Miriiis banget!!! Nasib Guru Honorer, "Kerja serius, gaji nya main-main :"( "

            Sudah menjadi rahasia umum bahwa guru honorer hanya diberikan gaji kecil setiap bulannya. Terlebih lagi setelah video viral yang mengungkapkan curhatan seorang guru honorer terkait minimnya gaji guru honorer melalui media sosial tiktok. Guru honorer tersebut menuturkan bahwa total gaji yang ia terima sangat tidak sebanding dengan kinerjan yang telah ditunaikannya. 

"Nasib guru honorer, kerja serius, gaji main-main," begitulah kutipan caption dalam keterangan video tersebut.

        Dalam video tersebut, guru honerer itu membagikan slip gaji yang ia terima. Tertulis dalam kertas, gaji tersebut hanya tersisa Rp 213.000,-. Nominal gaji yang diterima merupakan gaji bersih setelah dipotong berbagai keperluan seperti angsuran pinjaman koperasi dan lain-lain. Adapun nominal awal gaji kotor yang guru honorer tersebut mencapai Rp 315.000,-

Rincian honor satu bulan yang diteimanya terdiri dari upah tersebut diperoleh sebagai kepala laboratorium Rp 150.000,-. Kemudian upah mengajar selama 6 jam mencapai Rp 120.000,- serta honor sebagai wali kelas sebesar Rp 45.000,-

Total gaji kotor tersebut masih harus dipotong dengan angsuran pinjaman koperasi senilai Rp. 100.000,-. Kemudian dikenakan lagi potongan sosial sebesar Rp 2.000,-. Hingga akhirnya total gaji yang diterima guru honerer tersebut hanya sebesar Rp 213.000,- saja. Sungguh sangat memprihatinkan gaji yang didapatkan, sangat tidak sepadan dengan pekerjaan yang telah beliau lakukan. 

"Nasib guru honorer, tugas mulia mencerdaskan anak bangsa.Tolong fikirkan para petinggi negeri,"tulis unggahan tersebut.

Melihat video unggahan tersebut, netizenpun berbondong-bondong membanjiri kolom komentar. 

"Ini beneran kejadian lho.. jadi jangan cuma dianggap konten thok, soalnya para guru itu bingung, ketika curhat masalah keuangan dikiranya ndak ikhlas untuk mengajar para siswa, lalu ketika curhat masalah keuangan dikiranya ndak layak seorang guru ngomongin bayaran karena berjuang, iya tau berjuang tapi mbok ya ada sedikit solusi dari pemerintah, bantuan ke sekolahnya kayak buat guru honorer atau bagaimana, beneran kasihan lho.. Saya juga seorang guru, tapi alhamdulillah lumayan cukup untuk satu bulan. Cuma tetep ajah yang kasihan itu teman-teman guru lain yang tidak terpenuhi haknya secara materil, terutama guru honorer " ujar netizen.

"Prihatin ini udah kesekian kali di 'protes' tapi masih belum ada perbaikan. Ujung-ujung malah sang guru diintimidasi karena share di medsos, semoga tidak terjadi," kata netizen yang lain.

"Kerja paksa dengan gaya," timpal netizen.

"Begitu lah realitanya guru mencerdaskan anak bangsa di gaji segitu. Orang-oang yang menghancurkan anak dan moral bangsa gajinya jutaan," komentar netizen.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama