuk cukuplah efisien untuk mengetahui perkembangan sel kanker payudara saat sebelum capai fase lanjut. Anda bisa juga menahan nya dengan beberapa kiat yang diterangkan berikut ini.

Langkah Menahan Kanker Payudara

Bukan hanya dengan memijat payudara saja, penangkalan kanker payudara dapat dilaksanakan dengan beragam langkah yang lain, seperti berikut:

1. Olahraga minimum 30 menit satu hari

Olahraga bisa dibuktikan berguna untuk kesehatan, karena itu benar-benar disarankan untuk olahraga tiap hari minimum 30 menit satu hari. Selainnya dapat membuat badan selalu fit, olahraga dapat kurangi resiko terserang beragam penyakit kanker, satu diantaranya bisa menahan kanker payudara.

Karena olahraga, lemak tidak menimbun pada tubuh hingga produksi hormon estrogen yang berlebihan tidak ada. Sama seperti yang Anda kenali jika sel kanker payudara yang terkena oleh estrogen maka tingkatkan resiko terserang kanker payudara. Karena itu, coba untuk olahraga minimum 30 menit dengan teratur tiap hari.

2. Stop merokok

Untuk Anda yang suka merokok, mulai saat ini stop rutinitas itu. Sama seperti yang sejauh ini kita kenali jika rokok tidak bagus untuk kesehatan.

Ada bermacam tipe penyakit yang hendak mengincar Anda bila sering merokok. Tipe penyakit itu satu diantaranya ialah kanker payudara. Sekalinya untuk mereka yang bukan perokok aliat prokok pasif, seharusnya jauhi asap rokok yang kerap dijumpai di lingkungan khalayak.

Untuk Anda perokok, langkah menahan kanker payudara yang pas ialah stop mengisap rorok benar-benar dan jauhi juga asap rokok.

3. Konsumsi buah dan sayur dengan teratur

Ada beberapa gizi dan vitamin yang ada dalam buah dan sayur, hingga makanan ini benar-benar disarankan untuk dimakan secara tertaur tiap hari. Buah dan sayur dapat membuat badan masih tetap bugar dan sehat.

Bukan hanya berguna dalam pengurangan berat tubuh saja, ke-2  tipe makanan ini bisa juga menahan kanker payudara. Karena itu, mulai saat ini perbanyaklah konsumsi buah dan sayur daripada konsumsi makanan kurang sehat yang lain.

4. Konsumsi prosuk kedelai

Berdasar satu riset luas sepanjang 25 tahun akhir, sudah mengenali kedelai untuk sumber makanan yang paling sehatkan, karena kaya protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral, dan rendah karbohidrat.

Selainnya bisa menahan kanker payudara, kedelai disebutkan bisa kurangi cholesterol jahat dan turunkan resiko penyakit jantung.

Selainnya kacang kedelai utuh, Anda bisa konsumsi kedalai berbentuk olahan, seperti tahu, tempe, dan susu kedelai.

5. Konsumsi serat makanan

Walau riset serat makanan dan dampaknya pada kanker payudara sekarang ini tidak memberikan keyakinan, tetapi beberapa riset memperlihatkan jika serat makanan bisa menolong menahan penyakit, satu diantaranya menahan kanker payudara. Karena serat menolong mekanisme pencernaan dan pembuangan sampah dengan teratur, serat menolong badan buang toksin dan batasi kerusakan.

Konsumsi beberapa bijian utuh dan kacang-kacangan memiliki kandungan anti-oksidan, yang bisa menolong menahan banyak penyakit. Makan semakin banyak kacang-kacangan yang kaya serat, seperti lentil, dapat menahan kanker payudara.

Ida Cancer Center dan Joseph Friend mereferensikan 30 sampai 45 gr serat setiap hari.

6. Jauhi alkohol

Stop dari ketagihan minum alkohol ialah langkah menahan kanker payudara yang akurat. Riset sudah mengenali jalinan di antara minum alkohol dengan teratur dan kenaikan resiko kanker payudara.

Breastcancer.org memberikan laporan jika alkohol bisa tingkatkan kandungan estrogen dan mengakibatkan kerusakan sel DNA. Wanita yang minuman mengandung alkohol 3x /minggu tingkatkan resiko terserang kanker payudara sejumlah 15 %. Resikonya akan naik sekitaran 10 % pada wanita yang minum tiap setiap hari.

7. Turunkan konsumsi gula

Beberapa periset di University of Texas MD Anderson Cancer Center sudah mendapati jika saat tikus konsumsi makanan yang memiliki kandungan banyak gula, tikus eksperimen ini lebih condong beresiko tumor kelenjar susu, serupa dengan kanker payudara pada manusia. Disamping itu, tumor ini lebih condong menebar atau bermetastasis.

Walau riset masih hanya pada binatang, tidak ada kelirunya lakukan penangkalan kanker payudara dengan kurangi konsumsi gula. Panduan ini dpat menahan kenaikan gula darah atau penyakit diabetes.

8. Jauhi lemak jahat

Study memperlihatkan jika tidak seluruhnya lemak berpengaruh jelek untuk kesehatan. lalu bagaimanakah membandingkan lemak jahat dan lemak baik?

Lemak baik bisa Anda peroleh dari beberapa makanan seperti sayur dan buah-buahan. Kedia jenis makanan berguna turunkan kanker payudara.

 

Sementara lemak jahat atau disebutkan lemak trans biasa kita dapatkan pada makanan yang dimasak, biskuit, donat, dan kue kering. Sama dengan namanya, lemak jahat ini sudah dihubungkan dengan kenaikan resiko kanker payudara dan harus anda jauhi.

 

9. Ketahui kisah orangtua

Wanita yang mempunyai keluarga dengan kisah kanker payudara bisa ambil beberapa langkah khusus untuk menahan kanker payudara, menjadi penting untuk Anda untuk ketahui kisah keluarga.

Anda kemungkinan beresiko tinggi terserang kanker payudara bila mempunyai ibu atau saudara wanita yang menanggung derita kanker payudara atau ovarium (khususnya pada umur dini) atau bila Anda banyak memiliki bagian keluarga (terhitung lelaki) yang meningkatkan kanker payudara, ovarium atau prostat.

Anda dapat cari kontribusi dokter atau konsultan genetik untuk menolong Anda pahami kisah penyakit keluarga Anda.

10. Jauhi makan daging merah

Walau riset masih berjalan, beberapa riset sudah mendapati jalinan di antara daging merah dan peluang kanker payudara yang semakin besar, terlebih bila dagingnya diolah well done atau daging yang relatif kering.

Disamping itu, daging olahan dan daging beku condong tinggi lemak, garam, dan pengawet.

11. Konsumsi beberapa obat

Wanita yang mempunyai resiko semakin tinggi kanker payudara bisa menimbang untuk konsumsi beberapa obat tertentu untuk menolong menahan kanker payudara.

Penangkalan ini bisa juga disebutkan "chemoprevention." Untuk kanker payudara, ini ialah pemakaian obat penghalang hormon untuk kurangi resiko kanker. Beberapa obat seperti tamoxifen (Soltamox) dan raloxifene (Evista), disepakati oleh Tubuh Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) untuk turunkan resiko kanker payudara. Beberapa obat ini disebutkan modulator reseptor estrogen selective (SERM) dan bukan kemoterapi. SERM ialah obat yang hentikan reseptor estrogen di sejumlah jaringan dan bukan lainnya.

Baik wanita yang sudah melalui periode menopause dan mereka yang belum pernah memakai tamoxifen. Raloxifene cuman disepakati untuk wanita yang sudah alami menopause. Tiap obat mempunyai efek yang lain. Diskusi ditambah sama dokter mengenai apa Anda mendapatkan faedah dari beberapa obat itu.

Wewangiantase inhibitor (AIs) sudah bisa dibuktikan menahan kanker payudara. AIs ialah tipe perawatan merintangi hormon yang kurangi jumlah estrogen pada tubuh wanita dengan hentikan organ dan jaringan selainnya ovarium dari produksi estrogen.

 

Obat itu cuman bisa dipakai wanita yang sudah alami menopause. Tetapi, tidak ada AIs yang sudah disepakati oleh FDA untuk turunkan resiko kanker payudara pada wanita yang tidak mempunyai penyakit ini.

Sementara obat yang lain yang diperhitungkan untuk penangkalan kanker payudara terhitung statin, yang turunkan cholesterol, dan metformin (beberapa nama merek), obat yang umum dipakai untuk diabetes.

12. Pembandinghan

Langkah menahan kanker payudara setelah itu perlakuan pembandinghan atau operasi. Untuk wanita dengan perubahan genetik BRCA1 atau BRCA2, yang signifikan tingkatkan resiko kanker payudara, pengangkatan payudara secara protektif bisa diperhitungkan. Proses ini disebutkan mastektomi profilaksis, yang peluang kurangi resiko kanker payudara sampai 95%.

Wanita dengan perubahan ini harus juga menimbang untuk lakukan pengangkatan ovarium dan tuba falopi, yang disebutkan profilaksis salpingo-ooforektomi.

Proses itu bisa kurangi resiko meningkatkan kanker ovarium, dan kanker payudara, dengan hentikan ovarium yang menghasilkan estrogen.

Tanyakan lebih dulu sama dokter mengenai peluang efek fisik dan emosional saat menimbang lakukan proses pembandinghan.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama